Ads Google

Saturday, March 3, 2018

Penginjilan & Memenangkan Jiwa Bagian 5


Memimpin Orang Kepada Kristus


Pengaruh Lingkaran Pertemanan untuk Mengajak Belajar Alkitab

(Diambil dari WinSome Witnessing oleh Gary Gibbs)

Setiap orang memiliki lingkaran orang yang mereka pengaruhi.  Lingkaran ini termasuk keluarga, teman, tetangga, rekan kerja, dan kenalan santai.  Allah telah menyediakan hubungan ini bagi tujuan - agar kita dapat menjadi pengaruh yang memenangkan.  Berikut ini adalah pendekatan sederhana untuk membantu Anda memimpin mereka kepada Kristus melalui studi Alkitab.  Hafalkan salah satu kalimat pendek serta dapat disesuaikan agar sesuai dengan situasi khusus anda. Hal ini dapat sangat berguna pada program jangkauan keluar kesehatan, seperti pameran kesehatan.

1."Saya baru saja menemukan beberapa panduan belajar Alkitab yang menarik yang anda mungkin akan tertarik  Mereka mencakup nubuatan Alkitab dan topik menarik lainnya.  Aku ingin melakukannya sendiri, tetapi berharap untuk menemukan seseorang untuk berbagi dengannya.  Saya ingin memberikan beberapa pelajaran bilamana hal tersebut terdengar menarik untuk anda." (Tunjukkan materi pelajarannya jika Anda ada di tangan anda.  Mengatur waktu untuk bertemu dengan mereka seminggu sekali untuk membahas pelajaran bersama-sama.

2."Saat ini saya mengambil kelas untuk membantu saya belajar Alkitab lebih baik.  Aku mendaftar dengan keinginan untuk bertumbuh dalam pemahaman pribadi saya tentang Alkitab dan saya benar-benar belajar banyak dan menikmatinya.  Bagian dari kursus melibatkan berbagi Alkitab dengan orang lain.  Satu set khusus dari panduan belajar Alkitab telah dirancang bagi saya untuk memberikan kepada orang lain.  Panduan yang ditulis sehingga semua orang beragama dapat menikmatinya.  Mereka yang berwarna-warni, informatif dan inspiratif.  Mereka mencakup topik yang menarik bagi kebanyakan orang - Jika Tuhan begitu baik, mengapa dunia begitu buruk.  Apa yang Alkitab katakan tentang zaman kita, dan banyak lainnya.  Apakah anda pikir ini adalah sesuatu yang anda dapat bantu?" (Tunjukkan panduan belajar).

3.Jika waktu anda dekat dengan awal dari seri penginjilan, anda dapat mengatakan, "Saya baru-baru mendengar tentang sebuah seminar tentang nubuatan Alkitab dan bagaimana hal tersebut berkaitan dengan kondisi hidup kita saat ini, mereka akan datang ke kota kita segera. Ada beberapa panduan belajar Alkitab yang orang-orang akan ambil sebelum datang ke pertemuan.  Pembelajaran ini akan membantu saya lebih memahami Alkitab dan mempersiapkan diri untuk pertemuan.  Jika Anda memiliki ketertarikan dalam hal semacam ini, saya senang untuk membuat anda mendapatkan panduan dengan gratis." (Jika mereka tertarik, anda dapat mengubah ini menjadi sebuah pembelajaran yang anda lakukan bersama).

Kita mungkin dapat berbagi pelajaran tentang doktrin-doktrin Alkitab yang sangat berkuasa tetapi hal yang paling penting yang dapat kita lakukan adalah memimpin seseorang untuk menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi.  Semua ajaran berharga dari Alkitab harus dibagikan dengan Yesus sebagai fokus utama. Gospel Workers, p. 156, “Dari semua yang mengaku Kristen, Masehi Advent Hari Ketujuh harus menjadi yang terdepan di dalam meninggikan Kristus di dunia.”

Banyak Orang Ingin Tahu
Evangelism, hal. 188.  "Ada banyak yang ingin tahu apa yang harus mereka lakukan untuk diselamatkan. Mereka ingin penjelasan sederhana dan jelas tentang langkah-langkah yang diperlukan di dalam perubahannya, dan tidak boleh khotbah diberikan kecuali sebagai dari wacana yang terutama adalah untuk membuat jelas jalan yang berdosa dapat datang kepada Kristus dan diselamatkan."

Gospel Workers, hal. 158."Lebih banyak orang daripada yang kita pikirkan rindu menemukan cara untuk datang kepada Kristus. Mereka yang memberitakan pesan amaran rahmat terakhir harus ingat bahwa Kristus haruslah ditinggikan sebagai tempat berlindung bagi orang berdosa. Beberapa pelayan Tuhan berpikir bahwa tidak perlu untuk memberitakan khotbah tentang pertobatan dan iman, mereka menerima begitu saja bahwa para pendengar mereka sudah mengenal Injil, dan bahwa hal-hal yang bersifat berbeda harus disajikan untuk menarik perhatian mereka. Tapi sedihnya banyak orang yang bodoh dalam hal rencana keselamatan, mereka membutuhkan pengajaran lebih pada subjek ini yang sangat penting dari pada yang lain ".


Persatuan dengan Kristus adalah Kunci

Evangelism, hal. 319.   "Keselamatan bukanlah baptisan, tidak untuk memiliki nama kita tercatat di dalam buku gereja, bukan untuk memberitakan kebenaran.Tapi itu adalah persatuan hidup dengan Yesus Kristus untuk diperbaharui di dalam hati, melakukan pekerjaan Kristus dalam iman dan usaha kasihmu, dalam kesabaran, kelemahlembutan, dan harapan. Setiap jiwa bersatu dengan Kristus akan menjadi misionaris yang hidup bagi orang-orang di sekelilingnya."
Last Day Event, hal. 283.   "Kristus, hanya Kristus dan kebenaranNya, akan menjadikan paspor kita ke surga.
Desire of Ages, hal. 300.  "Hati yang bangga berusaha untuk mendapatkan keselamatan, namun baik hak dan kelayakan kita ke surga hanya ditemukan di dalam Kebenaran Kristus."
Sangat penting bahwa setiap orang yang pernah kita ajari Alkitab membuat keputusan positif untuk mengikuti Yesus sebelum kita memperkenalkan "kebenaran ujian" seperti hari Sabat dan keadaan orang mati.

Rencana Penginjilan Setan
Setan ingin banyak orang yang belum menerima Yesus bergabung dengan gereja.
5 Testimonies, hal. 172.   "Penambahan keanggotaan yang belum diperbarui hatinya dan pembaharuan di dalam hidup adalah sumber kelemahan untuk gereja. Fakta ini sering diabaikan. Beberapa pelayan Tuhan dan gereja sangat berkeinginan mengamankan peningkatan angka dari mereka tidak memberikan kesaksian yang setia terhadap kebiasaan dan praktek kristiani. Mereka yang menerima kebenaran tidak diajarkan bahwa mereka tidak dapat dengan aman dengan perilaku hal-hal duniawi sementara dipanggil sebagai orang Kristen. Sebelumnya mereka subyek Setan; untuk selanjutnya mereka menjadi subyek Kristus. Hidupnya harus menjadi saksi perubahan kepemimpinan. Opini publik diperlakukan lebih baik daripada pengakuan Kekristenan. Sedikit penyangkalan diri atau pengorbanan diri diperlukan untuk memakai suatu bentuk kesalehan dan memiliki satu nama terdaftar pada buku gereja. Oleh karena itu banyak bergabung di gereja tanpa terlebih dahulu menjadi bersatu dengan Kristus. Inilah kemenangan Setan. Orang yang baru bergabung tersebut adalah agen Setan yang paling efisien. Mereka melayani sebagai perangkap untuk jiwa-jiwa lainnya. Mereka adalah terang palsu, memikat yang tidak waspada ke kebinasaan abadi."
Hal ini sangat penting untuk memastikan anda telah membangun hubungan yang baik dengan yang anda ajar  sebelum menanyakan mereka tentang hubungan pribadi mereka dengan Yesus.  Kebanyakan panduan belajar Alkitab memiliki studi tentang keselamatan baik dalam pelajaran ketiga atau keempat.  Ini adalah waktu yang ideal untuk memperkuat keputusan mereka dengan baik kembali menegaskan komitmen mereka kembali atau memimpin mereka untuk menerima Yesus sebagai Juruselamat pribadi dan Tuhan.





Aplikasi Praktis


Ketika Anda telah memenangkan keyakinan individu, anda bisa meminta mereka menjawab apa yang mereka anggap sebagai pertanyaan yang paling penting dalam hidup mereka.
Jika ya, mintalah mereka menjawab apakah mereka yakin akan kehidupan kekal.  (Tunggu jawaban mereka).
A.  Jika ya, tanyakan kepada mereka mengapa mereka bisa memiliki jaminan ini
B. Jika tidak ada, tanyakan kepada mereka apa yang menghalangi mereka
Jawaban yang benar seharusnya karena apa yang telah Yesus lakukan bagi mereka dan tidak oleh karena perbuatan baik mereka sendiri.
Jika mereka memiliki kesalahpahaman Injil, mintalah izin mereka jika anda dapat berbagi dengan mereka apa yang Alkitab ajarkan.  (anda tidak perlu membaca setiap ayat pada garis batas pada halaman berikutnya tapi berbagi konsep dan ayat-ayat yang Roh Kudus membawa kepada Anda).
1.   "Tuhan adalah Kasih."Banyak orang melihat Allah sebagai tiran dan perlu memahami bahwa Allah adalah kasih. 
a.  Yeremia 29:11 - Tuhan ingin yang terbaik untuk kita
b. Keluaran 34:6,7 - Dia adalah penyayang dan pengasih
c. Yohanes 3:16 - Karena kasih Allah yang besar Dia mengutus Yesus untuk menjelaskan karakter-Nya
      d. Lukas 4:18 - Yesus berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan penyembuhan (membawa keselamatan)
           kepada dunia
      e. Ibrani 13:8 - Yesus adalah sama hari ini seperti ketika Ia hidup di bumi
2.      Allah menciptakan manusia dalam kondisi sempurna.
a. Kejadian 1:31 - semuanya "sangat baik"
3.   Dosa memisahkan kita dari Allah.
a. Yesaya 59:2 - dosa kita memisahkan kita dari Allah
b. Roma 3:23 - semua telah berdosa
4.   Tidak mungkin bagi kita untuk melarikan diri dari lubang dosa,
      kita telah jatuh ke dalam oleh diri kita sendiri.
a. 14:04 Ayub - kita tidak bisa membuat diri kita membersihkan
b. Roma 8:7 - perkelahian alam jatuh kita terhadap Allah
5.   Untuk memiliki hidup yang kekal kita harus menerima sifat baru.
a.  Yohanes 3:3 - kita harus dilahirkan kembali

6.   Yesus adalah satu-satunya jawaban
a. Kis 4:12 dan Yohanes 14:6 - hanya ada satu cara - Yesus Kristus!
7.   Yesus mati bagi seluruh umat manusia
a. 1 Petrus 3:18 - "Kristus diperlakukan sebagai pantas kita, agar kita dapat diperlakukan sebagaimana Dia layak."  Kerinduan Segala Zaman, hal. 25.

8.   Percaya kabar baik dan menerima Yesus
a.  Kisah Para Rasul 16:30, 31 - "Percayalah. . . dan. . . diselamatkan. "
b.  Yohanes 3:36 - ini adalah keyakinan mengubah, bukan sebagai setan percaya
c.  Yohanes 1:12 - pemberitahuan bahwa Allah memberi kita kekuatan untuk menjadi anak-anakNya
d.  Wahyu 3:20 - Yesus mengetuk pintu hati kita
e.  1 Yohanes 5:12,13
9.   Bertobatlah dari dosa
a.   Kisah Rasul 2:37, 39; 3:19-"Pertobatan mencakup kesedihan atas dosa dan berpaling darinya."Steps to Christ, hal. 23.

10. Mengakui Yesus sebagai Tuhan Anda.
        a.  Roma 10:9,10
Materaikan keputusan dengan doa!

Doa IMAN

F -  Maafkan aku "Bapa Surgawi, ampunilah saya dosa-dosaku."
A - Terima "Saya menerima bahwa saya adalah orang berdosa dan pantas kematian dan kehidupan
        keinginan Yesus untuk menutupi hidup saya."
I   -  aku menyerah "Sekarang saya memberikan hidup saya sepenuhnya kepada Anda."
T -  Terima kasih "Terima kasih atas karunia keselamatan melalui Kristus saja."
H -  Bantu saya "Tolong bantu saya untuk hidup menurut jalan Anda karena kasih karunia Anda dan
        kekuasaan."

Poin untuk di ingat

1.      Pelajari Alkitab dengan mereka.  Hal ini akan menyebabkan mereka dilahirkan kembali.  "Dilahirkan kembali bukan dari benih fana, tetapi dari yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan diam selamanya."  1 Petrus 1:23

2.      Menampilkan kasih Allah akan memisahkan mereka dari dosa.  "Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia."  Yohanes 1:29. 

3.      Bagi Kesaksian Pribadi Anda.  Fokus pada berkat-berkat dari pengalaman Anda.  Ini akan menciptakan keinginan dalam diri mereka untuk pengalaman yang sama.

4.      Hapus hambatan.  Tanyakan pada diri Anda, apa yang akan mencegah orang ini dari membuat penyerahan penuh kehidupan mereka kepada Allah?
a.    Rendah harga diri.  Perasaan kegagalan.  Pelajari nilai yang Tuhan berikan kepada kita.
b.  Kurangnya iman dalam kuasa Tuhan.  Pelajari kuasa Tuhan
c.  Kebiasaan dalam kehidupan.  Memimpin mereka menuju kemenangan.

5. Membantu mereka membangun hubungan saling percaya dengan Tuhan.  Ingat, dibutuhkan waktu untuk membangun hubungan.
a.  Percaya bahwa Allah ada
b. Berbicara kepada Allah. Doa
c. Belajar firman Allah.
d. Mengenal Allah.
e. Memahami kasih-Nya.  Mempercayai kasih-Nya.
f. Mengaku.  Bertobat.  Berubah.
g. Menerima Kristus.  Menyerah.
h. Bertahan.  Tumbuh.

6.  Jangan meminta komitmen bahwa mereka tidak siap untuk membuat.

  1. Pertimbangkan proses konversi, bukan hal "diselamatkan" Bekerja dengan Roh Allah, karena Allah memimpin proses.

  1. Jika seseorang meminta anda bagaimana mereka dapat diselamatkan, jangan menunggu. 

  1. Lanjutkan untuk membagikan Injil dengan mereka.  Ajarkan mereka untuk datang, mengaku, dan undang Yesus dalam hati mereka.  Kemudian mengajarkan mereka untuk tinggal di dalam Kristus dengan doa dan belajar.

Meninggalkan mereka dengan sesuatu untuk dibaca.  Tunjukkan pada mereka cara memulai saat teduh setiap hari.   Gunakan: Steps to Christ Bible Study Guide.   Bahan lain: The Drummer Boy’s Prayer, Steps to Christ, Desire of Ages.

No comments:

Post a Comment