GEREJA DIKENDALIKAN DARI DALAM
(1200-1517)
1. Pertarungan dan perobahan
– Mendekati akhir abad pertengahan ditandai kemerosotan dan kekacauan dan kemerosotan kekacauan. Drama besar abad pertengahan adalah pertarungan gereja dan negara.
– Perang salib bukan hanya menghancurkan sistem feodal tetapi juga menrangsang kehidupan ekomoni dan intelek orang-orang barat.
– Muncula orang-orang yang meyebarkan ide-ide yang bertentangan dengan doktrine dan pemerintah gereja.
– Bukan hanya bagian luar gereja yang tergoncang tapi gereja juga di stir dari dalam
2. Albigenses
– Manicheism oleh Manes orang Persia isme campuran kafir dan Kristen, mulai di Persia dan tersebar keseluruh kekaidaran Roma dan mempengaruhi Augustine. Augustine kemudian melawannya sampai tuntas di Barat. Tapi di timur isme ini berkembang.
– Selama perang salib ide ini kembali ke Eropa barat melalui Bulgaria sepanjang jalan-jalan dagangan yang dibuka oleh perang salib.
* Middle ages = 476 ( kekalahan Roma oleh Barbar) sampai dengan 1453 (kejatuhan konstantinople)
* Perang salib pertama = 1096
– Ide ini tersebar khususnya di Prancis selatan dan berpusat di kita ALBI sehingga penganutnya disebut Albigenses.
– Nama dari Manicheism saat ini adalah “Catharine”
– Chatrine adalah dualists yang percaya ilah baik dan jahat. (seperti Manichesnc)
- Dunia yang jahat kelihatan duania benda adalah pekerjaan ilahi yang jahat. Pada dunia materi ini jiwa-jiwa tertaswan yaitu juwa-jiwa dari kerajaaan ilahi yang baik.
– Ada Albigensi tolak perjanjian lama kerena anggap itu perkerjaan ilahi jahat yang lain mengakui mazmur dan kitab nabi-nabi
– Semua merek percaya New testament dari ilah baik
– Karena mereka percaya benda-benda adalah jahat maka Kristus bukan tubuh yang sebenarnya (mati bukan sebenarnya)
– Mereka tidak hargai kayu salib karena benda, juga sakramen karena benda, mereka tidakmau ada bangunan gereja karena benda.
– Albigensi dianggap bidat
– Mereka memasuki gereja
3. Waldensi – tidak memasuki gereja
– Mereka adalah pengikut Peter Waldo pedangan kaya dari Lyons
– Mereka percaya alkitab (ist.PB) adalah aturan iman dan hidup Kristen
– Pada 1176 ia jual hartanya dan bagikan pada orang miskin
– Mereka tekuni Perjanjian Baru
– Berdua-dua dengan pakaian sederhana mereka dikerahkan berkhotbah dangan khaki telanjang
– Berpencar pada senin, rabu, jum’at
– Tidak bersumpah dan menumpahkan darah
– Hanya menggunakan doa Yesus ( Bapa kami)
– Tidak percaya purgatory, misa orang mati.
– Anggapan doa dirumah = di gereja
– Praktekkan khotbah baik pria maupun wanita (laity anggota biasa)
4. Gereja menganiaya
– Albigensi dan Waldensi berkembang pasat dan menjadi ancaman bagi gereja
– Salah satu maksud dibentuk Dominican dan Fransiscan adalah melawan mereka (alkitab dan waldensi)
– Dominican dan Franciscan juga pwsat berkembang dan menjadi tentara-tentara kepausan. Namun khotbah - khotbah mereka tidak banyak hasil mengembalikan heretic ke gereja.
– Konsili-konsili putuskan menempuh jalan kekerasan sebagaimana Augustine
– Inkwisisi diperkenalkan dengan Dominican sebagai tokonya, pengadilan RK untuk sapu habis bidat-bidat.
– Siapa saja yang dituduh bidat dihadapkan kepengadilan sipimpin oleh Dominican Friars/ rahib-rahib
- Bila di pengadilan ia sangkal idenya maka ia dibebaskan buka tidak , ia diserahkan kepada pemerintah untuk dihukum (karena gereja tidak boleh menumpakan darah menurut keyakinan mereka)= hukuman banyak kali dengan cara dibakar=
– Inkwisisi abad pertengahan beda dengan inkwisisi Spanyol
– Bila tertunda tidak mau menjawab, ia bakar perlahan-lahan sampai mengaku atau mati
– Albigensi dan Waldensi diperlakukan seperti ini tapi karena jumlah mereka besar sekali sehingga inkwisisi tidak mampu
– Maka paus cari akal lain, Dikhotbakan perang salib melawan bidat, bangsawan yang sambut.
– Mereka berbaris ke Prancis selatan dengan tentara-tentara, Untuk 20 tahun darah mengalir seperti air” Propinsi-propinsi yang teguh di jadikan berantakan. Albigensi di cabut sampai keakar-akarnya.
– Waldensi menyingkir ke pegunungan Alpen. Sampai sekarang mereka masih disana, zaman reformasi mereka terimah ajaran protestan
– Kelompok-kelompok yang melawan Roma di zaman pertengahan hanya Waldensi yang masih tersisah sampai sekarang, mereka kini menginjil di Italy dangan hasil yang luar biasa.
5. John Wycliffe
– Akhir abad pertengahan, muncul pribadi-pribadi yang mencela doktrine dan pemerintahan gereja, antara lain John Wycliffe dan John Huss
– Wycliffe lahir Inggris 1320, Belajar di Oxford university dan menjadi profesor di sini.
– 1376 ia mencela Clergy (kekayaan dan kuasa politik menodai gereja sehingga perlu ada pembaharuan gereja kembali kepada kesederhanaan gereja perjanjinan baru, paus adalah anti Kristus, Alkitab satu-satunya aturan uman
– Alkitab waktu itu adalah Vulgate maka ia terjemahkan Alkitab k ebahasa Inggris, Ia juga menulis banyak buku.
– Pengikut Wycliffe menyebarkan ajaran -ajaran dan alkitab terjemahan baru ke seluruh Inggris
– Paus dan Clergy berusaha merusak usaha Wycliffe tapi banyak orang termasuk bangsawan-bangsawan yang kuat simpati reformator ini mereka lindungan Wycliffe.
– Ia mati 1384
– Pengikut-pengikutnya meneruskan ajarannya, mereka disebut Collards
– Permusuhan meningkat, Bishop-bishop berhasil mempengaruhi dikeluarkan ke UU menghukum bidat dengan api.
– Lollard mati sahid dibakar tapi tidak dapat dikilas habis
– Mereka masih tursisah sampai reformasi
6. John Huss
– Di Bohemia John Huss menerima ajaran Wycliffe
– Ia lahir kurang lebih 1369 dididik untuk keimamatan, Ia mejadi dekan fakultas Thology di universitas Progue yang kemudian menjadi rektor.
– Ia dengan semangat Khotbah tentang kejahatan Clergy
– Jauh sebelum Huss, Permusuhan terhadap RK di Bohemia
– Ia ajarkan ide-ide yang kemudian dianut oleh reformasi
1. RK terlalu banyak ajaran tentang nasib
2. Ia bedakan Being in the Church dan Being of the Church
- Seorang mungkin ada di gereja tetapi bukan anggota gereja yang sesungguhnya
3. Kristus saja kepala gereja Am
4. Paus dan Kardinal tidak penting dalam pemerintahan gereja
– Saat ini ada Great Schism, Paus di Avignon adalah John XXIII dan di Roma Gregory XII
– Saat ini paus John XXIII ditekan oleh raja Napler yang menyokong Gregory XII
– John janji indulgensia kepada yang mau menolongnya melawan raja Napler
– Sebelum ini Huss percaya benar indulgensia, Suatu saat ia berikan uangnya yang terakhir untuk 1 indulgensia, Keni ia mencela penjualan indulgensia sebagai praktek jahat dan keji yang berlawanan dengan Alkitab
– John mengekskomunikasi Huss, Huss anggap enteng.
– 1414 konsili umum di Constance inisyatif kaisar Sigismund untuk akhir Schisme, Ia undang Huss dengan janji perlindungan, Huss datang dan beberapa hari kemudian dipenjarahakan oleh paus John XIII dengan alasan bidat
– Orang-orang Bohemia dan kaisar Protes penangkapan ini, jawaban adalah penangkapan ini adalah sesuai kanon, aturan dari gereja, janji kepada bidat tidak perlu ditepati
– Ia meringkuk didalam penjara bawah tanah kurang lebih 8 bulan. Kemudian tanpa kesempatan bela diri ia dibawah ke katedral di Constance. Disini pada 6 July 1415 dihadapan bishop-bishop, kaisar ia dihina, dipakaikan pakaian imam, satu demi satu pakaian di tanggalkan diikuti dengan ucapan kutuk. sebuah topi kertas yang dilukisi dengan 3 roh jahat dilepaskan diatas kepalanya denga tulisan “Here is The Heresiarch”
– Ia kemudian dibawah ke gerbang kota. Timbunan kayu sula sudah siap, ia diikat pada tiang dengan tali yang direndam di air
– Api dinyalakan Huss mati sahid
– Perang salib dibentuk untuk lawan pengikut Huss, bertahun-tahun Bohemia porak-poranda oleh perang
– Semangat pembaharuan tetap hidup dan ketika pembaharuan mulai di Jerman, Perlawanan terhadap RK masih kuat di tanah air Huss.
7. Tiga konsili Umum
– Di Pisa tahun 1409
Constance 1414-1418
Basel 1431-1449
– Tujuan konsili ini
1. Menyembuhkan Great Schism
2. Membawa pembaharuan di Gereja
3. Menekan para bidat
– Ketika ini konsili-konsili tidak dapat dianggap salah dan merupakan penentu keputusan akhir
– Konsili Pisa tidak berhasil
– Konsili Constance 1, mengangkat Mathin V sabagai paus yang sah dan 2, berhasil menyembuhkan Schism 3, Selain membakar Huss, memerintahkan tulisan - tulisan wycliffe di bakar, tubuhnya digali dan dibakar
– Konsili Basel mengembalikan persatuan gereja di Bohemia. Pembantaian di Bohemia gagal menghentikan gerakan-gerakan pengikut Huss.
– Pada 1436 persetujuan di dapat dengan pengikut Huss:
1. Bebas berkhotbah
2. Baharui kehidupan Clergy
3. Isinkan umat-umat di Bohemia ambil bahagian bukan hanya roti tapi juga angggur perjamuan
4. Persamaan dengan yang di anggap bidat
5. Kesempatan istimewah bagi yang terang-terangan menentang gereja
6. Mengambil langkah titik pertemuan dengan utusan dari gereja timur untuk menyembuhkan schism 1054
– Utusan dari timur setuju dengan doctrine-doctrine gereja barat asal mereka ditolong dari serbuan islam Turki
– Ketika berita persetujuan ini tiba di Timur, terjadilah perlawanan pahit, Utusan-utusan di anggap bidat.
1453 Turki menguasai Konstantinopel
* kejatuhan Konstantinopel
* Pembantaian di gereja St. Sophia pada 1453
– Hal ini mengakhiri usaha-usaha untuk menyatukan Barat dan Timur
8. Renaissance (abad ke -15)
– Ketika Barbar Jerman kuasai bagian barat Katolik Roma peradaban Roma Greka di pijak-pijak. Tapi Barbar tidak kuasai Timur, makanya peradaban terpelihara di Timur (Bysantine Empire)
– Memang, soal mengajar ilmu juga ada di sana Charlemagne dan perang salib (ketika bawah peradaban dan ilmu ke Eropa barat)
– Tapi kebangunan learning yang sesungguhnya yang disebut The Renaissance muncul dalam cara sbb:
1. Perdangangan berkembang sesudah perang salib dan banyak kota terbentuk di Eropa
2. Dalam kesibukan kota- kota ini, muncullah orang -orang yang tertarik pada learning dan culture
3. Kaum kapitalist yang kaya mensponsori mereka
4. Peminat Learning ini berjasa menghidupakan k embali dokumen-dokumen lino berisi peradaban dan kebudayaan dunia Grika dan Romawi yang tidak di ketahui oleh orang-orang Zaman pertengahan.
– Kebangunan pengetahuan ini berakibat luas di Eropa.
- Bahasa Grika menjadi sasaran perhatian
- Menulis indah dalam bahasa Latin menjadi perhatian
– Publikasi tulisan-tulisan kuno dianggap amat penting masa itu.
* Di Italy, – orang-orang pada permulaan renaissance adalah bejat. Mereka menentang asceticism
* Ketika gerakan renaissances ke Eropa Utara, itu merobah tabiat.
- Orang-orang tertarik mempelajari bahasa Grika Perjanjian Baru & bahkan Ibrani
- Karya bapa-bapa gereja di etak dalam bentuk buku.
- Dengan cara ini orang lebih mudah menyelidik & berhasil
* Pengetahuan dari renaisace ini menjadi latar belakang penyebab para reformator membuktikan bahwa gereja telah menyimpang dari ajaran-ajaran asli bapa-bapa gereja.
* Banyak Paus pada bagian ke-2 abad 15 menyokong renaissance. Mereka siapkan biaya bagi pelajar-pelajar literature grika & Latin, arsitek, Seni Lukis dll.
* Adalah pada masa Paus-paus renaissance, Vatikan dibangun di Roma
Vatikan adalah wilayah tempat istana kedudukan Paus-paus. Dengan taman-taman yang indah, perpustakaan besar yang terkenal, ruang Chapel sistire, & gereja St. Peter yang luar biasa.
* Skolar grika & latin kuno ini ( yang tulisan-tulisan mereka sedang hangat-hangat dipelajari) adalah orang-orang kafir. Makanya dengan mempelajari tulisan mereka kekafiran dibangunkan. Paus zaman ini lebih tertarik pada bangunnya kekafiran daripada Kristen.
- Banyak Paus istimewa Alexander VI sangat jahat.
- Keraton-keraton mereka yang mewah, pusat-pusat literatur & arts, bangunan-bangunan besar - memakan biaya yang sangat besar.
- Karena ini mereka berusaha dengan berbagai cara untuk memperoleh emas mengalir kepada kepausan dari negara-negara di Eropa Barat.
- Karena Paus-paus ini jahat menyebabkan ketidakpuasan terhadap kepausan & gereja, khususnya di negara-negara sebelah utara Alpen.
* di Florence Italy, Imam Savanarola berkhotbah dengan berani menentang kejahatan zaman ini. Ia tidak menentang organisasi tapi hanya kejahatan moral.
- 1498 ia digantung & tubuhnya dibakar.
9. The Brethren of the Common life
– + di Belanda & German muncul usaha lain untuk mereform gereja. Gerakan ini disebut: The Brethren of the Common life
- Didirikan oleh Gerhard Groote. Ia berkhotbah & berhasil
- Mereka percaya pendidikan kristen
- Mereka ingin reform gereja dengan pendidikan Kristen
- Dari sekolah mereka muncul orag-orang yang berhasil menyebar luaskan ilmu & kesucian
- Luther pernah 1 tahun di sekolah mereka di Magdeburg
- 3 murid lagi dari mereka yang menjadi terkenal yaitu: John of Wessel, Erasmus, Thomas a kempis
– John Wessel 1445-1456 Prof. Erfurt University di German, yang 49 tahun kemudian luther mendapat degree MA dari Universitas ini.
– John Wessel dikenal sebagai “Light of the world”
- Melawan indulgecis
- Mengajar justification by faith alone. Ia berkata : Bagi yang anggap selamat oleh perbuatan, adalah sebenarnya tidak tau apat-apa tentang keselamatan
- Orang pilihan diselamatkan oleh rahmat
- Tidak percaya transubstantiation
– Ia diperlakukan heresy dihadapan bishop agung di Mainz
– Ia recanted tapi kemudian dipenjara & mati Okt. 1489
– Erasmus - Yang paling terkenal di Bretheren of Common life
- Hidup pada zaman Luther
- Menulis dengan tajam kejelekan-kejelekan gereja & Monk
- Tidak bergabung dengan reformasi Luther
Dikatakan : Erasmus menyiapkan telur, Luther yang mengerami.
– Thomas A kempis
- Tinggal di dekat kota Zwolle (Belanda)
- Menulis “the Imitation of Christ”
- Isinya: Bacaan devotion, mengajak baca alkitab & tinggalkan keduniaan
- satu dari buku yang terkenal
10. Ambang pintu reformasi
– Hirarki pimpinan gereja
– Priest - bishops - kardinal - Paus
– Mereka dianggap pemimpin gerejani dan pemimpin dunia beradab
– Mereka menganggap pengantara Allah & manusia / umat
- Diutus Allah untuk ditaati oleh umat
- Karenanya menganggap dapat merobah & menciptakan doktrin
- Muncullah tradisi-tradisi yang bertentangan dengan alkitab.
– Purgatory - trasubstantiation - Indulgencia - Paus pengganti Petrus
– Renaissance merobah semua ini.
- Bapa-bapa tidak ajarkan doktrin-doktrin ini
- Bahasa asli alkitab tidak ajarkan juga.
- Muncul pemimpin reformasi dari kalangan terpelajar
– Situasi sosial, Politik, intelek siap untuk berobah.
– Luther muncul dengan gerakan reformasi untuk menggoncang fondasi gereja.
(1200-1517)
1. Pertarungan dan perobahan
– Mendekati akhir abad pertengahan ditandai kemerosotan dan kekacauan dan kemerosotan kekacauan. Drama besar abad pertengahan adalah pertarungan gereja dan negara.
– Perang salib bukan hanya menghancurkan sistem feodal tetapi juga menrangsang kehidupan ekomoni dan intelek orang-orang barat.
– Muncula orang-orang yang meyebarkan ide-ide yang bertentangan dengan doktrine dan pemerintah gereja.
– Bukan hanya bagian luar gereja yang tergoncang tapi gereja juga di stir dari dalam
2. Albigenses
– Manicheism oleh Manes orang Persia isme campuran kafir dan Kristen, mulai di Persia dan tersebar keseluruh kekaidaran Roma dan mempengaruhi Augustine. Augustine kemudian melawannya sampai tuntas di Barat. Tapi di timur isme ini berkembang.
– Selama perang salib ide ini kembali ke Eropa barat melalui Bulgaria sepanjang jalan-jalan dagangan yang dibuka oleh perang salib.
* Middle ages = 476 ( kekalahan Roma oleh Barbar) sampai dengan 1453 (kejatuhan konstantinople)
* Perang salib pertama = 1096
– Ide ini tersebar khususnya di Prancis selatan dan berpusat di kita ALBI sehingga penganutnya disebut Albigenses.
– Nama dari Manicheism saat ini adalah “Catharine”
– Chatrine adalah dualists yang percaya ilah baik dan jahat. (seperti Manichesnc)
- Dunia yang jahat kelihatan duania benda adalah pekerjaan ilahi yang jahat. Pada dunia materi ini jiwa-jiwa tertaswan yaitu juwa-jiwa dari kerajaaan ilahi yang baik.
– Ada Albigensi tolak perjanjian lama kerena anggap itu perkerjaan ilahi jahat yang lain mengakui mazmur dan kitab nabi-nabi
– Semua merek percaya New testament dari ilah baik
– Karena mereka percaya benda-benda adalah jahat maka Kristus bukan tubuh yang sebenarnya (mati bukan sebenarnya)
– Mereka tidak hargai kayu salib karena benda, juga sakramen karena benda, mereka tidakmau ada bangunan gereja karena benda.
– Albigensi dianggap bidat
– Mereka memasuki gereja
3. Waldensi – tidak memasuki gereja
– Mereka adalah pengikut Peter Waldo pedangan kaya dari Lyons
– Mereka percaya alkitab (ist.PB) adalah aturan iman dan hidup Kristen
– Pada 1176 ia jual hartanya dan bagikan pada orang miskin
– Mereka tekuni Perjanjian Baru
– Berdua-dua dengan pakaian sederhana mereka dikerahkan berkhotbah dangan khaki telanjang
– Berpencar pada senin, rabu, jum’at
– Tidak bersumpah dan menumpahkan darah
– Hanya menggunakan doa Yesus ( Bapa kami)
– Tidak percaya purgatory, misa orang mati.
– Anggapan doa dirumah = di gereja
– Praktekkan khotbah baik pria maupun wanita (laity anggota biasa)
4. Gereja menganiaya
– Albigensi dan Waldensi berkembang pasat dan menjadi ancaman bagi gereja
– Salah satu maksud dibentuk Dominican dan Fransiscan adalah melawan mereka (alkitab dan waldensi)
– Dominican dan Franciscan juga pwsat berkembang dan menjadi tentara-tentara kepausan. Namun khotbah - khotbah mereka tidak banyak hasil mengembalikan heretic ke gereja.
– Konsili-konsili putuskan menempuh jalan kekerasan sebagaimana Augustine
– Inkwisisi diperkenalkan dengan Dominican sebagai tokonya, pengadilan RK untuk sapu habis bidat-bidat.
– Siapa saja yang dituduh bidat dihadapkan kepengadilan sipimpin oleh Dominican Friars/ rahib-rahib
- Bila di pengadilan ia sangkal idenya maka ia dibebaskan buka tidak , ia diserahkan kepada pemerintah untuk dihukum (karena gereja tidak boleh menumpakan darah menurut keyakinan mereka)= hukuman banyak kali dengan cara dibakar=
– Inkwisisi abad pertengahan beda dengan inkwisisi Spanyol
– Bila tertunda tidak mau menjawab, ia bakar perlahan-lahan sampai mengaku atau mati
– Albigensi dan Waldensi diperlakukan seperti ini tapi karena jumlah mereka besar sekali sehingga inkwisisi tidak mampu
– Maka paus cari akal lain, Dikhotbakan perang salib melawan bidat, bangsawan yang sambut.
– Mereka berbaris ke Prancis selatan dengan tentara-tentara, Untuk 20 tahun darah mengalir seperti air” Propinsi-propinsi yang teguh di jadikan berantakan. Albigensi di cabut sampai keakar-akarnya.
– Waldensi menyingkir ke pegunungan Alpen. Sampai sekarang mereka masih disana, zaman reformasi mereka terimah ajaran protestan
– Kelompok-kelompok yang melawan Roma di zaman pertengahan hanya Waldensi yang masih tersisah sampai sekarang, mereka kini menginjil di Italy dangan hasil yang luar biasa.
5. John Wycliffe
– Akhir abad pertengahan, muncul pribadi-pribadi yang mencela doktrine dan pemerintahan gereja, antara lain John Wycliffe dan John Huss
– Wycliffe lahir Inggris 1320, Belajar di Oxford university dan menjadi profesor di sini.
– 1376 ia mencela Clergy (kekayaan dan kuasa politik menodai gereja sehingga perlu ada pembaharuan gereja kembali kepada kesederhanaan gereja perjanjinan baru, paus adalah anti Kristus, Alkitab satu-satunya aturan uman
– Alkitab waktu itu adalah Vulgate maka ia terjemahkan Alkitab k ebahasa Inggris, Ia juga menulis banyak buku.
– Pengikut Wycliffe menyebarkan ajaran -ajaran dan alkitab terjemahan baru ke seluruh Inggris
– Paus dan Clergy berusaha merusak usaha Wycliffe tapi banyak orang termasuk bangsawan-bangsawan yang kuat simpati reformator ini mereka lindungan Wycliffe.
– Ia mati 1384
– Pengikut-pengikutnya meneruskan ajarannya, mereka disebut Collards
– Permusuhan meningkat, Bishop-bishop berhasil mempengaruhi dikeluarkan ke UU menghukum bidat dengan api.
– Lollard mati sahid dibakar tapi tidak dapat dikilas habis
– Mereka masih tursisah sampai reformasi
6. John Huss
– Di Bohemia John Huss menerima ajaran Wycliffe
– Ia lahir kurang lebih 1369 dididik untuk keimamatan, Ia mejadi dekan fakultas Thology di universitas Progue yang kemudian menjadi rektor.
– Ia dengan semangat Khotbah tentang kejahatan Clergy
– Jauh sebelum Huss, Permusuhan terhadap RK di Bohemia
– Ia ajarkan ide-ide yang kemudian dianut oleh reformasi
1. RK terlalu banyak ajaran tentang nasib
2. Ia bedakan Being in the Church dan Being of the Church
- Seorang mungkin ada di gereja tetapi bukan anggota gereja yang sesungguhnya
3. Kristus saja kepala gereja Am
4. Paus dan Kardinal tidak penting dalam pemerintahan gereja
– Saat ini ada Great Schism, Paus di Avignon adalah John XXIII dan di Roma Gregory XII
– Saat ini paus John XXIII ditekan oleh raja Napler yang menyokong Gregory XII
– John janji indulgensia kepada yang mau menolongnya melawan raja Napler
– Sebelum ini Huss percaya benar indulgensia, Suatu saat ia berikan uangnya yang terakhir untuk 1 indulgensia, Keni ia mencela penjualan indulgensia sebagai praktek jahat dan keji yang berlawanan dengan Alkitab
– John mengekskomunikasi Huss, Huss anggap enteng.
– 1414 konsili umum di Constance inisyatif kaisar Sigismund untuk akhir Schisme, Ia undang Huss dengan janji perlindungan, Huss datang dan beberapa hari kemudian dipenjarahakan oleh paus John XIII dengan alasan bidat
– Orang-orang Bohemia dan kaisar Protes penangkapan ini, jawaban adalah penangkapan ini adalah sesuai kanon, aturan dari gereja, janji kepada bidat tidak perlu ditepati
– Ia meringkuk didalam penjara bawah tanah kurang lebih 8 bulan. Kemudian tanpa kesempatan bela diri ia dibawah ke katedral di Constance. Disini pada 6 July 1415 dihadapan bishop-bishop, kaisar ia dihina, dipakaikan pakaian imam, satu demi satu pakaian di tanggalkan diikuti dengan ucapan kutuk. sebuah topi kertas yang dilukisi dengan 3 roh jahat dilepaskan diatas kepalanya denga tulisan “Here is The Heresiarch”
– Ia kemudian dibawah ke gerbang kota. Timbunan kayu sula sudah siap, ia diikat pada tiang dengan tali yang direndam di air
– Api dinyalakan Huss mati sahid
– Perang salib dibentuk untuk lawan pengikut Huss, bertahun-tahun Bohemia porak-poranda oleh perang
– Semangat pembaharuan tetap hidup dan ketika pembaharuan mulai di Jerman, Perlawanan terhadap RK masih kuat di tanah air Huss.
7. Tiga konsili Umum
– Di Pisa tahun 1409
Constance 1414-1418
Basel 1431-1449
– Tujuan konsili ini
1. Menyembuhkan Great Schism
2. Membawa pembaharuan di Gereja
3. Menekan para bidat
– Ketika ini konsili-konsili tidak dapat dianggap salah dan merupakan penentu keputusan akhir
– Konsili Pisa tidak berhasil
– Konsili Constance 1, mengangkat Mathin V sabagai paus yang sah dan 2, berhasil menyembuhkan Schism 3, Selain membakar Huss, memerintahkan tulisan - tulisan wycliffe di bakar, tubuhnya digali dan dibakar
– Konsili Basel mengembalikan persatuan gereja di Bohemia. Pembantaian di Bohemia gagal menghentikan gerakan-gerakan pengikut Huss.
– Pada 1436 persetujuan di dapat dengan pengikut Huss:
1. Bebas berkhotbah
2. Baharui kehidupan Clergy
3. Isinkan umat-umat di Bohemia ambil bahagian bukan hanya roti tapi juga angggur perjamuan
4. Persamaan dengan yang di anggap bidat
5. Kesempatan istimewah bagi yang terang-terangan menentang gereja
6. Mengambil langkah titik pertemuan dengan utusan dari gereja timur untuk menyembuhkan schism 1054
– Utusan dari timur setuju dengan doctrine-doctrine gereja barat asal mereka ditolong dari serbuan islam Turki
– Ketika berita persetujuan ini tiba di Timur, terjadilah perlawanan pahit, Utusan-utusan di anggap bidat.
1453 Turki menguasai Konstantinopel
* kejatuhan Konstantinopel
* Pembantaian di gereja St. Sophia pada 1453
– Hal ini mengakhiri usaha-usaha untuk menyatukan Barat dan Timur
8. Renaissance (abad ke -15)
– Ketika Barbar Jerman kuasai bagian barat Katolik Roma peradaban Roma Greka di pijak-pijak. Tapi Barbar tidak kuasai Timur, makanya peradaban terpelihara di Timur (Bysantine Empire)
– Memang, soal mengajar ilmu juga ada di sana Charlemagne dan perang salib (ketika bawah peradaban dan ilmu ke Eropa barat)
– Tapi kebangunan learning yang sesungguhnya yang disebut The Renaissance muncul dalam cara sbb:
1. Perdangangan berkembang sesudah perang salib dan banyak kota terbentuk di Eropa
2. Dalam kesibukan kota- kota ini, muncullah orang -orang yang tertarik pada learning dan culture
3. Kaum kapitalist yang kaya mensponsori mereka
4. Peminat Learning ini berjasa menghidupakan k embali dokumen-dokumen lino berisi peradaban dan kebudayaan dunia Grika dan Romawi yang tidak di ketahui oleh orang-orang Zaman pertengahan.
– Kebangunan pengetahuan ini berakibat luas di Eropa.
- Bahasa Grika menjadi sasaran perhatian
- Menulis indah dalam bahasa Latin menjadi perhatian
– Publikasi tulisan-tulisan kuno dianggap amat penting masa itu.
* Di Italy, – orang-orang pada permulaan renaissance adalah bejat. Mereka menentang asceticism
* Ketika gerakan renaissances ke Eropa Utara, itu merobah tabiat.
- Orang-orang tertarik mempelajari bahasa Grika Perjanjian Baru & bahkan Ibrani
- Karya bapa-bapa gereja di etak dalam bentuk buku.
- Dengan cara ini orang lebih mudah menyelidik & berhasil
* Pengetahuan dari renaisace ini menjadi latar belakang penyebab para reformator membuktikan bahwa gereja telah menyimpang dari ajaran-ajaran asli bapa-bapa gereja.
* Banyak Paus pada bagian ke-2 abad 15 menyokong renaissance. Mereka siapkan biaya bagi pelajar-pelajar literature grika & Latin, arsitek, Seni Lukis dll.
* Adalah pada masa Paus-paus renaissance, Vatikan dibangun di Roma
Vatikan adalah wilayah tempat istana kedudukan Paus-paus. Dengan taman-taman yang indah, perpustakaan besar yang terkenal, ruang Chapel sistire, & gereja St. Peter yang luar biasa.
* Skolar grika & latin kuno ini ( yang tulisan-tulisan mereka sedang hangat-hangat dipelajari) adalah orang-orang kafir. Makanya dengan mempelajari tulisan mereka kekafiran dibangunkan. Paus zaman ini lebih tertarik pada bangunnya kekafiran daripada Kristen.
- Banyak Paus istimewa Alexander VI sangat jahat.
- Keraton-keraton mereka yang mewah, pusat-pusat literatur & arts, bangunan-bangunan besar - memakan biaya yang sangat besar.
- Karena ini mereka berusaha dengan berbagai cara untuk memperoleh emas mengalir kepada kepausan dari negara-negara di Eropa Barat.
- Karena Paus-paus ini jahat menyebabkan ketidakpuasan terhadap kepausan & gereja, khususnya di negara-negara sebelah utara Alpen.
* di Florence Italy, Imam Savanarola berkhotbah dengan berani menentang kejahatan zaman ini. Ia tidak menentang organisasi tapi hanya kejahatan moral.
- 1498 ia digantung & tubuhnya dibakar.
9. The Brethren of the Common life
– + di Belanda & German muncul usaha lain untuk mereform gereja. Gerakan ini disebut: The Brethren of the Common life
- Didirikan oleh Gerhard Groote. Ia berkhotbah & berhasil
- Mereka percaya pendidikan kristen
- Mereka ingin reform gereja dengan pendidikan Kristen
- Dari sekolah mereka muncul orag-orang yang berhasil menyebar luaskan ilmu & kesucian
- Luther pernah 1 tahun di sekolah mereka di Magdeburg
- 3 murid lagi dari mereka yang menjadi terkenal yaitu: John of Wessel, Erasmus, Thomas a kempis
– John Wessel 1445-1456 Prof. Erfurt University di German, yang 49 tahun kemudian luther mendapat degree MA dari Universitas ini.
– John Wessel dikenal sebagai “Light of the world”
- Melawan indulgecis
- Mengajar justification by faith alone. Ia berkata : Bagi yang anggap selamat oleh perbuatan, adalah sebenarnya tidak tau apat-apa tentang keselamatan
- Orang pilihan diselamatkan oleh rahmat
- Tidak percaya transubstantiation
– Ia diperlakukan heresy dihadapan bishop agung di Mainz
– Ia recanted tapi kemudian dipenjara & mati Okt. 1489
– Erasmus - Yang paling terkenal di Bretheren of Common life
- Hidup pada zaman Luther
- Menulis dengan tajam kejelekan-kejelekan gereja & Monk
- Tidak bergabung dengan reformasi Luther
Dikatakan : Erasmus menyiapkan telur, Luther yang mengerami.
– Thomas A kempis
- Tinggal di dekat kota Zwolle (Belanda)
- Menulis “the Imitation of Christ”
- Isinya: Bacaan devotion, mengajak baca alkitab & tinggalkan keduniaan
- satu dari buku yang terkenal
10. Ambang pintu reformasi
– Hirarki pimpinan gereja
– Priest - bishops - kardinal - Paus
– Mereka dianggap pemimpin gerejani dan pemimpin dunia beradab
– Mereka menganggap pengantara Allah & manusia / umat
- Diutus Allah untuk ditaati oleh umat
- Karenanya menganggap dapat merobah & menciptakan doktrin
- Muncullah tradisi-tradisi yang bertentangan dengan alkitab.
– Purgatory - trasubstantiation - Indulgencia - Paus pengganti Petrus
– Renaissance merobah semua ini.
- Bapa-bapa tidak ajarkan doktrin-doktrin ini
- Bahasa asli alkitab tidak ajarkan juga.
- Muncul pemimpin reformasi dari kalangan terpelajar
– Situasi sosial, Politik, intelek siap untuk berobah.
– Luther muncul dengan gerakan reformasi untuk menggoncang fondasi gereja.
No comments:
Post a Comment