Ads Google

Saturday, March 3, 2018

Penginjilan & Memenangkan Jiwa Bagian 4


Bekerja sama dengan Kristus


Bagaimana kita bisa bekerja sama dengan Roh Allah untuk membangunkan kebutuhan, dan dengan demikian keinginan untuk hal-hal rohani?
1.       Berdoalah - untuk kebijaksanaan agar dapat melihat di bawah permukaan dan untuk Allah bekerja dalam kehidupan mereka yang tidak mengenal Dia.
2.       Bekerja Dengan Tuhan - selaras dengan apa yang Tuhan lakukan untuk membangkitkan minat spiritual   1 Mind Character and Personality, hal. 347.  "Allah memimpin umat-Nya pada, langkah demi langkah. Dia membawa mereka ke posisi yang perhitungkan akan mengungkapkan motif hati. "
a.        Tuhan seringkali mengijinkan krisis untuk mengungkapkan hati
    1. Kehilangan segalanya - ketika orang kehilangan sesuatu yang berharga mereka sering berbalik kepada Allah
    2. Mendapatkan segala sesuatu - ketika orang mencapai segala sesuatu yang mereka sering bertanya "apakah ada sesuatu yang lebih"
Signs of the Times, 1 Agustus 1895 par. 13."Ketika hati penuh dengan kemandirian, dan sibuk dengan hal-hal dangkal di bumi, Tuhan Yesus menegur dan menghajar agar manusia terjaga menyadari kondisi mereka yang sebenarnya." 
Review and Herald, 3 Agustus 1905.   "Banyak telah kehilangan rasa realitas kekekalan, kehilangan gambaran tentang Allah, dan mereka hampir tidak tahu apakah mereka memiliki jiwa untuk diselamatkan atau tidak. Mereka tidak memiliki iman kepada Allah atau keyakinan manusia. Ketika mereka melihat seseorang tanpa suatu bujukan dan pujian duniawi atau kompensasi datang ke dalam rumah mereka yang buruk, melayani orang sakit, memberi makanan yang lapar, memberi pakaian yang telanjang, dan lembut menunjuk semua kepada-Nya yang penuh cinta dan kasih, pekerja manusia hanyalah utusan, saat mereka melihat ini, hati mereka tersentuh. Rasa syukur tumbuh, Iman dinyalakan. Mereka melihat bahwa Tuhan peduli untuk mereka, dan mereka siap untuk mendengarkan saat Firman-Nya dibuka.  
Sebagai anak-anak Allah mengabdikan diri untuk pekerjaan ini, banyak orang akan berbaring memegang tangan terulur untuk menyelamatkan mereka. Mereka didesak untuk berbalik dari jalan mereka yang jahat. Beberapa yang diselamatkan, karena iman dalam Kristus, naik ke tempat pelayanan yang tinggi, dan dipercayakan dengan tanggung jawab dalam pekerjaan penyelamatan jiwa. Mereka tahu dari pengalaman kebutuhan dari mereka yang mereka layani; dan mereka tahu bagaimana untuk membantu mereka, mereka tahu apa yang terbaik yang dapat digunakan untuk memulihkan yang akan binasa itu. Mereka penuh dengan rasa syukur kepada Tuhan atas berkat-berkat yang diperolehnya; hati mereka dipenuhi oleh cinta, dan energi mereka diperkuat untuk mengangkat orang lain yang tidak pernah bisa bangkit tanpa bantuan ".
Evangelism, hal. 517.1,2 "Dunia harus memiliki penangkal untuk dosa.Sebagai misionaris medis bekerja cerdas untuk meringankan penderitaan dan menyelamatkan kehidupan, hati dilunakan. Mereka yang membantu dipenuhi dengan rasa syukur.
     Saat misionaris medis bekerja pada tubuh, Tuhan bekerja di hati. Kata-kata menghibur yang diucapkan adalah balsem menyejukkan, membawa jaminan dan kepercayaan. Seringkali operator yang terampil akan memiliki kesempatan untuk menceritakan tentang karya yang Kristus lakukan ketika Dia di bumi ini. Menceritakan kepada yang menderita tentang kisah kasih Allah. "

Evangelism, hal434.   "Terang, cahaya dari Firman Allah, - ini adalah apa yang orang butuhkan. Jika guru Firman bersedia, Tuhan akan memimpin mereka ke dalam hubungan yang erat dengan orang lain. Dia akan membimbing mereka ke rumah mereka yang membutuhkan dan menginginkan kebenaran, dan sebagai hamba Allah terlibat dalam pekerjaan mencari domba yang hilang, kerohanian dan energi mereka akan dibangunkan. Mengetahui bahwa mereka berada di dalam keselarasan dengan Tuhan, mereka merasa gembira dan bahagia. Di bawah bimbingan Roh Kudus, mereka mendapatkan sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi mereka. Kuasa intelektual dan moral mereka mencapai pembangunan tertinggi mereka, karena kasih karunia diberikan sebagai jawaban doa". 

3.   Gantikan Setiap Pembicaraan kepada Hal Rohani - mencari cara untuk menghubungkan apa yang mereka katakan dengan topik rohani yang terkait, menenun hal spiritualitas melalui apa yang Anda katakan, terutama topik yang terkait dengan kebutuhan kita akan Allah.
Evangelism, hal. 436.  "Dengan menjadi mahluk sosial dan datang mendekat kepada orang-orang, anda dapat mengubah pikiran mereka dibandingkan cara apapun yang ampuh."
Evangelism, hal. 139.  "Yesus menemukan jalan menuju pikiran melalui jalur pergaulan mereka yang paling dikenal. Dia menganggu sedikit demi sedikit kereta pemikiran biasa mereka, dengan tindakan tiba-tiba atau peraturan yang ditentukan. Dia dihormati manusia dengan kepercayaan diri-Nya, dan dengan demikian menempatkan dia pada tempatNya yang terhormat. Dia memperkenalkan kebenaran lama dengan cara baru dan berharga "
a.     Mulailah dengan hal-hal yang biasa, kemudian pindah ke hal spiritual
b.  Perpindahan percakapan dari percakapan santai (kenyamanan fisik) dengan kebutuhan penting (hubungan) dengan kebutuhan krusial (spiritual)
i.   Pindah dari air ke air hidup (Yohanes 4)
ii.  Pernikahan yang Kosong kepada perjalanan dengan Allah
iii. Keinginan untuk keluarga kepada keinginan untuk persekutuan dengan Allah
iv.           Karir yang kosong kepada kekosongan hidup ini
v.  Penyakit Fisik dan menyembuhkan penyakit dosa dan kesembuhan (Matius 9)

4.  Lihat lebih dalam - cara untuk mengarahkan pembicaraan ke tingkat yang lebih rohani.
a.  Pikirkan di mana sebagian besar percakapan anda fokus:
i.   Kata-kata klise
ii.  Fakta-fakta
iii. Pendapat-pendapat
iv. Perasaan-perasaan
v.  Kebutuhan-kebutuhan (hati)
b.  Pergi lebih dalam, pindah ke percakapan hati !
Evangelism, hal. 436.  "Keberhasilan Anda tidak akan sangat tergantung pada pengetahuan dan prestasi anda, seperti pada kemampuan anda untuk mencari jalan ke hati."

5.  Gunakan Pihak Ketiga - ketika anda mulai melihat kebutuhan rohani, hati-hati tentang mengekspos atau membuat orang merasa terserang.  Berbagi pengalaman anda sendiri, orang lain, atau cerita Alkitab yang akan membawa kebutuhan dan perasaan anda ingin seseorang rasakan.  Dengan cara ini, mereka dapat terbuka tanpa merasa terkena tekanan sebelum waktunya.
a.  Perhatikan contoh nabi Natan ketika berbicara dengan raja Daud
i.   2 Samuel 12:1-9
ii.  Mazmur 51
b. Perhatikan contoh dari Yesus
i.   Ketika ia mengajar dalam perumpamaan.
ii.  Ketika ia bekerja dengan Yudas. 
Desire of Ages, hal 645.   "Murid-murid tidak tahu apa-apa tujuan Yudas. Yesus saja bisa membaca rahasianya. Namun Dia tidak mengekspos dirinya. Yesus lapar atas jiwanya. Perasaannya bagi Yudas sama seperti bebannya bagi Yerusalem ketika Ia menangisi kota terkutuk. Hatinya menangis, Bagaimana saya bisa melepaskan kamu? "
       DORONGLAH, dengan lembut!

6.  Tekan-Lepaskan-Lebih Tekan
Christ Object Lessons, hal. 235,3  “Juruselamat berkata, 'Lihat, Aku berdiri di pintu, dan mengetuk, jikalau ada orang yang mendengarkan suara-Ku, dan membuka pintu, Aku akan datang kepadanya, dan akan tinggal di dalam dia, dan ia dengan Aku"Wahyu 3:20. Dia tidak jijik oleh cemoohan atau menyimpang dengan mengancam, tapi terus berusaha mencari yang hilang, Ia berkata, 'Bagaimana aku dapat melupakanmu? " Hosea 11:8. Meskipun kasih-Nya didorong kembali oleh hati yang keras kepala, Dia kembali memohon dengan kekuatan yang lebih besar, 'Lihat, Aku berdiri di pintu, dan mengetuk". Kekuatan kasih-Nya yang memenangkan memaksa jiwa untuk masuk. Dan kepada Kristus mereka berkata, 'Maha kelembutan-Mu membuat aku menjadi besar. " Ps. 18:35.
"Kristus akan memberikan kepada para utusan-Nya kasih kerinduan yang sama yang Ia sendiri miliki dalam mencari yang hilang. Kita tidak hanya mengatakan, 'Mari". Ada orang yang mendengar panggilan, tetapi telinga mereka terlalu bebal untuk mengambil maknanya. Mata mereka terlalu buta untuk melihat sesuatu yang baik untuk mereka. Banyak yang menyadari penurunan kualitas hidup mereka. Mereka mengatakan, aku tidak layak untuk dibantu, tinggalkan aku sendiri. Tetapi para pekerja tidak boleh berhenti. Dalam kelemahlembutan, cinta kasih, merebut orang-orang yang putus asa dan tak berdaya tersebut. Beri mereka keberanian anda, harapan anda, kekuatan anda. Dengan kebaikan mendorong mereka untuk datang. 'Tetapi tunjukanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu, selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. " Yudas 22, 23.

7.   Follow Up Dengan Pelajaran Alkitab - yang berkaitan dengan kebutuhan rohani dari orang dengan siapa anda bekerja.
a.  Buku & Literatur
b.  Video atau audio
c.  Dalam pelajaran Alkitab dirumah (ada banyak panduan belajar yang baik yang tersedia saat ini)



No comments:

Post a Comment