Ads Google

Saturday, March 3, 2018

Beberapa Gejala Menuju Masa Kesukaran Awal

Garis-Garis Besar:
1. Langkah-langkah kearah persaaaatuan Protestan.
2. Gerak maju gereja katolik
3. Peranan gereja Episkopal.
4. Persatuan Protesta Katholik
5. Antipati terhadap Sabat hari Sabtu.
6. Persekutuan dan Serikat-serikat dagang.

1. Langkah-langkah ke arah Persatuan Protestan

Dunia sekarang menghadapi suatu krisis seperti yang belum pernah dihadapinya.  Krisis tersebut luasnya seprti semesta alam, setinggi langit, dan sedalam neraka itu sendiri.  Krisis itu melebihi garis-garis golongan agama, batas-batas nasional, perbedaan kesukuan, dan golongan,golongan sosial......  Dihadapan kita segera akan terbentang suatu dunia yang remuk dan hancur dalam semangat dan bangkit dalam kebudayaan, suatu dunia yang benar-benar memerlukan suatu pelayanan yang hanya dapat diberikan oleh gereja yang bersatu.    Apakah kita akan menggagalkan umat manusia pada saat yang tragis ini?  Apakah kita akan terus-menerus melemahkan kesaksian kita dengan melestarikan gereja yang tidak bersatu?  Berdoalah pda Allah supaya kita akan diselamatkan dari skandal agama Kristen.  Berdoalah supaya kita akan berbaris maju kepada penyetuan gereja federasi sekarang!( The Christian Century, April 1942.

Orang-orang Kristen di seluruh dunia kata-kata salah seorang pemimpin Amsterdam, Bishop Metodis di New York, G. Bromley Oxman (Perlunya persatuan memang mendesak....tidak bersatunya kita adalah suatu penyangkalan terhadap Tuhan kita...  Kita tidak dapat memenangkan dunia untuk Kristus dengan taktik-taktik perang gerilya. Hal ini memerlukan staf umum, stragi besar dan pasukan.  Dan ini berarti Kesatuan.(  Cleveland Press, 12 December 1949)

Tanggal 29 December 1950, di Cleveland Ohio, Dewan Nasional yang besar ini menjadi kenyataan, tidak lama sebelum jam 9:30, bunyi nyaring empat trompet menggema di seluruh ruangan memberi sinyal peresmian suatu peristiwa bersejarah, Gereja Protestan dan Ortodox Timur di Amerika Serikat, yang menunjuk ke arah suatu era baru dalam persatuan Kristen.  Itu adalah penggabungan delapan perwakilan antara golongan agama menjadi suatu badan nasional yang terdiri atas 25 kelompok Protestan dan empat ortodox timur, mewakili suatu keangotaan 32 000.000. orang.( F Steward, (Cleveland Press, 29 Nov. 1950.

Dewan Nasional akan menolong engkau dan Gerejamu....dengan mewakilkan kepentingan-kepentngan Protestan Amerika yang bersatu, bilamana perlu atau diinginkan, dalam kaitan dengan pemerintah diWashington. Pernyataan resmi yang menumumkan tujuan-tujuan dewan yang di usulkan.

Bilamana sejarah agama selama abad ke-20 ditulis,dua peristiwa akan menudungi yang lain-lain......Amsterdam, 1948 dan Cleveland 1950.  Yang satu adalah organisasi dewan dunia gereja-gereja di kota Belanda dan yang satu lagi konstitusi dewan nasioanl gereja-gereja Kristus di Amerika Serikat, di sini minggu lalu .... banyak orang Protestan, katolik dan orang-orang Yahudi bertanya apa artinya semua itu?  Apa maknanya?  Apa yang akan menggambarkan mobil-mobil dan mesin-mesin angkutan kesana-kemari sepanjang jalur-jalur yang berlain-lainan.  Di Clelveland pekan yang silam para pengurus gereja Protestan dan ortodoks timur mengatur semua kendaraan ini di belakang satu mesin di atas satu jalur dengan satu tujuan - Persatuan - F. Steward, Cleveland Press, 4 December 1950.
Suatu penggabungan empat golongan agama Protestan terbesar bangsa diusulkan oleh seorang mantan ketua dewan nasional gereja-gereja.  Penggabungan itu mencakup gereja Presbiterian Bersatu di Amerika Serikat,dengan 3. 145.000 anggota, gereja Protestan Episkopal, dengan 3. 126.000 anggota; Gereja Metodis dengan 9. 815.000  anggota, dan gereja Kristus bersatu dengan 2.223.000 anggota....Segera hal itu dikuatkan oleh pendeta James A. Pike, Bishop Episkopal California, yang menyebutnya usulan paling nyaring dan mengilhami demi persatuan gereja di negara ini yang pernah dibuat dalam sejarahnya.

Persatuan empat jalur yang pernah diusulkan Dr. Blake akan menghasilkan suatu masyarakat Protestan baru dengan 18. 309.000 anggota dan 41. 802 gereja-gereja setempat.  Itu akan menjadi suatu penerobosan terbesar yang pernah dicapai dalam pergerakan oikumene, yang berupay menyatukan kembali keluarga Kristen yang sudah lama terbagi-bagi.(  The Nashville Tennessean, 5 December 1960.

Blake yang Prebisterian ini berkata, suatu rencana penyatuan kembali, harus mencakup unsur-unsur memuaskan baik Katolik yang dibaharui maupun Katolik (bukan Roma Katolik) tradisi.  Supaya dapat diterima pada orang-orang Katolik seperti orang-orang pengikut Episkopal  yang mendirikan kumpulan besar dengan kepercayaan bahwa bishop-bishop mereka telah diserahkan dalam suatu jaluryang tidak boleh putus dari para rasul.  Blake akan memiliki gereja baru yang akan menyerahkan semua Bishopnya dan anggotan-anggota Prebisterian baik dalam penggantian kerasulan (oleh Bishop-bishop lain) maupun di luar itu sesuai dengan prosedur (oleh pemilihan) gereja-gereja non Katolik....(Bishop Pike menanggapi) Dapat saya katakan bahwa proklamasi nubuatannya adalah ususlan yang paling nyaringdan mengilhami demi persatuan gereja di negara ini yang pernah dibuat dalam sejarahnya.(seperti yang ada di antara tanda kurung). Majalah Time, 19 December, 1960, 64,65.

2.  Gerak Maju Gereja.

Jumlah orang Katolik di Amerika Serikat pada zaman perang saudara(100 tahun lalu) sebanyak 18.000 . sekarang sudah 34.000.000.

Amerika serikat dianggap oleh Paus sebagai bidang yang paling menjanjikan utnuk gereja di dunia.

Waktunya sudah matang untuk usaha Katolik yang menentukan di Amerika Serikat.....Agama Protestan. -- Khususnya agama Protestan Amerika  sekarang sudah begitu membusuk secara doktrin (lihat GC 588 on  p. 17) yang nantinya tidak dapat memberikan suatu perlawanan serius .....kecuali bagi kaum Fundamentalis yang tersendiri ( dan mereka ini secara cermat hilang gengsinya dan tanpa kepemimpinan intelektual- Agama Katolik akan membelah agama Protestan seakan-akan mentega saja. Majalah Time 11 Nov. 1940.

Laporan-laporan dari komisi pengaduan kependudukan Asing menyingkappkan pembayaran yang terus menerus dana Amerika Serikat kepada kelompok-kelompok gereja Philpinadi bawah pengesahan oleh kongres ke 84 dan ke 85.  Pemberi dana utama(kira-kira 90% dari uang itu ) adalah gereja Roma Katholik yang telah membangun kembali banyak dari Jemaah gerejanya di Philipina dengan dana-dana ini.....

Jumlah yang tepat yang disumbangkan pemerintah AmerikaSerikat untuk Katedral tidak diketahui.  Kalangan pers bebas di Detroit memberi angka lebih dari pada 50.000 dollar.  Sebenarnya jumlah yang diberikan kepada Archbishop Santos di Manila sebesar 1.245.322 dollar. Church and State, February 1959, hal. 1.

Kelebihan suara Demokrat dalam pemilihan bulan November bukan satu kemenangan bagi partai Demokrat tetapi untuk gereja Roma Katolik( Christian Heritage, January 1959, halaman 5.
(ini juga termasuk pemilihan Presiden 1960)

Untuk pertama kali dalam sejarah Amerika Serikat, Kongres mempunyai lebih banyak anggota Roma Katolik dari pada kelompok agama yang lain.  Satu tabulasi yang dikeluarkan oleh perpustakan kongres mencantumkan 103 Roma Katolik anggota Kongres(91 dalam perwakilan House dan 12 dalam majelis /senat) yang 88 adalah demokrat yang 15 adalah republik   ini menunjukan suatu peningkatan 8 di atas 95 Katolik dalam kongres terakhir.( Majalah Time, 9 February 1950.

3. Peranan Gereja Episkopal.

Dalam suasana yang bersifat bernubuat Bishop Episkopal William T . Manning minggu lalu mengadakan pidato perpisahannya pada rapat tahunan keuskupan di New York....dan dengan secara menggerakan menegaskan kembali keyakinannyasendiri dan telah lama dianutnya bahwa mereka gereja Episkopal dapat berfungsi sebagai suatu gereja jembatan dan sebagai suatu pengaruh merujukan kembali antara agama Katolik dan agama Protestan.  Ia menubuatkan  (Penyatuan gereja kembali akan tiba dan sekarang banyak tanda mengenai penyatuan kembali itu.  Kontak antara gereja-gereja Anglikan dan gereja-gereja besar Katolik Ortodox di timur terus menerus bertumbuh semakin akrab. Majalah Time.

4. Persatuan Protestan - Katolik.

Catatan: persatuan ini dinyatakan perlu untuk tetap hidup.

Demokrasi dunia baru akan muncul dengan satu definisi kemerdekaan - Disiplin agama -.  Itu bukan satu pertanyaan apakah kerja sama diinginkan, rekronstuksi adalah mustahil tanpa hal itu.  Krisis sekarang bukan ketentaraan, atau politik, ataupun ekonomi, tetapi moral.  Suatu iman baru dan suatu prinsip moral baru diperlukan untuk menyelamatkan sistem politik dan ekonomi kita.  Semua kehidupan Agama dan Ekonomi harus dikaitkan dengan satu prinsip Kristen.  Peperangan ini adalah pertempuran pertama yang disengaja dalam sejarah manusia untuk organiasi ppoltikseegenap masyarakat dunia dalam satu hal yaitu Prinsip moral dan kerohanian. The Christian Century, 18 November 1942.

Untuk pertama kali dalam sejarah, PROTESTAN YANG BERSATU Sekarang mengusulkan Kerjasama Global dengan Gereja Katolik dalam hal kebebasan beragama, dan menyangkut hak-hak manusia..... kita percaya bahwa saatnya telah tiba bagi orang-orang Protestan dan Roma Katolik pada tingkat teringgi pimpinan dalam kedua kelompok itu, untuk memasuki perundingan-perundingan yang khususnya diarahkan pada masalah-masalah kebebasan beragama dan yang menyangkut hak-hak asasi manusia.(  Frank Steward Cleveland Press, Maret 1949.
 (Dalam pidatonya, Bishop Oxnam mengatakan persatuan Kristen memang mulai diidam-idamkan tetapi harus mulai dengan penggabungan semua gereja Protestan.   Apabila ini tercapai katanya, dan kepemimpinan pada waktu tersebut mungkin cukup Kristen untuk berlutut di depan suatu metzbah umum... untuk membentuk gereja Katholik kudus dimana semua orang Kristen boleh menjadi anggota.( Akron Beacon, 29 April 1948.

Tentang pengumuman Paus Yohanes pada konsili Oikumene ke- 21 April kita perhatikan tanggapan penting yang berikut:   Dr. W.A.  Visert Hoofh, Skretaris jenderal dewan gereja-gereja sedunia mengatakan hal itu dapat berkembang menjadi langkah terbesar yang pernah diambil menuju solidaritas Kristen.  Hal ini katanya menjadi salah satu masalah mendasar di zaman kita.
Dr. Edwin. T Dahlberg, Ketua Dewan gereja-gereja Nasional, apa saja yang akan menyatukan semua gereja Kristus akan diberkati Allah.

Billy Graham: Secara pasti ada bidang-bidang (hari minggu adalah salah satu yang terutama) yang olehnya orang-orang Protestan dan Katholik harus berdiri bersama-sama dalam perjuangan seduania melawan kekuatan-kekuatan yang gelap dan jahat.(  AP, New York, oleh George W. Cornell.

5. Antipati terhadap hari Sabat hari Sabtu

Akan ada suatu perdamaian yang langgeng, yang tidak dicapai dengan senjata-senjata fisik saja.  Masalah terakhir terletak dalam lingkungan agama.  Golongan agama yang terpecah-pecah tidak boleh diizinkan dalam perdamaian ini.  Perpecahan ini disebabkan oleh orang Protestan keras kepala yang berpedapat sendiri dan tidak ada prinsip sesungguhnya yang dilibatkan.  Protestan yang melanggar hukum dan peraturan dianggap sebagai seorang pahlawan, sedangkan kenyataanya ia hanyalah seorang tolol yang berpendapat sendiri.  Mengapa harus mengizinkan yang minoritas mengganggu segenap masyarakat dengan memelihara hari ketujuh sedangkan dunia Kristen memelihara hari pertama?   Hal itu sama dengan yang mayoritas setuju menjalankan mobil mereka disebelah kanan jalan, dan beberapa orang tolol yang bependapat sendiri tidak mau dan menjalankan mobil itu di sebelah kiri jalan.
Tidak ada prinsip yang dilibatkan dalam pemeliharaan hari sabat.  Pemerintah mempunyai hak menggunakan kekuatan dengan pernyataan zaman perang, dan paksaan harus digunakan untuk mengamankan persatuan Gereja demi perdamaian, atau Pemerintah gagal dan organisasi hancur berantakan.  Pemeliharaan hari minggu dan pertarakan adalah dua bidang yang memerlukan koordinasi antara gereja dan negara. The Religius Digest , Nov. 1942.

Apabila saatnya tiba dan manusia sadar bahwa bangunan sosial harus dibagun kembali sesuai dengan standart-standart abadi, apakah ahal itu esok, atau nanti berbad-abad sejak sekarang, orang-orang Katolik akan mengatur supaya sgala sesuatu cocok dengan stadart-standart tersebut.  Tidak dihalangi oleh mereka yang lebih suka tinggal dalam kematian, mereka akan mendirikan kembali hukum-hukum kehidupan tertentu, mereka akan memulihkan Yesus di tempatNya yang Tinggi, dan ia tidak lagi dihina.  Mereka akan meninggikan keadaan yang tidak dapat dipecahkan mengenai perkawinan, dan jika hal ini tidak dapat memenuhi keinginan orang-orang yang ingkar, hal itu tidak akan gagal memenuhi keinginan anak-anak mereka.
Mereka akan menjadikan wajib agama pemeliharan hari minggu itu demi kebaikan segenap masyarakat dan untuk kebaikannya sendiri, mencabut kembali ijin pemikir-pemikir bebas dan orang-orang Yahudi untuk merayakan, secara sembunyi-sembunyi, hari Senin atau Sabtu atau perhitungan mereka sendiri.  Mereka, bagi siapa hal ini mungkin menggangu , akan harus membangun dengan gangguan.  Penghormatan tidak akan ditolak bagi pencipata atau sambutan tidak akan disangkal terhadap mahkluk ciptaan semata-mata hanya untuk untuk menyenangkan orang-orang gila tertentu, yang kondisi frenisnya (hingar-bingar) menyebabkan mereka dengan bodoh dan dengan kurang ajar mencegah kemauan semua orang.
Namun, sama sperti rumah kita sendiri, rumah mereka semua akan lebih kokoh dan ladang mereka semua kan lebih subur atas perhitungan tersebut.  Dengan suatu perkataan,masyarakat Katholik akan menjadio Katholik, dan orang-orang ingkar yang ditoleransinya akan mengetahui bahwa itu adalah kemurahan, tetapi mereka tidak akan dibiarkan mengganggu persatuannya.(  Louis Veuillot, The Liberal Ilusion 63,64 (Catholic Publication)

Orang yang melanggar hari sabat sama salahnya dalam pemandangan Allah sama seperti orang yang menjahati tetangganya.  Kedua-duanya melanggar hukum Allah, dan kedua-duanya harus dihukum.  Jadi para pelanggar sabat dan para pembunuh sama-sama menghadapi resiko besar.  Dan itulah sebabnya, jika engkau mengambil hari minggu dari Allah, sesungguhnya engkau berada dalam rombongan yang buruk....
Serangan kedua terhadap hari sabat Kristen sekarang adalah suatu agama yang mungkin tampak aneh, tetapi itu agama yang benar.  Ada suatu sekte yang agak besar dan berpengaruh diantara kita,  yang dengan berani menyerang dengan segenap gagasan bahwa hari Minggu adalah hari Sabat Kristen....Mereka tidak memperhatikan pekerjaan pemeliharaan hari Sabat dan menolong pekerjaan pendoaan hari Sabat.  Oleh karenanya kita dipaksa untuk membubarkan atas pengjaran meragukan dari seorang nabi wanita aneh di abad ke sembilan belas yang mengaku mendapat khayal tentang hal-hal yang tidak terdapat dalam Alkitab.  Jadi ia cukup sombong bahwa ia dapat meningkatkan firman Allah.  Tetapi ia beroleh banyak gagasan dari seorang nabi palsu sebelumnyayang kemudin mengaku bahwa ia sudah melakukan kesalahan.  Bahkan ia telah bertindak begitu jauh meremalkan tentang kedatanganYesus ke dua kali, yang telah dibuktikan nihil sama sekali dan hanyalah spekulasi semata-mata.
Selama enam puluh enam hari Aliansi hari Tuhan di Amerika Serikat telah terlibat dalam tugas besar membela hari Sabat Kristen dan menganjur pemeliharaanya.  Sekarang ini Aliansi itu meluncurkan suatu kampanya tentang hari Tuhan, dan ALIANSI ITU BERUSAHA MENDAFTAR USAHA BERSAMA SEMUA ORANG KRISTEN, mendesask mereka supaya ikut mengambil bagian secara aktif di dalamnya.  Masing-masing kita mempunyai satu tanggung jawab pribadi untuk bergabung dalam kampanye ini, jika kita sungguh-sungguh ingin mengikut Tuhan.  Apapun saja perbedaan kita, pada umumnya kita mengahadapi pekerjaan yangbesar ini.
Sebagian dari Khotbah yang disampaikan oleh:
Rev.  Peter Elderveld berjudul Back to God Hour
Melalui siaran radio.

6. Persekutuan dan serikat- serikat dagang.

Catatan:   orang benar harus menghidnari setiap persekutuan dengan gereja atau kelompok lain seperti serikat-serikat dagang, oleh sebab hubungannya dengan rencana setan mendatangkan kesukaran atas dunia dimasa yang akan datang.


TIDAK ADA PERSEKUTUAN YANG HARUS DIBENTUK DENGAN ORANG-ORANG YANG TIDAK PERCAYA, juga engkau tidak boleh menentukan suatu nomor pilihan tertentu yang merasa sepeti engkau, dn yang akan mengatkn amin pada semua yang engkau usulkan, sementara yang lain mengaku tidak sertakan yang engkau pikir tidak akan serasi.  Kepada saya telahditunjukan ada bahaya besar melakukan hal ini.
 (Karena Tuhan berfirman kepada saya dengan tangan yang kuat, dan menyuruh saya jangan berjalan di jalan orang ini, sambil mengatakan, janganlah kamu mengatakn suatu persekutuan kepada semua mereka, bagi siapa orang ini akan mengatakan, suatu persekutuan; janganlah kamu takuat akan apa yang mereka takuti,janganlah takut.  Kuduskan Tuhan semesta Alam sendiri; hendaklah kamu takut akan Dia, dan biarlah kamu ngeri padaNya....Carilah pengajaran dan kesaksian!  Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar, biarlah suara Tuhan yang didengar.
Mereka yang bekerja dalam suatu departemen pekerjaan dimana dunia mungkin diubahkan, TIDAK BOLEH MASUK KE DALAM PERSEKUTUAN DENGAN MEREKA  YANG TIDAK MENGETAHUI KEBENARAN.  Dunia tidak akan mengenal bapa atau anak, dan mereka tidak memiliki pengertian rohani terhadap sifat pekerjaan kita , terhadap apa yang harus kita buat dan tidak boleh kita buat.  Kita harus mengikuti perintah perintah yang berasal dari sorga.  Kita tidak boleh mebdengar nasihat atau mengikuti rencana-rencana yang diusulkan oleh orang-orang yang tidak mengetahui ekerjaan yang Allah sedang lakukan, karena zaman ini adalah sedemikian rupa sehingga melemahkan kuasa perantara Allah.  Dengan menerima usul-usul yang demikian , maka nasihat Kristus tidak mengenai sasaran.....
Berulang-ulang kepada saya telah DITUNJUKAN BAHWA UMAT ALLAH DALAM ZAMAN AKHIR INI tidak akan aman bila mengandalkan atau percaya akan manusia, dan melehakan tangan mereka.( TM, 462,464.

Tidak akan ada perobahan dalam terobosan-terobosan umum pekerjaan kita.  Pekerjaan kita haraus berdiri dengan terang dan jelas sebagaimana nubuatan menyatakannya.  KITA TIDAK BOLEH MEMASUKI PERSEKUTUAN DENGAN DUNIA, dengan megira bahwa dengan berbuat demikian kita dapat menyelesaikan lebih banyak.  Jika ada yang berdiri di jalan, untuk menghalangi pekerjaan yang telah di tetapkan Allah, mereka akan membuat Allah tidak senang .  Tidak ada garis kebenaran yang telah menjadikan umat Masehi Advent Hari Ketujuh apa mereka kini yang harus dilemahkan.  Kita memiliki petunjuk kebenaran, pengalaman dan kewajiban dasn kita harus berdiri teguh dalam mempertahankan prinsip-prinsip kita, dalam pemandangan dunia sepenuhnya.( 6T 17, (lihat juga 8T 160, CH, 521).

(Inilah pemandangan yang diberikan kepada saya.  Tetapi gereja harus dan bertempur melawan musuh yang kelihatan dan yang tidak kelihatan.  Agen-agen setan dalam bentuk manusia berada di atas pekarangan.  Manusia telah bersekutu untuk melawan Tuhan serwah sekalian alam.  Persekutuan-persekutuan ini akan berlanjut sampai Kristus akan meninggalkan tempat pengantaraaNya di hadapan Takhta kemurahan dan akan memakai jubah pembalasan.  Agen-agen setan berada di setiap kota, sibuk mengorganiser mereka yang menentang hukum Allah menjadi berkelompok-kelompok.  Orang-orang yang mengaku suci dan yang dinyatakan tidak percaya berpihak pada kelompok-kelompok ini.  Ini bukanlah saatnya bagi umat Allah untuk menjadi lemah.  Kita tidak boleh lengah sedikitpun saja.( 8T 42.
Kemudian gagasan mendapat persetujuan bahwa pekerjaan penginjilan dengan obat-obatan akan mencapai kemajuan besar sekiranya lembaga kesehatan kita dan keuntungan-keuntungan oabat-obatan yang lain diikata bersama dibawah pengawasan persatuan missionaris dengan obat-obatan di Battle Creek.

Kepada saya diberitahu bahwa saya harus mengangkat suara saya dalam memberi amaran tehadap hal ini.  Kita tidak boleh berada di bawah kendali orang-orang yang tidak dapat mengendalikan diri mereka sendiri dan tidak sudi tunduk pada Allah.  Kita tidak boleh dibimbing oleh orang-orang yang menginginkan supaya perkataan mereka yang jadi kekuatan yang mengendalikan, perkembangan keinginan untuk mengendalikan telah nyata dan Allah mengirim amaran-demi amaran, melarang persekutuan dan penggabungan.  Ia memberi kita amaran terhadap mengikat diri kita sediri untuk memenuhi persetujuan-persetujuan tertentu yang akan disodorkan oleh orang-orang yang bekerja untuk mengendalikan saudara-saudara mereka. 8T 217.

Dunia adalah panggung para pelaku adalah penduduknya, yang sedang bersedia untuk memainkan peran mereka dalam drama besar terakhir.  Dengan massa besar umat manusia tidak akan ada persatuan, kecuali bila manusia bersekutu untuk menyelesaikan maksud-maksud mereka yang mementingkan diri.  Perhatikan pentingnya dalam terang Daniel 2:43 - mereka tidak akan merupakan satu kesatuan. Allah sedang menyaksikan.  Maksudnya sehubungan dengan rakyatnya yang memberontak akan digenapi.  Dunia tidak diserahakan ke tangan manusia, walaupaun Allah mengizinkan unsur- unsur kekacauan dan ketidakberesan untuk mendatangkan kegoncangan sementara waktu.  Suatu kuasa dari bawah sedang bekerja untuk menghadirkan pemandangan-pemandangan atau tontonan-tontonan besar terakhir dalam drama itu.  Setan datang seperti Kristus, dan bekerja dengan segala kesanggupannya untuk menipu menunjukan ketidakbenaran dalam diri mereka yang mengikatkan diri mereka sendiri bersama-sama dalam masyarakat rahasia.  Mereka yang menyerah pada keinginan besar untuk persekutuan sedang melaksanakan rencana-rencana musuh.  Penyebab akan diikuti oleh akibat.
Pendurhakaan telah hampir mencapai batasnya.  Kekacauan memenuhi dunia, dan suatu ketakutan besar segera akan melanda umat manusia.  Kesudahan sudah dekat sekali.  Kita yang mengetahui kebenaran harus bersedia untuk apa yang segera akan meledak di atas dunia sebagai suatu kejutan yang menyelubungi.( 8T 27,28.  Lihat juga Life Sketches, 321,322.
 Selama bertahun-tahun saya telah diberi terang khususnya supaya kita tidak memusatkan pekerjaan kita di kota-kota. kerusuhan dan kekacauan yang memenuhi kota-kota ini, kondisi-kondisi yang ditimbulkan oleh serikat-serikat kerja dan pemogokan-pemogokan, akan terbukti suatu rintangan besar bagi pekerjaan kita.  Manusia sedang berusaha mendatangkan mereka yang telibat dalam perdagangan yang berlain-lainan supaya masuk ke bawah perhambaan serikat-serikat tertentu.  Ini bukanlah rencana Allah, tetapi rencana suatu kuasa yang kita harus ketahui bagaimanapun juga.  Firman Allah sedang digenapi; orang-orang jahat sedang mengikatkan diri mereka sendiri dalam ikatan-ikatan siap untuk dibakar. Sekarang kita harus menggunakan segala kemampuan yang dipercayakan pada kita dalam memberikan amaran terakhir kepada dunia.  Dalam pekerjaan ini kita harus menjaga diri kita sendiri.   Kita tidak boleh bersatu dengan masyarakat-masyarakat/persatuan-persatuan rahasia atau dengan serikat-serikat dagang.  Kita harus berdiri bebas pada Allah, dengan tetap menunggu petunjuk dari Kristus.  Semua pergerakan kita harus diadakan dengan satu relalisasi terhadap pentinganya pekerjaan itu diselesaikan bagi Allah.  TT 84 lihat juga ; CH 273.

Serikat dagang akan menjadi suatu perwakilan yang akan mendatangkan ke atas \bumi suatu kesukaran seperti yang belum pernah terjadi sejak dunia dijadikan. CL 10.

Serikat dagang dan persektutuan dunia merupakan jerat.  Jauhkan diri dari mereka, jangan bersatu dengan mereka, saudara-saudara.  Jangan melakukan sesuatu dengan mereka. EG White.  Gen. Conf.  Bulletin, 6 April 1903.

Serikat-serikat ini adalah salah satu tanda zaman akhir.  Manusia sedang mengikatkan diri pada ikatab-ikatan siap untuk di bakar...  Hendaklah kamu mengasihi Tuhan.... dan sesamamu manusia seperti dirimu sendri.... Bagaimanakah manusia dapat mengikuti perkataan ini, sedangkan pada saat yang sama berjanji sendiri mendukung apa yang menghilangkan kebebasan bertindak sesama manusia mereka?  Dan bagaimanakah manusia dapat mengikuti perkataan ini, sedangkan dari gabungan yang merampok keuntungan golongan miskin yang secara adil adalh milik mereka, mencegah mereka tidak boleh membelki atau menjual, kecuali di bawah kondisi-kondisi tertentu?... Mereka yang mengaku sebagai anak-anak Allah dalam keadaan bagaimanapun tidak boleh mengikatkan diri dengan serikat-serikat kerja yang sudah dibentuk atau yang akan dibentuk.  Inilah yang dilarang Tuhan. CL 11, 12.

Artikel Selanjutnya ....
1. Pelajaran Eskatologi

2. Masa Penggoncangan

3. Seruan Damai Sejahtra



 


No comments:

Post a Comment