Ads Google

Tuesday, February 19, 2019

GASTRITIS (Maag)


Definisi: Peradangan lapisan mukosa lambung. Dapat terjadi secara tiba-tiba (suddenly) ataupun bertahap dalam waktu yang lama (kronis).

Gastritis Akut seringkali terjadi oleh karena kesalahan dalam diet makanan. Orang yang memakan makanan yang terkontaminasi bakteri ataupun makanan yang mengandung penyedap dan zat iritan yang berlebihan.  Hal yang lain yaitu terjadi karena mengkonsumsi obat NSAID, kelebihan mengkonsumsi alkohol, & efek sinar radiasi.

Gastritis Kronik terjadi oleh karena adanya peradangan dinding lambung dalam waktu yang sudah lama disebabkan oleh luka tumor ataupun kanker. Kadang-kadang juga disebabkan oleh penyakit kelainan darah (pernicious anemia). Faktor diet yang berhubungan seperti: Kafein, obat-obatan, alkohol, dan merokok.

Penyebab: Helicobacter Pylori (adalah bakteri yang hidup di dalam lapisan mukosa lambung.

Tanda & Gejala : Mual, Perut kembung, Nyeri Perut, Muntah, Gangguan Pencernaan, hilang nafsu makan, rasa panas di perut, Muntah darah, BAB berwarna hitam.

Penunjang Diagnostik:
-          Endoskopi, alat seperti selang yang memiliki sebuah kamera kecil & dimasukkan ke dalam mulut dan masuk sampai ke dalam lambung untuk melihat kondisi dinding lambung.
-          Tes Darah: Pemeriksaan sel darah merah untuk dapat menbantu mengidentifikasi akan adanya anemia.
-          Tes Feses (Stool Test): Pemeriksaan ini untuk menguji adanya darah saat BAB, tanda yang dapat membantu penegaakan diagnosa penyakit peradangan lambung.

No comments:

Post a Comment