Ads Google

Saturday, March 3, 2018

Penginjilan & Memenangkan Jiwa Bagian 3


MENJANGKAU HATI
Tuhan Menginginkan Hati
Ulangan 5:29.   "Kiranya hati mereka selalu begitu, yakni takut akan Daku dan berpegang pada segala perintah-Ku, supaya baik keadaan mereka dan anak-anak mereka untuk selama-lamanya!"

Amsal 23:26.   "Anakku, berikanlah hatimu kepadaku, biarlah matamu senang dengan jalan-jalanku"

Apa yang Yesus Lihat di Hati Kita?
Review & Herald, 17 November 1885.   "Di luar semua terlihat sukacita, tetapi di mata Yesus, yang mengamati kerumunan dengan lembut dan kasih sayang, melihat jiwa yang kering, dan haus akan air kehidupan." 

Review & Herald, 28 Februari 1882.   "Semua berkat-berkat yang dunia dapat berikan gagal untuk memenuhi keinginan jiwa.  Ada kerinduan yang tak bernama untuk sesuatu yang mereka tidak miliki, kedamaian dan istirahat yang tidak lahir dari bumi .... Kristus saja yang dapat memuaskan rasa ingin sesuatu di dalam jiwa manusia. " 

Ada kebutuhan rohani bagi Allah di sisi dalam, bahkan di bawah permukaan ketidak-pedulian atau permusuhan.

Metode Yesus dalam Menjangkau Hati


The Desire of Ages, hal. 151.   "Yesus melihat dalam setiap jiwa seseorang kepada siapa harus diberi panggilan untuk kerajaan-Nya. Dia mencapai hati orang-orang dengan pergi di antara mereka sebagai orang baik yang diinginkan mereka. " 

Signs of the Times, 21 Oktober 1897.   "Itu adalah kelembutan Juruselamat kami, sikap polos-nya, sikap sederhananya, yang membuatnya menjadi penakluk hati."

Counsels on Sabbath School, hal. 73.   "Dalam semua ajaran yang benar elemen pribadi sangat penting. Kristus dalam ajaran-Nya memperlakukan manusia secara pribadi (seperti Nikodemus dan perempuan di sumur Sikhar). . . Bahkan orang banyak yang begitu sering memadati langkah Nya Kristus bukanlah kumpulan manusia yang sembarangan. Dia berbicara langsung ke pikiran setiap dan memanggil setiap hati. " 

Thoughts from the Mount of Blessing, hal. 129.  " Juruselamat tidak pernah melewati satu jiwa, sekalipun dia sedang tenggelam dalam dosa, yang bersedia menerima kebenaran-kebenaran berharga dari surga. Untuk pemungut cukai dan pelacur kata-kataNya adalah awal kehidupan baru. Maria Magdalena, yang darinya Yesus mengusir tujuh setan, adalah yang terakhir di makam Juruselamat dan yang pertama menyambut Dia di pagi hari kebangkitan-Nya. Saat itu Saulus dari Tarsus, salah satu musuh paling utama dari Injil, yang menjadi Paulus pelayan setia Kristus. Di balik penampilan kebencian dan penghinaan, bahkan di bawah kejahatan dan degradasi, mungkin tersembunyi jiwa yang oleh kasih karunia Kristus akan diselamatkan dan bersinar sebagai permata di mahkota Penebus. 

Ministry of Healing, hal. 143.  "Metode Kristus sajalah yang akan memberi keberhasilan sejati dalam menjangkau manusia. Juruselamat berbaur dengan manusia sebagai orang yang menginginkan kebaikan mereka. Dia menunjukkan simpati-Nya untuk mereka, melayani kebutuhan mereka, dan memenangkan kepercayaan mereka. Lalu Ia memerintahkan mereka: "Ikutlah Aku. '"


Persamaan untuk sukses:

Bergaul + Keinginan Baik + Simpati + Pelayanan = Keyakinan Dimenangkan

Setelah kami telah memenangkan kepercayaan seseorang kita memiliki kewajiban untuk mengundang mereka untuk mengikuti Yesus!

Apa yang keperluan yang Yesus penuhi dalam pelayanannya?
1. Fisik - untuk penyembuhan dan kenyamanan
2. Emosional - untuk simpati dan pengertian
3. Mental - untuk kebenaran & pengetahuan
4. Rohani - untuk koneksi dekat dengan Allah


Bukan Pekerjaan Luar Semata

Keinginan Yesus bukan hanya PERUBAHAN LUAR dalam perilaku seseorang - ia ingin PERUBAHAN HATI.

Christ Object Lessons, hal. 97.  "Sebagai ragi, ketika berbaur dengan makanan, bekerja dari dalam ke luar, sehingga oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh hati kasih karunia Tuhan bekerja untuk mengubah hidup. BUKAN HANYA PERUBAHAN LUAR SAJA YANG CUKUP UNTUK MENJADIKAN KITA HARMONIS DENGAN TUHAN. Ada banyak orang yang mencoba untuk mereformasi dengan memperbaiki kebiasaan buruk ini atau itu, dan mereka berharap dengan cara ini untuk menjadi orang Kristen, tetapi mereka mulai di tempat yang salah. Pekerjaan pertama kita adalah di dalam hati."

Education, hal. 41.  "Pendidikan sejati bukanlah memaksakan perintah pada pikiran yang tidak siap dan menutup diri. Kekuatan mental harus terbangun, ketertarikan tergugah. Untuk ini, metode pengajaran Tuhan tersedia. "


Kebutuhan Yang Terdalam Manusia


1.  Harus ada rasa perlunya Allah sebelum ada ketertarikan tentang Tuhan dan hal-hal rohani.

Signs of the Times, 1 Agustus 1895 par.13. "Sebelum ada keinginan yang kuat untuk kekayaan yang terkandung di dalam Kristus, yang tersedia untuk semua yang merasakan kemiskinan mereka, harus ada rasa membutuhkan." 

2.  Banyak merasa perlu untuk sesuatu, tetapi mereka tidak tahu itu adalah kebutuhan akan Tuhan.

Review & Herald, 28 Februari 1882.   "Massa yang besar umat manusia yang asyik dalam hal-hal dari kehidupan ini, dan kebenaran ilahi tidak dapat menemukan tempat tinggal di dalam hati mereka. Namun semua berkat yang dunia dapat memberikan gagal untuk memenuhi keinginan jiwa. Ada kerinduan tanpa nama untuk sesuatu yang mereka tidak miliki, perdamaian dan istirahat yang tidak lahir dari bumi. "

3.   Allah berusaha untuk membawa orang ke tempat di mana mereka akan mengakui kebutuhan mereka untuk      
      Allah sehingga mereka akan mencari Dia.

Steps to Christ, hal. 28.  "Pikiran Ilahi yang sama yang bekerja pada hal-hal alam berbicara kepada hati manusia dan menciptakan keinginan yang tak terkatakan untuk sesuatu yang mereka belum miliki. Hal-hal yang dunia tidak bisa memuaskan kerinduan mereka. Roh Allah menuntun mereka untuk mencari hal-hal yang dapat memberikan kedamaian dan ketenangan - kasih karunia Kristus, sukacita kekudusan. Melalui pengaruh yang terlihat dan tak terlihat, Juruselamat kita terus-menerus bekerja untuk menarik pikiran manusia dari dosa tidak memuaskan kesenangan untuk berkat-berkat tak terbatas yang mungkin menjadi milik mereka di dalam Dia.  Kepada semua jiwa-jiwa ini, yang sia-sia berusaha untuk minum dari sumur yang rusak dunia ini, pesan Ilahi ditujukan, 'Biarkan dia yang haus datang. Dan setiap orang mau, biarkan dia mengambil air kehidupan dengan bebas. ' Wahyu 22:17.  Anda yang dalam hati telah menunggu lama untuk sesuatu yang lebih baik yang dunia dapat memberikan, mengakui kerinduan ini sebagai suara Allah untuk jiwa Anda. " 

4.   Yesus berempati dengan umat manusia.
      Empati - "kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain."New Oxford Dictionary Amerika.
PH 123, Testimony to the Church at Battle Creek, hal 11,12.  "Kristus mengenal kebutuhan umat-Nya. Kebutuhan dan penderitaan mereka itu miliknya. Dia mengatakan, "Sewaktu Aku lapar dan kamu memberi Aku makanan, sewaktu Aku haus, kamu memberi Aku minum; sewaktu Aku sakit dan kamu mengunjungi Aku, sewaktu Aku orang asing, dan kamu membawa Aku masuk; telanjang, dan kamu memberikan saya pakaian; Sewaktu Aku di dalam penjara, dan kamu datang kepada-Ku. "

5.   Yesus menggunakan setiap kesempatan untuk menjangkau hati
Christ Object Lessons, hal. 21.   "Yesus mencari jalan untuk mencapai setiap hati. Dengan menggunakan berbagai ilustrasi, Dia tidak hanya menyajikan kebenaran dalam tahapan yang berbeda, tetapi memanggil pendengar-pendengar yang berbeda. Ketertarikan mereka terangsang oleh tokoh-tokoh yang diambil dari lingkungan kehidupan sehari-hari. Tidak ada yang mendengarkan Juruselamat merasakan bahwa mereka diabaikan atau dilupakan. Orang yang paling rendah hati, yang paling berdosa, mendengar dalam ajaran-Nya dengan suara yang berbicara kepada mereka dalam simpati dan kelembutan. "

 

No comments:

Post a Comment