Ads Google

Thursday, March 15, 2018

Sound Speech (Bunyi Suara)



(Ams 17:7)  Orang bebal tidak layak mengucapkan kata-kata yang bagus, apalagi orang mulia mengucapkan kata-kata dusta.

(Mal 3:16)  Beginilah berbicara satu sama lain orang-orang yang takut akan TUHAN: "TUHAN memperhatikan dan mendengarnya; sebuah kitab peringatan ditulis di hadapan-Nya bagi orang-orang yang takut akan TUHAN dan bagi orang-orang yang menghormati nama-Nya."

(Mat 12:37)  Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

(Tit 2:8)  sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.

Olokan dan gurauan yang tidak pantas

Ef 5:4” Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono--karena hal-hal ini tidak pantas--tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.”

Tabiat seseorang dapat diperkirakan dengan cukup tepat oleh kecenderungan percakapan mereka.. Mereka yang memperolok dan melucu dan bersenang-senang dalam percakapan yang murahan menempatkan dirinya pada tingkatan di mana Setan dapat mendapatkan jalan masuk kepada mereka.. Memperolok dan melucu mungkin menyenangkan sekelompok orang dengan pikiran murahan, namun pengaruh dari tingkah laku seperti ini merusak kerohanian. Saya berbicara kepada engkau sebagai golongan dan juga sebagai pribadi: Jagalah kata-katamu. Biarlah kesadaran dan ketenangan menandai percakapanmu. Janganlah menyia-nyiakan kemurnian dan kehormatan jiwamu oleh merendahkan diri pada pemanjaan dalam gurauan yang memuakkan, dan memelihara kebiasaan-kebiasaan percakapan sia-sia...
   Oh seandainya setiap orang muda kita menyadari jahatnya percakapan bodoh, dan memperbaiki kebiasaan mengatakan kata-kata sia-sia! Biarlah semua orang yang telah memanjakan diri dalam dosa ini menyesalinya, mengakuinya di hadapan Allah dan membuang jauh dariNya. Dalam mengatakan kata-kata bodoh engkau telah tidak menghormati nama Kristus; karena engkau telah menyalah gambarkan Dia dalam tabiat. Tidak ada tipu ditemukan dalam bibirnya, tidak ada dusta atau kepalsuan. Orang-orang yang digambarkan membentuk seratus empat puluh empat ribu, memiliki nama Bapa tertulis di dahi mereka, dan tentang mereka dikatakan: “Di dalam mulut mereka tidak terdapat dusta: karena mereka tanpa kesalahan di hadapan tahta Allah”. Why 14:5
(Our High Calling p.292.)

Menghindari Pertentangan dan Obrolan sia-sia

 2Tim 2:16 “Tetapi hindarilah omongan yang kosong dan yang tak suci yang hanya menambah kefasikan.”
Pekerjaan penyesatan Setan yang khusus telah menimbulkan pertentangan-pertentangan, sehingga menimbulkan kerja keras tentang kata-kata tanpa ada keuntungan. Ia tahu dengan baik bahwa ini akan memenuhi pikiran dan waktu. Ini membangkitkan penyerangan, dan memadamkan roh keteguhan di dalam pikiran banyak orang, menarik mereka kepada bermacam-macam pendapat, tuduhan, dan prasangka yang menutup pintu pada kebenaran.
Ini adalah akibat pada zaman Paulus dan kita melihat bahwa efek yang sama itu telah terjadi di zaman kita sendiri. Itu mengguncang keyakinan mereka yang telah setengah diyakinkan, dan itu memalingkan orang lain yang menunggu beberapa alasan untuk menolak kebenaran. Semakin sedikit seorang pengkhotbah menggandakan kata-kata mereka sendiri,akan semakin terang dan jelas penyampaian yang hidup tentang Allah. Biarlah kata-katamu sedikit. Biarkan Tuhan berbicara. Biarlah kesederhanaan  “Demikianlah kata Tuhan ” menyudahi semua pertentangan.
( RH, September 11, 1888 par.7)

Percakapan Saleh

Kol 4:6 Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

FLB, p. 236.   "Bagaimanakah itu terjadi, bahwa banyak orang Yang mengaku pengikut Kristus mengucapkan terlalu banyak kata-kata yang sia-sia dan bodoh? Setan bersiaga untuk mendapatkan keuntungan atas mereka yang berbicara  dalam cara  yang sembrono... Jika kita mengungkapkan kata-kata yang tidak berarti dan bodoh, kita mendorong orang lain untuk memelihara jenis percakapan yang sama.. Satu-satunya kata-kata yang harus keluar dari bibir kita seharusnya adalah kata-kata yang murni dan bersih. Tidak seorangpun dapat memberitahu betapa banyak dosa yang telah tercipta oleh kata-kata yang sembrono, bodoh dan tidak berarti.
Tiap kata yang engkau katakan adalah sebuah benih yang akan bertunas dan menghasilkan buah entah itu baik atau buruk.

Apabila dalam suatu perhimpunan mereka yang memanjakan percakapan bodoh, adalah tugasmu untuk mengubah subyek pembicaraan sedapat mungkin. Oleh pertolongan kasih karunia Allah kita harus dengan kata-kata tenang menghentikannya  atau memperkenalkan sebuah pokok pembicaraan yang dapat mengembalikan percakapan itu kepada saluran menguntungkan.
Ia (Allah) rindu agar kita tetap bersukaria, tetapi bukan menjadi sia-sia. Ia berkata kepada masing-masing kita, " Tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu," 1 Petrus 1:15. Allah ingin kita berbahagia. Ia rindu meletakkan sebuah lagu baru di atas bibir kita. bahkan pujian bagi Allah kita ...

Kita menderita banyak kerugian oleh tidak membicarakan lebih banyak tentang Yesus dan sorga, warisan orang-orang saleh. Semakin sering kita memikir-mikirkan perkara-perkara sorga, semakin banyak kesenangan baru kita akan lihat, dan hati kita akan semakin penuh dengan ucapan terima kasih terhadap Khalik kita yang penuh belaskasihan . "(Youth Instructor, 27 Juni 1895 par.2.

Mencari kesalahan

Saya telah secara khusus diperintahkan akan bahayanya memecah belah, akan perkataan jahat dan perbantahan.. Waktu yang berharga yang seharusnya digunakan untuk membicarakan kuasa Sang Juruselamat untuk menyelamatkan, telah digunakan oleh banyak orang untuk membawa laporan-laporan kejahatan. Kecuali mereka membuat perubahan yang tetap mereka akan didapati kekurangan. Kecuali mereka memiliki perubahan karakter yang sepenuhnya, mereka tidak akan pernah masuk sorga. Pekerjaan yang mendalam dan teliti perlu dilakukan di dalam hati mereka yang mengaku sebagai anak Allah. Sampai mereka menyatakan iman yang bekerja oleh kasih dan memurnikan jiwa, sangat sedikit pekerjaan yang sejati bagi Allah akan dilakukan di dunia..
    Biarlah semua orang menanggung pekerjaan yang telah diberikan kepada mereka—pekerjaan menyelamatkan jiwa. Janganlah mereka berpikir bahwa ke atas mereka telah diletakkan beban untuk mengawasi dan mengkritik pekerjaan orang lain. Mereka yang meletakkan segenap jiwa mereka pada pekerjaan yang Tuhan berikan kepada mereka tidak akan memiliki waktu untuk mengkritik usaha-usaha sesama mereka, tidak ada waktu untuk melemahkan tangan-tangan mereka yang menegangkan setiap syaraf dan otot mereka untuk memajukan pekerjaan.
   Janganlah laki-laki dan perempuan merasa bahwa mereka telah ditunjuk untuk membawa laporan-laporan jahat dari gereja ke gereja dan dari daerah ke daerah. Saya telah didukakan melampaui ukuran melihat betapa mudahnya bagi tiap-tiap orang untuk menggunakan waktu yang berharga dalam pekerjaan jahat ini. Pengumandangan pekabaran malaikat pertama, kedua dan ketiga adalah beban kita sekarang ini. Mereka yang menggunakan waktu mereka dengan berpikir dan mengatakan yang jahat sedang membawa kepada pondasi mereka, bahan yang digambarkan sebagai jerami, kayu, tunggul yang akan dihabiskan oleh api pada hari terakhir. Mereka akan melihat suatu hari bahwa waktu mereka telah digunakan dalam melemahkan gereja-gereja, institusi-institusi, dan daerah-daerah.
    Tuhan membenci pekerjaan semacam ini, ia akan membuat perhitungan pada semua yang ikut serta di dalamnya. Biarlah mereka yang takut akan Allah dan takut akan firmanNya , meletakkan penjagaan di bibir mereka. Biarlah mereka berketetapan untuk tidak mengatakan kata-kata yang akan melukai pekerjaan Allah, atau memberikan gambaran yang salah tentang pekerjaan yang telah banyak dilakukan oleh institusi-institusiNya. Biarlah mereka berhati-hati untuk tidak mengatakan kata-kata yang akan menjadi pencobaan bagi orang lain untuk menahan keyakinan dan kata-kata yang menguatkan yang seharusnya diberikan kepada mereka yang dicobai dengan berat, dan mereka yang mungkin bekerja lebih awal dan selesai paling akhir untuk memenuhi panggilan-panggilan tugas yang banyak, sehingga nampaknya pikiran dan tubuh akan memberikan jalan dibawah ketegangan.
    Kata-kata kecurigaan dan tidak percaya seperti bunga Thistle-Down yang dibawa oleh angin, menyebar luas dan tidak dapat dipanggil kembali. Perkataan yang tidak seperti Kristus meletakkan pada dasar sembilan dari sepuluh dari kesulitan kesulitan yang ada di gereja. Agen-agen setan dengan giat mencoba untuk mendapatkan orang-orang yang menyatakan dirinya Kristen untuk berkata-kata tanpa pertimbangan. Ketika mereka berhasil, Setan bersukaria, karena pengikut-pengikut Allah telah melukai pengaruh mereka. Kita tidak memiliki waktu di masa-masa yang khidmat ini untuk menentang satu sama lain. Mereka yang memberikan jalan bagi pikiran jahat dan perkataan jahat tidak menyadari betapa banyak kali mereka menyebabkan orang lain hilang. Pelayan-pelayan Allah telah dipanggil untuk menyelesaikan kesulitan-kesulitan antara saudara dan saudara, dan waktu yang telah digunakan dengan cara ini yang adalah milik jiwa-jiwa, siap untuk binasa, waktu yang seharusnya dicurahkan untuk memenuhi tugas injil. (RH, Nov 24, 1904)


Additional:
Sifat tidak bertarak menjadi dasar segala kejahatan di dalam dunia kita.”Pertarakan, 147

Gosip dan omong kosong yang tidak pantas
Tertawa terpingkal-pingkal, gurauan, lelucon, memuakkan jiwa yang mendapat makanan pada Kristus. Percakapan yang murah dan bodoh itu menyakitkan bagi-Nya. Dengan rendah hati mari kita membaca dengan seksama 1 Petrus 1:13-18. Mereka yang senang berbicara harus melihat apakah kata-kata mereka dipilih dengan baik. Berhati-hatilah bagaimana Anda berbicara. Berhati-hatilah bagaimana Anda mewakili agama yang Anda terima. Anda mungkin merasa tidaklah dosa berbicara gosip dan omong kosong, tapi ini mendukakan Juruselamat Anda, dan membuat sedih para malaikat surgawi.{Fundamentals of Education, 457}

Percakapan yang sia-sia
 Mendengarkan percakapan sia-sia dan sembrono; mendengar tertawa, bergurau, bercanda. Apakah ini meniru Teladan itu? Masih mendengarkan – Apakah Yesus disebutkan? Apakah kebenaran menjadi tema pembicaraan? Apakah yang berbicara dimuliakan dalam salib Kristus?{1T 505}

Berbicara yang dibesar-besarkan
Pikiran kita menghasilkan kata-kata kita dan kata-kata kita bereaksi atas pikiran kita. Jika seseorang membentuk kebiasaan menggunakan kata-kata sakral dan hormat, dia akan membentuk kebiasaan kehati-hatian dalam berbicara, mengetahui bahwa ada Saksi dari setiap kata yang diucapkan. Ketika perasaan menjadi gembira dan pembicaraan menjadi berlebihan, modus berbicara selalu ekstrim. Ini bertindak dan bereaksi atas diri kita.{TMK 137}

Firman Allah juga mempersalahkan penggunaan frase yang tidak bermakna dan kata-kata kasar yang berbatasan dengan kata-kata kotor. Ini mempersalahkan pujian yang pura-pura, kebenaran yang dipelesetkan, membesar-besarkan, salah pengertian dalam perdagangan, yang saat ini biasa dalam masyarakat dan dalam dunia bisnis.{Education 236}

Erat berhubungan dengan gosip adalah sindiran terselubung, sindiran licik, dengan mana hati yang tidak bersih berusaha untuk menyindir kejahatan namun tidak berani secara terbuka mengungkapkannya. Setiap pendekatan praktek-praktek ini, orang muda harus diajarkan untuk menghindarinya sebagaimana mereka menghindari kusta. {Ed 236,3}

Mari kita memperhatikan cara-cara kita, agar kita tidak melawan Tuhan dengan bibir kita. {5T 490}
Yesus tidak menekan satu kata kebenaran, tetapi Dia mengucapkan selalu dalam kasih. Dia mempraktikkan kebijaksanaan terbesar dan penuh perhatian dalam pergaulan-Nya dengan orang-orang. Dia tidak pernah kasar, tidak pernah mengucapkan kata yang sia-sia, tidak pernah menyakiti jiwa yang peka dengan kesusahan yang sia-sia. Dia tidak mengecam kelemahan manusia. Dia berbicara kebenaran, tapi selalu dalam kasih.{SC 12}

Kata-kata yang Lembut dan Menenangkan
 Ketika jiwa yang miskin, terluka datang kepada Anda untuk kata-kata pengharapan, Anda harus memberikan kepada mereka kata-kata Kristus. Apakah Anda menolak untuk memberi mereka kata-kata yang menyenangkan, sopan, dan yang baik? Mereka yang berbicara sebagaimana Kristus berbicara tidak akan menanam kata-kata pahit seperti panah berduri dalam jiwa terluka. "Tuhan mendengarkan permintaan." Apakah Anda ingat bahwa Tuhan mendengar kata-kata kita ketika kita berbicara? {RH, May 26, 1896}

Bekerja dengan perhatian, penuh kasih, sabar, untuk semua dengan siapa Anda dibawa dalam satu hubungan. Jangan tunjukkan ketidaksabaran. Jangan menyampaikan satupun kata kasar. Biarkan kasih Kristus dalam hati Anda, hukum kebaikan di bibir Anda.{Welfare Ministry 76}

Kata-kata baik adalah sebagai pancuran embun dan lembut untuk jiwa. Alkitab mengatakan bahwa kasih karunia Kristus telah dituangkan ke dalam bibir-Nya, supaya Ia "tahu bagaimana untuk berbicara manakala Dia sangat lelah." Dan Tuhan meminta kita, "Biarkan kata-katamu selalu diucapkan dengan penuh kasih," “agar itu membawa kasih karunia kepada pendengarnya.”{AH 435}

Setiap kata dan tindakan harus cenderung untuk meningkatkan, memperbaiki, dan memuliakan karakter.{5T 593,2}

Setiap janji dalam Firman Tuhan adalah milik kita. “Dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah” kita hidup. Ketika diserang oleh pencobaan, marilah kita tidak melihat pada keadaan di sekitar kita atau kelemahan di dalam diri kita, tapi pandanglah kepada kuasa dari Firman itu. Semua kekuatan yang ada di dalamnya adalah milik Anda.{DA 123}

Ketika tanpa sadar kita berada dalam bahaya menggunakan pengaruh yang salah, malaikat-malaikat akan berdiri di samping kita, menuntun kita pada jalan yang lebih baik, memilihkan kata-kata bagi kita, dan mempengaruhi tindakan kita.{COL 341}

(Mat 15:18)  Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.

(Amsal 10:19)   Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.
(Ibr 1:3)    Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, 

(1Pet 2:22)   Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya.

(Mzm 141:3)  Awasilah mulutku, ya TUHAN, berjagalah pada pintu bibirku!

(
Mazmur 120:2)   "Ya TUHAN, lepaskanlah aku dari pada bibir dusta, dari pada lidah penipu."

(
Mat 12:36)  Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus   dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

(
Mat 12:37)  Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

(Mat 5:37)  Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

(K
ol 3:8)  Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu.

(Maz
19:15)   Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

(Y
oh 6:63)   Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.






No comments:

Post a Comment