Ads Google

Thursday, July 19, 2018

CERITA MISSION ANAK-ANAK SABAT KE-3 (TRIWULAN 3 - TAHUN 2018)


MENGHAFAL AYAT ALKITAB UNTUK KAKEK






CERITA MISSION ANAK-ANAK SABAT KE-3, 21 JULI 2018
Kuriyama Sota, 10 Tahun
          Sota adalah seorang anak laki-laki berusia 10 tahun dan tinggal di Jepang. Temukanlah Jepang di peta.
Sota senang bermain tarik tambang bersama temannya di sekolah. Setelah pulang sekolah, dia senang bermain bulutangkis. Tetapi yang paling dia senangi adalah menghafalkan ayat Alkitab. Dapatkah Anda menerka mengapa? (Nantikan jawaban anak-anak.)
Hal itu telah dimulai ketika kakek Sota jatuh sakit dan hampir mati. Sota dan keluarganya berdoa kepada Tuhan untuk menyembuhkan kakek setelah mengalami stroke, dan kakek akhirnya sembuh. Tetapi ia mengalami banyak masalah sehingga harus belajar berbicara lagi. Ketika ia mulai mencoba untuk berbicara, ia berbicara kurang jelas dan terbata-bata. Sangat sulit untuk dimengerti apa yang ia sementara bicarakan.
Nenek mendapat ide yang cemerlang. Dia berkata kepada kakek bahwa dia harus menghafal ayat hafalan dari Sekolah Sabat Dewasa. Tetapi kakek seorang yang keras kepala. Dia tidak mau menghafal karena pikirnya bahwa itu sangat sulit.
Jadi, ketika Sota datang berkunjung, nenek memanggilnya dan berkata:"Sota, mengapakah kau tidak menghafal ayat hafalan Sekolah Sabat Dewasa pelajaran minggu ini?"
Sota tidak yakin bahwa dia mampu melakukannya. Ayat hafalannya lebih panjang dibandingkan ayat hafalan yang ada pada Sekolah Sabat Anak-anak. Tetapi dia berkata: "Ini sangat menarik. Mengapakah saya tidak mencobanya?"
Nenek menulis ayat hafalan itu pada selembar kertas, dan Sota membawa kertas itu pulang ke rumah. Pada Sabat pagi, nenek bertanya kepada Sota apakah ia telah menghafalkan ayat hafalan itu. Sota menghafalkan ayat hafalan itu kepada neneknya dengan sempurna. Nenek merasa sangat bahagia! Kemudian nenek menguraikan ayat hafalan itu kepada Sota. Nenek juga telah menghafalkan ayat hafalan itu.
Nenek mengundang Sota untuk bergabung dalam kelompok diskusi Sekolah Sabat Dewasa bersama nenek dan kakek. Ketika acara Sekolah Sabat dimulai, pemimpin Sekolah Sabat bertanya siapa yang telah menghafalkan ayat hafalan. Sota mengangkat tangan, dan pemimpin Sekolah Sabat itu memberikannya mikrofon.
Semua orang dewasa terkejut mendengar Sota menghafalkan ayat hafalan. Kakek Sota juga terkejut, tetapi dia tidak mengatakan sepata kata pun.
Pada minggu berikutnya, Sota menghafalkan ayat hafalan yang lainnya. Pada acara Sekolah Sabat, pemimpin Sekolah Sabat menanyakan kembali siapa yang telah menghafal ayat hafalan, dan Sota kembali mengangkat tangannya. Tetapi bukan hanya dia saja yang mengangkat tangan. Kakek juga mengangkat tangan! Kakek merasa kagum karena Sota telah menghafal ayat hafalan yang terdapat dalam pelajaran Sekolah Sabat dewasa sehingga ia berusaha untuk menghafal juga.
Hal yang sama juga terjadi pada hari Sabat berikutnya dan seterusnya. Sota dan kakenya menghafal ayat hafalan, dan hal itu telah membuat ia lebih mudah untuk berbicara, dan kemampuan berbicaranya menjadi semakin baik.
Kakek masih belum bisa berbicara banyak atau secara sempurna. Dia tidak pernah mengatakan apa yang ia pikirkan tentang keputusan Sota untuk menghafal ayat hafalan. Tetapi nenek sangat bahagia—dan juga semua anggota jemaat! Semua orang dewasa ingin mendengar Sota menguraikan ayat hafalan setiap Sabat.
Semua keluarga pun merasa bahagia karena kakek sudah bisa berbicara lebih balk saat ini.
Dan itulah sebabnya Sota senang menghafalkan ayat hafalan lebih daripada bermain permainan kesukaanya yaitu tarik tambang dan bulutangkis. Dia lebih suka menghafal ayat Alkitab karena itu menolong kakeknya.
Ketika kita menolong seseorang, kita mengasihi orang itu— dan menunjukan kasih kita kepada Tuhan. Bagaimanakah kita dapat menolong orang lain? Salah satunya adalah melalui memberikan persembahan misi Anda supaya orang lain dapat belajar tentang Allah.
Oleh Andrew McChesney
Tontonlah Sota membaca Alkitab yang terdapat dalam 1 Petrus di link: bitly/memorizing-for-grandfather.






SEMOGA BERMANFAAT DAN SALING MENGUATKAN DALAM IMAN

No comments:

Post a Comment