Ads Google

Saturday, March 3, 2018

Masa Kesukaran Awal

Garis Besar:
1.Waktunya masa kesukaran awal.
2.Persiapan yang perlu kita lakukan untuk masa kesukaran awal.
a. Undang-undang Hari Minggu sebagai lawan kebebasan beragama
b. Tinggal di tempat yang ditunjuk Allah.
c. Hari Minggu digunakan untuk pekerjaan penginjilan.
3.Undang-undang Hari Minggu nasional.
a. Strategi Undang-undang hari Minggu
(1) Tuduhan palsu terhadap pemelihara Sabat.
(2) Protestan dan Katholik bersatu.
(3) Gereja dan Negara bersatu
(4) Berkompromi atau hak minoritas
(5) Dinyatakan sibegai social bukan agama.
b. Akibat adanya Undang-undang Hari Minggu
(1) Terhadap dunia
(2) Terhadap orang-orang percaya yang sekedar nama saja.
 (3) Terhadap orang-orang percaya yang benar.
c. Tanda meninggalkan kota-kota besar.
d. Garis besar pelajaran Alkitab tentang Sabat hari Ketujuh.
4.Tempat-tempat perlindungan untuk orang-orang percaya.
5.Banyak yang dibiarkan beristirahat.
6.Hujan Akhir
a. Definisi
b. Pentingnya hujan akhir
c.Pentingnya persiapan sekarang.
(1) Kapankah dosa-dosa orang percaya dihapus
(2) Kapankah pengalaman pencuri pada malam
(3) Kutipan-kutipan umum yang menunjukan perlunya persiapan sekarang.
7.Pekabaran tentang seruan nyaring
a. Pekabaran
(1). Apakah pekabaran itu.
(2). Siapa dan berapa banyak yang menerima pekabaran itu.
(3). Siapadan berapa banyak yang menolak pekabaran itu.
b. Juru Khabar
c. Metode-metode.
(1) Metode-metode yang berbeda
(2) Kuasa Roh suci  - Arguman telah disampaikan.
(3) Tanda Ajaib.
8.Peristiwa penipuan di dunia selama Seruan Nyaring
(1) Penindasan terhadap kebenaran
(2) Api dari langit
(3) Mujizat-mujizat.
9.Perbandingan antara lima anak darah yang pintar dan lima anak darah yang bodoh.

1. Waktunya Masa Kesukaran Awal.

Pada permulaan masa kesukaran, kita akan dipenuhi dengan Roh Kudus bila kita maju dan memberitakan Hari Sabat itu dengan lengkap.( EW 35)
Pada halaman 33 pada judul kutipan yang di atas dituliskan begini: Pada permulaan masa kesukaran, kita akan dipenuhi dengan roh kudus bila kita maju dan memberitakan Hari Sabat itu dengan lebih lengkap...
Pada permulaan masa kesukaran yang disebutkan di sini, tidak ada hubungannya dengan ketika masa laknat itu mulai dicurahkan,tetapi pada suatu masa yang singkat yaitu tidak sebelum laknat-laknat itu dicurahkan, sementara Kristus masih berada di dalam bait suci.(  EW 85.

2.  Persiapan yang perlu kita lakukan untuk masa kesukaran awal.
Catatan: Bagian ini hanya menyebutkan satu demi satu khususnya sehubungan dengan aspek masa kepicikan awal dan seterusnya selama masa kepicikan, dan bukan hanya termasuk persiapan rohani yang sudah dijelaskan dalam pasal-pasal sebelumnya.

a.  Undang-undang Hari Minggu sebagai lawan kebebasan beragama.

Adalah kewajiban kita untuk berusaha dengan segenap kekuatan kita untuk mencegah bahaya yang mengancam itu.  Kita harus berusaha menghilangkan prasangka dengan jalan menempatkan diri kita pada terang yang tepat di depan manusia.  Kita haarus menyampaikan kepada mereka pokok persoalan yang jelas, sehingga dapat mengemukakan protes yang lebih efektif terhadap tindakan pembatasan kebebasan kata hati.  Kita harus menyelidiki itab suci dan sanggup memberikan pembelaan terhadap keyakinan kita.  Kata nabi, orang fasik akan melakukan perbuatan jahatdan tidak saupun dari orang fasik akan mengerti; tetapi orang yang bijaksana; tetapi orang yang bijaksana itu akan mengerti. 5T 452.

 b.  Tinggal di tempat yang ditunjuk Allah.

Janganlah kita menempatkan diri di tempat dimana kita akan dipaksakan ke dalam hubungan yang dekat dengan mereka yang tidak menghormati Allah....Suatu krisis akan segera menimpa kita sehubungan dengan pemeliharaan Hari Minggu....mereka yang memelihara hari minggu meneguhkan pengakuan yang palsu, dan hal ini akan menjaadi suatu tekanan kepada mereka yasng memutuskan memelihara Hari Sabat Tuhan. ...Melalui pemeliharan Allah kita dapat memiliki tenpat yang aman yang jauh dari kota-kota, dan Tuhan akan menolong kita untk melakukannya.  Di hadapan kita terbentanglah masa kesukaran....
Untuk alasan inilah saya melihat, perlunya umat Allah berpindah dari kot ke tempat terpencil dimana kita boleh mengolah tanah itu dan menghasilkan sendiri.  Dengan demikian mereka boleh melatih anak-anak mereka dalam cara hidup yang sederhana dan kebiasaan yang sehat.  Saya melihat perlunya mangatur segala perkara secepat mungkin untuk bersedia menghadapi krisis itu.CL 20,21.

c.  Hari Minggu di gunakan untuk pekerjaan penginjilan.

Saudaraku yang kekasih, saya akan mencoba menjawab pertanyaanmu?  Apa yang engkau harus lakukan bila Undang-undang Hari Minggu telah dipaksakan diikuti.
Terang telah diberikan Tuhan kepadaku tentang suatu saat dimana kitat telah harapkan tibanya krisis yang kelihatan mulai muncul, yaitu bila orang-orang mulai digerakan oleh suatu kuasa dari bawah untuk memaksakan pemeliharan hari minggu, maka orang-orang Advent harus menunjukan kebijaksanaan mereka dengan cara menahan diri dari pekerjaan biasa pada hari itu dan gunakan hari itu untuk pekerjaan penginjilan. 9T 232.

Pada waktu itu kita menggunakan hari minggu sebagai usaha pengnjilan, maka cambuk akan dikeluarkandari orang fanatik yang suka menghina orang-orang Masehi Advent Hari Ketujuh.  Pada waktu mereka melihat kita gunakan hari minggu untuk melawat orang-rang dan membuka kitab suci bagi mereka, maka mereka akan mengetahui bahwa sia-sialah bagi mereka merintangi pekerjaan kita melalui Undang-undang Hari Minggu.(9T 232,233.

Mereka yang suka menulis daspat menggunakan hari itu untuk menulis artikel.  Kapan saja dapat dilakukan, biarlah pelayanan kerohanian di adakan pada hari minggu....(Biarlah guru-guru di sekolah kita menggunakan hari minggu itu untuk usaha penginjilan.  Kepada saya diinstruksikan bahwa dengan jalan demikian mereka dapat mengalahkan maksud musuh.  Biarlah guru-guru menggunakan para pelajar mengadakan rapat-rapat bagi mereka yang tidak mengetahui kebenaran.  Dengan demikian mereka dapt mencapai lebih banyak dari pada yang mereka lakukan pada hari-hari yang lain.9T 233.

Gunakan hari minggu itu untuk Tuhan sebagai hari melakukan penginjilan.  Bawalah para pelajar mengadakan pertemuan di bermacam-macam tempat, dan mengadakan penginjilan medis.9T 238.

Berikut ini adalah jawaban kepada pertanyaan: Tidak bolehkag mereka yang berada di tempat bagian selatan bekerja pada haaari minggu?
Jikalau mereka melakukan hal ini, ada bahayanya yaitu segera    Pada saat unsur lawan dapat memperoleh kesempatan sedikitpun untuk mengontrol satu dengan yang lain untuk menganiaya mereka yang melakukannya, dan mengusik mereka yaang dibenci.  Pada sekarang ini pemeliharaan hari minggu belum merupakan satu ujian.  Waktunya akan tiba di mana manusia bukan hanya dilarang bekerja pada hari minggu; tetapi mereka akan mencoba memaksa manusia bekerja pada hari sabat.   Dan manusia akan dimintakan meninggalkan Hari Sabat dan menganut pemeliharaan hari minggu, atau kehilangan kebebasan dan kehidupan mereka....Mereka harus bertindak sepeti yang dituntun Allah, tetapi biarlah mereka berpikir bahwa mereka dapat melakukan pekerjaan penginjilan yang terbaik pada hari minggu.(E.G. White, In the ollection of E A Sutherland, PT Magan David Paulson, JO Johnson dan AW Spalding, hal 21.)

3. Undang-undang hari Minggu Nasional.
 Pelajari: Daniel 7:20-28, Daniel  8:9-27, Daniel  11:36-39, Wahyu 12:1-17; Wahyu 13:1-8, Wahyu 14:8.

a.  Strategi Undang-undang Hari Minggu.
(1)  Tuduhan palsu terhadap para Pemelihara hari Sabat.
(Tentang malapetaka yang setan sedang timpakan ke atas dunia ini)

Penipu ulung itu akan meyakinkan manusia bahwa mereka yang melayani Allahlah yang menyebabkan bencana ini.  Golongan yang telah membangkitkan murka surga akan menuduhkan segenap kesukaran mereka kepada orang-orang yang penurutannya kepada hukum Allah merupakan teguran yang tiada akhir terhadap para pelanggar hukum.  Akan dinyatakan bahwa manusia sedang melawan Allah oleh melanggar hari minggu yang dianggapa sebagai hari Sabat, bahwa dosa ini akan membawakan malapetka yang tidak akan berhenti hingga hari minggu akan dipaksakan secara tegas.  Dan bahwa mereka yang menyampaikan tuntutan hukum keempat yang berarti menghancurkan penghormatan terhadap hari Minggu adalah perusuh, mencegah pemulihan restu ilahi serta kemakmuran duniawi.....Sementara amarah orang banyak dibangkitkan oleh tuduhan-tuduhan palsu, mereka akan memperlakukan duta-duta Allah mirip sekali dengan perlakuan Israel murtad terhadap Elia.( (Bacalah 1 raja-raja 18, Khususnya perhatikan ayat 17 dan 18) GC 590.

Mereka yang menghormati Sabat Alkitab akan dinyatakan sebagai musuh-musuh hukum dan ketertiban, menghancurkan kekangan- kekangan moral masyarakat, yang menyebabkan anarki dan kejahatan, serta mengakibtakn turunya pehukuman Allah atas dunia ini.  Penurutan mereka yang ikhlas akan dinyatakan sebagai kedegilan, keras kepala dan penghinaan terhadap penguasa.  Mereka akan dituduh tidak senang terhadap pemerintah.  Para pendeta yang menyangkal kewajiban kepada hukum ilahi akan menyampaikan dari mimbar tanggungjawab untuk mentaati kekuasaan- kekuasaan sipil, yang menurut mereka ditetapkan Allah.  Di gedung-gedung pengadilan, para pemelihara hukum akan disalah gambarkan dan di hukum.  Perkataan mereka akan di putarbalikan ; Motif-motif mereka akan ditafsirkan sebagai sesuatu yang paling buruk.( GC 592.

(2).  Protestan dan Katholik bersatu.

Protestan akan membuka tangannya untuk mengadakan persekutuan dengan kekuasaan Roma.  Kemudian akan ada suatu hukum melawan Sabat ciptaan Allah, dan kemudian dari pada itu Allah akan melakuakan perbuatan ajaib di atas dunia ini.( RH, March 9, 1886.

Apabila Amerika tempat mempunyai kebebasan bereagama, akan bersatu dengan kepausan akan memaksakan manusia menghormati sabat yang palsu, maka manusia disetiap negara di bulatan bumi ini akan di tuntun mengikuti contoh itu.6T 18.

Maka naiklah marah naga akan perempuan itu, dan pergi memerangi benih perempuan yang lagi tinggal itu, yang memelihara hukum Allah, dan memiliki kesaksian Yesus.  Dalam waktu mendatang yang sudah dejat itu kita akan melihat keenapan sabda ini pada saat Gereja Protestan bersatu dengan dunia ini dan dengan kuasa kepausan melawan para pemelihara hukum.  Roh yang sama yang telah menggerakan kepausan di masa yang lampau, akan menuntun kaum protestan menjalankan usaha yang serupa terhadap mereka yang menunjukan kesetiaan mereka terhadap Allah.
Gereja dan negara sekarang sedang membuatpersiapan bagi konflik mendatang rotestan sedang menyamar menhadapkan hari minggu ke depan, sepertiyang dilakukan Roma disepanjang tempat kepausan sedang mendirikan bangunan-bangunan yang tinggi dan kokoh di dalam penganiayaan-penganiayaan terdahulu akan diulangi.( 5T. 449,450.

(3).  Gereja dan Negara Bersatu.

Para pembesar gereja dan negara akan bersatu untuk menyuap, membujuk atau memaksa seluruh lapisan masyarakat menhormati hari minggu.  Ketiadaan wewenang ilahi akan diisi oleh undang-undang yang menindas. GC 592.

(4).  Persesuaian Melawan Hak Minoritas.

Beberapa tahun yang silam Gubernur David Lawrence dari Pensylvnia menandatangani kenaikan rekening terhadap pelanggaran UUHM dari $ 400 ke $100.00, untuk pelanggaran pertama dan $ 200 untuk pelanggaran kedua .  Gubernur menjelaskan: Telah terjadi pertumbuhan yang tidak memuaska dalam soal pemeliharaan hari minggu....Saya menandatangani rekening itu sebab saya pikir hal itu melambangkan hasrat mayoritas masyarakat kita,agar hari minggu dipelihara sebagai hari istirahat.(  Dikutip dari Religius News Service .11 Agustus ,1959, pada majalah(Religius Liberty( Nop.- Dec.1960.
Satu kutipan lagi dari Stanley Mosk, sebagai seorang jaksa agung di Kalifornia berkata sebagai berikut: Sayang sekali adanya pertambahan orang-orang yang kelihatanya telah mengambil keputusan untuk mengadakan persesuaian soal pemeliharaan hari ibadah.  Sebagai suatu contoh, mereka menuntut agar semua urusan dan tempat-tempat fasilitas yang lain ditutup pada hari minggu, dan mau menggunakan negara sebagai suatu alat untuk mencapai tujuan utama dari suatu agama.  Adalah suatu ahal yang mustahil untuk menaksir jumlah orang-orang yang terlibat dalam bentuk aktifitas seperti itusekarang ini, namun jumlahnya penting.  Bagaimanapun saya sangat mengharapkan agar usaha ini tidak akan berhasil, dasn undang-undang tradsionil Amerika yang memebrikan pernyataan kebebasan beragama untuk semua lapisan akan berlaku. (  Majalah Kebebasan beragama, bulan July, Agustus hal. 12, 1960.)

Komisi Hak azazi manusia memberikan laporan mengenai diskriminasi agama, oleh Areat Khrishnaswani sebagai berikut:
Sikap kelompok Mayoritas terhadap kelomok minoritas merupakan kekuatiran yang terjadi di banyak tempat di dunia ini.  Khususnya hal ini benar jikalau kelompok agama yang dominan di hadapkan kepada suatu kelompok minoritas yang sangat giat dalam pengjinjilan dimana penganut itu dianggap berbahaya oleh kelompok yang lebih besar.  Kecenderungan terhadap suatu ukuran toleransi yang lebih besar sangat diharapkan, kecenderungan terhadap pembatasan terhadap apa yang disebut kepercayaan yang Bida(ah oleh gereja yang dominan itu atau gereja di dalam suatu negara adalah hal yang tidak menyenangkan.(  Majalah Kebebasam beragama, bulan January-February 1960.
Catatan: Pada zaman Kristus Ia adalah yang minoritas.  Kayafas berkata bahwa lebih berguna bagimu, jikalau satu orang mati untuk bangsa kita dari pada seluruh bangsa ini binasa, Yohanes 11:50. lihat GC 615.

Dunia Protestan sekarang ini melihat kepada keompok kecil yang sedang memelihara harisaat bagaikan Mordekai di pintu gerbang.  Tabiat dan pembawaannya menyatakan penghormatan terhadap hukum Allah, merupakan teguran yang tetap terhadap mereka yang tidak takut akan Tuhan dan yang sedang menginjak-nginjak Hari SabatNya.  Penghalang yang tidak dikehendaki harus disingkirkan dalam keadaan apapun.
Pikiran yang sama yang direncakan melawan mereka yang setia.sepanjang zamanyanglampautetap ditujukan ke bumi ini yaitu kepadamereka yangtakut akan Allah dan dan menuruti HukumNya.  Setan akan membangkitkan kemarahan terhadap sekelompok kecil orang-orang yang tidak mau menerima kebiasan dan adat tradisi populer.  Orang-orang yang mempunyai kedudukan tinggi dan nama besar akan bersatu dengan orang-orang yang tidak menurut hukum dan keji untuk mengambil keputusan terhadap umat Allah.  Orang-orng kaya, yang pintar, terpelajar, akan bersatu untuk membungkus mereka dan memandang hina kepada mereka.  Para raja, Pendeta dan anggota gereja akan bersekongkol melawan mereka.  Dengan suara dan pena , oleh kesombongan ancaman dan penghinaan, mereka akan berusaha menghancurkan iman mereka.  Dengan kesaksian palsu dan amarah yang menjadi-jadi mereka akan menggerakkan kemarahan orang banyak.  Dengan tidak memiliki(Demikianlah Firman Kitab Suci( untuk melawan orang-orang yang memperthankan Hari Sabat Alkitab, mereka akan menjalankan peraturan-peraturan yang menindas untuk mengganti kekurangan.  Untuk memperoleh kepopuleran dan perlindungan para pembuat undang-undang akan menyerah kepada tuntutan UUHM.(5T 450,451.

(5).  Dinyatakan sebagai Social,  bukan Agama.

Gerakan Hari Minggu sekarang sedang membuat jalannya di dalam kegelapan.  Pemimin-pemimpin sedang menyembunyikan pokok persoalan yang sebenarnya, dan banyak yang menggabungkan diri tidak melihat dalam diri mereka sendiri aliran yang di dalam yang sdang dipelihara.  Para penganutnya adalah orang-rang Kristen yang secara rupa saja, tetapi bilamana berbicara maka roh dari naga akan nyata..(  5T 452(lihat 5T 449,450 pada hal. 31)

Adalah suatu hal yang ganjil bila pemimpin penyelenggara Undang-undang dari Persemakmuran Pensylvania, tempat lahirnya kebebasan, akan dipaksa menjalankan Undang-undang agama kuno.  Nampaknya itu hanyalah soal uang kecil apakah diberi nama kesehatan, Kesejahteraan atau Undang-undang Social.  Pada dasarnya itu disebut Undang-undang Agama.  Majalah kebebasan beragama, January-February, 1960, hal. 32.

b. Akibat Adanya Undang-undang.

(1).  Terhadap Dunia.

Melalui dua kesalahan besar, kebakaan jiwa dan kekudusan Hari Minggu, setan menjerat manusia dalam penipuannya.  Sementara kebakaan jiwa meletakan dasar spiritisme, maka kesucian hari minggu menciptakan suatu simpati dengan Roma.GC 588.

Melalui perintah menyelenggarakan lembaga kepausan,( hari minggu) dalam pelanggaran hukum Allah, Bangsa kita akan putus sama sekali dari kebenaran.  Ketika Protestan akan memimipin dalam mengulurkan tangan melintasi jurang pemisah, untuk menggenggam tangan spiritisme, bila mereka akan menjangkau dengan lobang yang dalam untuk berjabat tangan dengan kekuasaan Roma dan dibawah pengaruh persekutuan tiga serangkai ini, negara kita akan meninggalkan tiap prinsip konstitusinya sebagai protestan dan repoblik, dan akan membuat ketentuan untuk mengikuti jejak kepausan, barulah kita mengetahui bahwa waktunya sudah tiba bagi setan mengerjakan pekerjan yang menggumkan dan kesudahn sudah dekat.( 5T 451.

(2).  Terhadap orang-orang percaya yang sekedar nama saja.

Apabila topan mendekat, suatu golongna besar yang telah mengaku percaya kepada pekabaran malaikat ketiga, tepai tidak disucikan melalui penurutan kepada kebenaran itu, meninggalkan kedududkan mereka dan bergabung dengan barisan penentang.  Oleh bersatu dengan dunia dan mengambil bagian dalam rohnya, mereka telah mamandang perkara-perkara itu dalam terang yang hampir sama; dan bilamana ujian datang, mereka atelah siap untuk memilih yang mudah dan populer.  Orang-orang yang berbakat serta mempunyai tutur kata yang menarik, yang pernah bersuka dalam kebenaran, menggunakan kemampuan-kemapuan mereka untuk menipu dan menyesatkan jiwa-jiwa.  Mereka menjadi musuh-musuh yang paling hebat dari saudara-saudara mereka sebelumnya.  Bilamana para pemelihara hari Sabat di hadapkan ke pengadilan untuk menjelaskan iman mereka, orang-orang yang murtad ini menjadi agen-agen yang paling efisien untuk memberikan penjelasan yang salah dan menunuduh, lalu melalui laporan-laporan yang palsu serta saran-saran tak langsung, menghasut para penguasa untuk melawan mereka. GC 608.

Catatan:   Peranan orang percaya yang sekedar nama saja/ murtad ini dijelaskan dalam keterngan berikut ini:
Saya melihat gereja yang asal nama saja dan orang Advent yang sekedar nam saja seperti Yudas, akan menyerahkan kita kepada katolik untuk memperoleh pengaruh mereka melawan kebenaran, kemudian orang-orang kudus akan menjadi orang yang tidak dikenal.sedikit dikenal oleh orang Katolik: tepai gereja-gerej dan orang Advent yang sekedar nama saja Yang mengetahui iaman dan kebiasaan kita(mereka memebenci kita karena adanya hari Sabat, sebab mereka tak dapat menolaknya) akan menyerahkan orang-orang kudus dan melaporkan mereka kepada orag-orang Katolik sebagaiorang yang tidak menghormati kebiasaan manusia; yaitu sebab mereka memelihra hari Sabat dan tidak menghormati hari Minggu.(  In The Collections of EA Sutherland, PT Margan, David Paulson, JO. Johnson, dan AW Spaulding, hal, 1.

Pada malam hari saya bermimpi berada di Battle Creek, melihat dari pintu kaca sekolompok orag yang sedang berbaris menuju rumah berdua-dua.  Mereka kelihatan tegang dan tegap.  Saya mengenal baik mereka itu kemudian berbalik membuka pintu kamar tamu dan menyambut mereka, tetapi kemudian saya berpikir dan memperhatikan mereka lagi.  Suasana telah berubah.  Kelompok ini memperlihatkan suatu arak-arakan orang Katolik.  Yang satu membawa salib, dan yang lain membawa sejenis buluh.  Disaat mereka mendekat maka yang membawa buluh itu mengelilingi rumah dan berkata tiga kali: (Rumah ini adalah rumah haram.(  Barang-barang harus disita.  Mereka telah berkata-kata melawan aturan kita. Saya ditimpa perasaan ngeri, kemudian masuk ke dalam rumah lalu ke luar melalui pintu bagian utara, dan saya dapati telah berada di tengah-tengah kelompok itu.  Beberapa diantara mereka saya kenal tetapi saya tidsak mengucapkan sepata katapun kepda merek itu karena takut jangan sampai tertangkap.  Saya mencoba mencari tempat yang tersembunyi agar boleh menangis dan berdoa tanpa ada perasaan ingin tahu dimanapun pandangan saya tertuju.
Berulangkali saya katakan: Kalau boleh saya mengerti hal-hal ini jikalau mereka beritahukan kepada sayaapa yang telah saya ucapkan atau apa yang telah saya lakukan!  Saya menangis dan berdo leih banyak sementara melihata baranbarang kami disita.  Saya mencoba agar mereka yang mengelilingi saya menaruh simpati dan merasa kasihan terhadap saya, dan wajah saya memberikan tanda kepada akan berbicara keapada saya dan menghibur saya tanpamengalami perasaan takut bila dilihat oleh orang lain.  Saya mencoba menghindar daari orang banyak tapi saya dapati aya sedang diamati, kemudian saya alihkan maksud saya itu.  Saya mulai menangis lebih keras dan berkata: (kalau saja mereka dapat mengatakan apa yang telah kuperbuat!  Suami saya mendengar saya menangis agak keras, membangunkan saya.  Bantal saya dibasahi dengan air mata, dan perasaan muram dan susah menimpa saya.( 1T 578.
Catatan: Orang-orang percaya yang sekedar nama saja disebut jemaah iblis.

Lihatlah, beberapa orang dari jemaah iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan kuserahkan kepadamu sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku bahwa Aku mengasihi engkau.(. Wahyu 3:9.
Setan mempunyai mempunyai persekutuan yang besar dengan gerejanya, Kristus menyebut mereka itu sebgai jemaah iblis. TM 16.

Menurut anda , mereka yang tersungkur di depan kaki orang-orang kudus , (Wah. 3:9), pada akhirnya akan diselamatkan, dalam hal ini saya harus berbeda dengan anda; Sebab Allah sudah menunjukan kepadaku, kelompok ini adalah mereka yang megaku orang Advent, yang sudah jatuh, dan menyalibkan anak manusia untuk kedua kalinya dsan memalukan Dia secara nyata.  Dan kan menunjukan tabiat yang benar, mereka akan menyadari mereka hilang untuk selama-lamanya; dan diliputi dengan perasaan derita. mereka akan tersungkur di kaki orang-orang kudus.  Word to The Little Flock, hal 12.

(3).  Terhadap Orang-orang Percaya Yang Benar.

Dan tidak seorangpun yang dapat memebeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya. Wahyu 13:17.

Waktunya datang begitu cepat apabila kuasa yang mengontrol persatuan buruh akan berlaku sangat menindas.  Berulang-ulang kali Allah menginstruksikan untuk meninggalkam kota-kota, dimana mereka boleh menanam hasil mereka sendiri; karena pada masa mendatang persoalan membeli dan menjual akan merupakan persolan yang sangat serius.  Kita harus mulai menyambut instruksi yang diberikan kepada kita berulang-ulang. CL 9,10.

c.  Tanda meninggalkan kota-kota besar.

(Waktunya tidak lama lagi, seperti murid-murid yang mula-mula, kita akan dipaksakan mencari tempat-tempat tepencil.  Sebagaimana Yerusalem di kepung oleh tentara Roma merupakan tanda untuk lari bagi orang-orang Kristen di Yudea, begitu pula dengan kuasa pada bangsa kita terhadap perintah memaksakan sabat kepausan akan menjadi amaran.  Itulah tanda meninggalkan kota-kota besar, juga sebagai persiapan meninggalkan kota-kota kecil ke tempat terpenci di gunung-gunung.( 5T 464,465.

d.  Garis besar pelajaran Alkitab tentang sabat hari ketujuh.
Catatan: Dalam menyambut nasihat untuk kita agar mengtahui dasar keyakinan kita, maka garis besar pelajaran tentang hari Sabat harus diketahui sebaik-baiknya.

(1). Kebiasaan Kristus.
   Lukas 4:16 (Menurut kebiasaaNya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadah.

(2). Apakah ini berarti bahwa Tuhan Yesus Kristu memeiliki satu hari khusus, di atas hari yang lain, untuk hari beribadah?
Wahyu 1:10 Tuhan memiliki satu hari
 Markus 2:8 Tuhan memiliki satu hari yaitu hari Sabat.
 Keluaran 20:11 Tuhan memiliki satu hari yaitu hari Sabat hari yang ketujuh.

Dengan demikian hari yang ketujuh dalam Alkitab adalah hari Tuhan, yang disebut hari Sabat.

(3). Dapatkah kita membuktikan bahwa hari yang ketujuh pada zaman Alkitab adalah hari ketujuh zaman ini.
Markus 16:19 Kristus bangkit pada hari yang pertama.
Mari kita perhatikan minggu penyaliban.

Lukas 23:54-56; 24:1.

Hari kematian Kristus disebut - Hari persiapan, hari jumat besar.
Hari Kristus beristirahat disebut - Hari Sabat
hari kebangkitan Kristus disebut - hari kebangkitan/hari minggu paskah.

Ingatlah bahwa semua orang Kristen percaya bahwa Kristus bangkit pada hari Minggu Paskah. hari diantara hari Minggu dan Jumat disebut hari Sabat. Jadi sudah pasti Sabat itu hari yang ke Tujuh.

(4). Tetapi bukankah hari Sabat itu hari orang Yahudi?
Yakub 4:12 - hanya ada satu pembuat hukum dan hakim(salah satu dari tiga keAllahan, Matius 3) yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan.

Itulah sebabnya Kristus memberikan kita Hukum keempat dan dengan demikianm, itu untuk orang Kristen bukan untuk orang Yahudi.

Sangat menarik untuk diperhatikan bahwa hari Sabat telah dipelihara ratusan tahun oleh manusia di dunia ini sebelum orang Yahudi yang pertama lahir.  Ibrahim Bapa segala orasng Percaya, adalah orang Yahudi yang petama.  Hari Sabat telah dipelihara sejak akhir minggu penciptaan( Kejadian 2:2 dan 3.

(5) Setelah melihat bahwa hari Sabat untuk orang Kristen apakah itu terdapat juga dalam Perjanjian Baru?

(brani pasal 4 berbicara tentang hari perhentian yang akan diberikan Allah untuk kita baik sekarang dan yang akan datang.  Ini merupakan pemikiran utama dari pasal ini.  Tetapi juga kita melihat ulangan dari hukum keempat sebagai hari ketujuhpun disebutkan.  Ayat sembilan mengatakan bahwa tetaplah suatu hari perhentian bagi umat Allah.  Ditulis sesudah kebangkitan dalam menghormati pemeliharaan hari Minggu, adalah begitu penting untuk melihat Alkitab untuk mengingatkan kita bahwa hari yang ketujuh tetap sebgai praktek yang diakui orang-orang Kristen. Ibrani 4:9,10,4.

(6).  Pentingkah memelihara hari yang benar?

Pertama kita haarus ingst bahwa hari yang ke tujuh mempunyai maksud tertentu di dalamnya yang diberikan Allah yang tidak dimiliki oleh hari yang yang lain, yaitulah hari yang merupakan suatu berkat dan penuh kesucian.  Lihat Kejadian 2:3.  Itulah sebabnya hari itu berbeda dengan hariyang lain dan hanya hariitulah kita memperoleh berkat penyucian yang penuh,  sebagaimana Allah tidak memberikan pada hari yang lain.  Itu juga merupakan satu tanda diantara Allah dan kita, itu adalah ujian kesetiaan kita kepada Allah.

Yeheskiel 20:12  - Hari-hari SabatKu juga kuberikan kepada mereka menjadi peringatan diantara Aku dan mereka, supaya mereka mengetahui Akulah Tuhan yang menguduskan mereka.

Catatan: Wahyu 12:7, Wahyu 14:12; 22:14.  Sehubungan dengan Yakub 2:10, kita akan memeliharanya sampai di dunia baru- Yesaya 66:22,23.

(7).  Siapakah yang merobah Sabat ke Minggu?

Hari Minggu, sebagai hari yang ditentukan menjadi hari perbaktian wajib bagi rakyat untuk menyembah Allah yang Maha Kuasa, hari yang dikuduskan dengan cara berhenti dari semua pekerjaan kantor, perdagangan dan kegiatan-kegiatan duniawi lalu berbakti adalah semata-mata cipataan gereja Katholik....Gereja-gereja Protestan, yang telah menolak kekuasaan gereja,tak mempunyai alasan yang baik untuk teori hari Minggunya, dan patut serta masuk akal untuk menguduskan hari Sabtu sebagai hari Sabat. The American Catholic Quarterely Review, January, 1883, P. 139,149, 152.

(8).  Apakah yang Alkitab katakan terhadap manusia yang membuat doktrin itu.

Markus 7:7. Percuma mereka beribadah kepadaKu, sedangkan ajaran yang mereka ajarkan ialah perintah manusia.

4.Tempat-tempat Perlindungan Untuk Orang- orang Percaya.

Sebagai gambaran terhadap apa yang akan terjadi, hendaklah secepat mungkin kita menyesuaikan program penginjilan dikombinasikan dengan pekerjaan medis, dan menyatakan pekerjaan kebajikan, tidak mencintai diri sendiri, palayanan kasih dari Yesus, Akan menghilagkan prasangka.  Biarlah kita medirikan tempat-tempat penginjilan medis sebagai tempat perlindungan bagi kita pada masa penganiayaan awal akan muncul.( Loma linda Message, hal. 602.

5.  Banyak Yang Dibiarkan Beristirahat

Banyakyang dibiarkan beristirahat sebelum tiba siksaan yang berat pada masa kesukaran yang akan menimpa dunia ini. CH.375.
Tuhan seringkali menyatakan kepadaku bahwa banyak anak-anak kecil dibiarkan tertidur sebelum tiba masa kesukaran. GC.566.

6.  Hujan Akhir.

a.  Definisi

Dibagian Timur, hujan awal jatuh pada waktu menabur benih.  Hal itu dibutuhkan agar benih itu boleh bertumbuh.  Dibawah pengaruh hujan ini benih itu akan bertumbuh.  Hujan akhir yang jatuh akhir musim menuai, untuk mematangkan gandum agar siap untuk dituai.  Tuhan menggunakan caranya alam bekerja sebagai lambang pekerjaan Roh suci.

b.  Pentingnya Hujan Akhir.

 Ada empat langkah yang perlu dimiliki oleh seseorang yang mau diubahkan:

(1).  Harus memantulkan peta Allah sepenuhnya sebelum dimateraikan.
(Mereka yang menerima materai Allah yang hidup itu dan yang melindungi pada masa kesukaran harus memantulkan citra Yesus dengan sepenuhnya

(2).  Harus dimateraikan sebelum mereka menerima hujan akhir.
Tidak seorangpun dari kita yang menerima materai Allah. sementara tabiat kita masih kotor atau bernoda.  Adalah tugas kita untuk memperbaiki cacat dalam tabiat kita, memebersihkan kaabah jiwa dari setiap kotoran.  Kemudian hujan akhir akan jatuh di atas kita sebagaimana hujan awal jatuh ke atas murid-murid pada hari Pentakosta.( 5T 214.

(3).  Harus memiliki hujan akhir untuk melewati masa kesukaran Yakub.
Mereka telah menerima Hujan Akhir penyegaran dari hadirat Allah, dan mereka disiapkan mengahadapi masa cobaan di hadapan mereka.((lihat 1T 353 dalam pasal 8).

(4).  Harus meelewati kesukaran yakub agar dapat diubahkan.
Tak seorangpun kecuali Seratus Empat Puluh Empat ribu orang yang dapat mempelajari nyanyian itu ; Karena itu adalah nyanyian pengalaman mereka yaitu suatu pengalaman yang belum pernah dirasakan oleh rombongan lain.......  Orang-orang ini, setelah diubahkan dari bumi,....mereka telah melewati suatu masa kesukaran....mereka telah tahan menderita selama masa kepicikan Yakub. GC, 649.

c.  Pentingnya persiapan sekarang.

(1).  Kapankah dosa-dosa orang percaya dihapuskan.

Karena itu sadarlah da bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan, agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukan bagimu sebagai Kristus.Kisah 3:19,20.

Pekerjaan injil yang besar tidak akan berakhir dengan manifestasi kuasa Allah yang lebih kecil dari pada kuasa yang menandai permulaannya.  Nubuatan-nubuatan yang telah digenapi dalam kecurahan Hujan Awal pada permulaan injil sekali lagi akan digenapi dalam hujan akhir pada penutupannya.  Disinilah waktu kelegaan yang dinanti-nantikan Petrus ketika ia berkata: Karena itu sadarlah dan bertobatlah , supaya dosamu dihapuskan agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus Kristus. GC.  611,612.

Pekerjaan penghakiman, pemeriksaan dan penghapus dosa-dosa, harus diselesaikan sebelum kedatangan Tuhan yang kedua kali.  Karena orang-orang mati akan dihakimkan menurut apa yang tercatat dalam kitab-kitab itu, maka mustahilah dosa-dosa manusia akan dihapuskan sampai berakhirnya penghakiman dimana perkara-perkara mereka diperiksa.  Tapi Rasul petrus
menyatakan dengan jelas bahwa dosa-dosa orang percaya akan dihapuskan bilamanan Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus Kristus.

(2).  Kapankah pengalaman pencuri pada malam (untuk orang-orang percaya)?

Bandingkan keterangan pada 6 b dan c.  Kita melihat prasyarat kesempurnaan melalui Kristus agar boleh menerima hujan akhir.  Jikalau orang mengharapkan nanti bersedia nanti tiba hujan akhir maka ini berarti fatal atau membawa maut.  Demikian juga jikalau seorang mengharapkan nanti bersedia bila tiba UUHM , maka hal itu berarti sudah terlambat sebagaimana halnya dengan jatuhnya hujan akhir, karena semua maksud praktis, pasa waktu yang sama undang-undang itu dibuat.  Mengikuti salah satu dari dua rencana yang palsu ini akan mengakibatkan pencuri pada malam yaitu pengalaman tidak ada persiapan.
Catatan: peristiwa akhir yang besar adalah:
- Undang-undang hari Minggu nasional
- Mujizat seruan nyaring menyertai pekabaran
- Tujuh laknat terakhir
- Perintah membunuh menyeluruh
- Kelepasan yang besar
- Bagian perang Armagedon

Sesungguhnya sesudah semua peristiwa ini terjadi, kedatangan Kristus bukan merupakan suatu hal yang mengagetkan mereka yang mengikuti peristiwa-peristiwa ini.  Seseorang harus bersedia sebelum salah satu peristiwa ini terjadi, .supaya terhindar dari pengalaman apa yang disebut pencuri pada malam. Pelajari Matius 24:42-44.

Saya melihat bahwa banyak orang melalaikan persediaan yang sangat dibutuhkan dan mengharapkan masa kelegaan dan hujan akhir untuk melaykan mereka berdiri pada hari Tuhan, dan hidup dalam pemandanganNya.: aduh; betapa banyak orang yang kulihat pada masa kesukaran tanpa perlindungan!  Mereka telah melalaikan persiapan yang dibutuhkan. EW 71.
Allah menuntut umatnya membersihkan diri mereka dari semua kekotoran tubuh dan jiwa. Menyempurnakan kesucian dalam takut akan Tuhan.  Semua mereka yang bersifat acuh tak acuh dan tidak melakukan kewajiban ini, menunggu Allahlah yang mengerjakan bagi mereka yang sebenarnya ia menuntut merekalah yang melakukannya. akan didadapati kurang ketika penurut dunia ini....bersembunyi pada hari murka Tuhan.  Kepada saya ditunjukan jikalau umat Tuhan tidak ada usaha dari diri mereka sendiri tetapi menunggu kelegaan menimpa mereka dan memindahkan kesalahan dan membenarkan kesalahan mereka ; jikalau mereka bergantung pada hal itu untuk menyucikan mereka....maka merekapun didapati kurang.  Kelegaan atau kuasa Allah akan datang hanya bagi mereka yang telah menyediakan diri mereka untuk itu oleh melakukan pekerjaan yang Allah mintakan dari mereka, yaitu membersihkan diri mereka dari semua kekotoran tubuh dan jiwa, menyempurnakan kesucian dalam takut akan Tuhan. 1T 619.

Kepada saya telak ditunjukan imat Allah sedang menunggu beberapa perbahan terjadi, suatu kuasa yang memaksa menahan mereka tetapi mereka akan dikecewakan, karena merka salah.  Mereka harus bertindak; mereka harus melakukan pekerjaan itu sendiri, dengan sungguh-sungguh minta kepada Allah untuk memperoleh pengetahuan yang benar bagi diri mereka.
Kesombongan, cinta diri, kecemburuan, ketamakan, iri hati, mengasihi dunia, kebencian, kecurigaan, syak wasangka, semuanya harus ditaklukan dan dikorbankanuntuk selama-lamanya.  Ketika kristus nampak, itu tidak akan membenarkan kejahatan- kejahatan ini, dan kemudian memberitahukan suatu kelayakan moral bagi kedatanganNya.  Semua persiapan ini harus dilakukan sebelum Ia datang.  Itu harus menjadi pokok pemikiran, pokok pelajaran dan sungguh-sungguh menyelidiki apa yang harus kita perbuat agar dapat diselamatkan.  Tingkah laku bagaimanakah yang harus kita miliki agar kita dapat membuktikan diri kita layak bagi Allah?
1 T 261, 705.

Apabila suatu masa yang gawat pada akhirnya datang, dan memang pasti akan datang, dan Allah berbicara mewakili umatNya, maka mereka yang telah berdosa, Mereka yang telah menjadi awan kegelapan, dan telah secara langsung menghalangi usaha Alalh menolong umatnya mereka akan takut dan gelisah.  Seberapa jauh mereka telah bersungut dan menyebabkan kekecewaan pada pekerjaan Allah; dasn sebagaimana halnya Achan, mereka menjadi sangast ketakutan...mereka akan memberikan keluasan untuk pekerjaan Allah.
Pengakuan dosa yang dibuat pada waktu yang tepat untuk memberikan kebebasan pada umat Allah , akan di terima olehNya.  Tetapi ada beberapa orang dikalangan kita yang akan membuat pengakuan, seperti Akhan, tapi sudah sangat terlambat untuk menyelamatkan dirinya..... mereka menganggap enteng kesaksian yang disampaikan secara tegas yang ditujukan ke hati mereka dan mereka akan bersukacita melihat setiap orang yang menyampaikan teguran itu didiamkan.( 3T 271,272.

(3).  Kutipan-kutipan umum yang menunjukan perlunya persiapan.

Kita harus merasa pasti bahwa apabila Roh Suci dicurahkan kepada mereka yang tidak menerima dan menghargai pentingnya hujan awal akan tidak mengerti pentingnya hujan akhir.(TM  399).

Kecuali hujan mula-mula sudah menyelesaiakan pekerjaan hujan akhir tidak membawakan benih kepada kesempurnaan.( TM 506).

Hanya mereka yang menghidupkan terang yang mereka peroleh itu akan menerima terang yang lebih besar. kecuali kita setiap hari maju dan memerbikan contoh kehidupan kekristenan yang aktif, kita tidak akan mengenal manifestasi Roh Suci pada hujan akhir.  Hujan akhir boleh jatuh di hati orang sekitar kita, tapi kita tidak melihat atau menerimannya. TM. 507.

Sekarang, sementara Imam Besar yang Agung,sedang mengdakan pendamaian bagi kita, seharusnya kita harus berupaya menjadi sempurna di dalam Kristus.GC. 623.

Serahkan dirimu kepada Tuhan pada pagi hari, jadikanlah ini tugasmu yang pertama.  Biarlah doamu seperti berikut: (Ambilah aku ya Tuhan, jadi milikmu sepenuh.  Kubentangkan semua rencana-rencanaku di kakiMu.  Gunakanlah aku hari ini berbakti kepadamu, tinggalah di dalam aku, dan biarkan semua pekerjaanku dikerjakan di dalam Engkau. (Ini adalah masalah sehari-hari).  Setiap pagi serahkan dirimu kepada Allah, buat pagi hari itu.  Serahkanlah segala rencanamu kepadaNya untuk dilakukan atau untuk tidak dilakukan sebagaimana yang ditunjukanNya.  Dengan demikian hari demi hari Engkau dapat menyerahkan hidupmu ke dalam tangan Tuhan , sehingga hidupmu dibentuk hari demi hari seperti kehidupan Kristus. Steps to Christ. hal 70.

Bagaimanapun lengkapnya penyerahan kita pada waktu pertobatan, hal itu akan tidak bermanfaat bagi kita kecuali kita baharui setiap hari, tetrapi suatu penyerahan yang mencakup penyegaran sekarang ini, danyang sebenarnya, yang diterima Allah.( EG. White, R & H, January 6. 1885).

Mintalah dari Tuhan hujan pada masa hujan akhir, jangan puas dengan musim yang ada sekarang, yang seperti biasa hujan jatuh.  Mintalah itu.  Pertumbuhan dan kesempurnaan benih tidak tergantung pada tuan tanah.  Allah sendiri dapat menuai tuaian itu.  Tetapi kerja sama manusia dituntut.  Pekerjaan Allah bagi kita menuntut Amal pikiran kita, latihan iman kita.  Kita harus meminta pertolongannya dengan segenap hati jikalau kiota mau memperoleh hujan kasih karunia.( TM. 508.

Artikel Lainnya....
1. Pelajaran Eskatologi

2. Masa Penggoncangan

3. Seruan Damai Sejahtra



 


No comments:

Post a Comment