Ads Google

Wednesday, February 28, 2018

Sejarah Gereja Bagian XXVIII

 GEREJA PADA PERMULAAN ABAD 19.

-Yang mempengaruhi gerja saat ini adalah: 1. Gerakan kearah barat, 2. Imigrasi baru, 3. Perang sipil.
-Gerakan kearah barat melalui pegunungan-pegunungan .  Pada 1820 ada 10 states dibarat ditambahkan ke Union.
-Orang Eropa yang terakhir datang di Amerika pada masa kolonial adalah Scothk-Irish.  Mereka dirikan banyak gerja Presbyterian di Front sebelah barat.
-Presbyterian &Congregational adalah Calvinis dan hanya beda paada abnertuk pemerintah gereja.
-Ketika gerakan kearah barat membanjir maka mereka rasa perlu bersatu yang kemudian diwujudkan pada 1801 dengan nama Plan of Union.  Dua golongan ini dirikan gereja sama-sama dan bebas undamg pendeta mana saja dari mereka berdua.  Bila mayoritas Presbyterian maka acaranya model presbyterian dan juga sebaliknya.
-Plan of Union ini menguntungkan Presbyterian karena amereka banyak.
 -Gereja ini mendirikan sekolah-sekolah di West.

=BAPTIST

Baptis dan Methodis berkembang lebih cepat daripada Presbyterian dan Congregational.
-Baptis datang dan membawa Pendeta, sesudah bentuk kumpulan maka gereja di bangun dari log-log kayu.  Ayahnya Abraham Lincoln yang salah satu yang menolong pembangunan gerja semacam ini pada 1819 di Pigeon Greek di Indiana.
-Budak sudah digunakan masa ini & gereja yang menjadi pelindung mereka.

=METHODIST

-Yang paling berhasil dapat banyak anggota dan dirikan banyak gerja di barat ini adalah Methodis.  Penyebabnya adalah: doktrin dan organisasi.
- Presbyterian & Baptis adalah calvinis dan menekankan predistinasi, keselamatan tergantungdari Allah.
- Methodis adalah arminian.  Mereka menekankan tentang free will, keselamatan tergantung dari manusia.
- Cara-cara Methodis juga menguntungkandi barat, karena gereja lain bertumpu pada local church , sedang mengamalkan motto” The world is my Parish”.
- Berjalan keliling/cercuil riding, cocok sekali di barat dan inilah caranya Methodist.
         * Mereka berkhotbah keliling dan sangat berhasil.
-Fraancis Asbury, pimpinan Methodis di Amerika mengkoordinir pengkhotbah-pengkhotbah lain untuk gunakan metode yang sama .  Hasilnya 3000 menjadi 175.000 pada 1830 , 2000 Indian dan 15.000 Negro.

=KEBANGUNAN   KE -2 MULAI DI TIMUR.

- Kebangunan yang pertama berakhir dengan rohani yang dingin karena adanya pengaruh DeismeInggris & Skeptism Perancis.
- Banyak pimpinan di Amerika adalah Deist.
- Yang paling berpengaruh adalah Thomas Paine dengan pengikutnya The age of Reason, yang telah menyapu iman kristen.
- Akhir abad 18 & awal 19, Kristen di Amerika ditandai dengan kelemahan rohani gereja kristen Amerika.
*Bahkan di barat, terlibat tengkar, berkelahi, mabuk-mabuk dan pelanggaran-   pelanggaran.
- Kemudian terjadi revival secar perlahan.  Ini adalah pengaruh dari Methodisdengan penunggang keliling.
- 1795 Timothy Dwight menjadi President Yale University.  Ia anak sulung Yonathan Edward.  Ia menyatakan bahayanya Deism,infidel dan materialism di Universitas ini.  Kebangunan mulai
1802, sepertiga mahasiswa bertobat.  Universitas-universitas lain juga terlibat revival.
*Revival ini terjadi tanpa evangelist dan emosi - ini di timur.
*Di barat lain, James Mc Gready yang mempengaruhi.  Ia berkhotbah dan menggerakan         umat.  Ia presbyterian.
*1800,kumpulan di Red River di sertai emosi, semakin banyak orang datng di kumpulan        itu (tinggal disitu berhari-hari).  Inilah permulaan dari Camp meeting(1799).  Yang     kemudian menjadi kebiasaan di Amerika oleh Evangelism.
*James Mc Gready ditemani oleh beberapa pendeta Presbyterian dan Methodis.*Disemua      tempat di barat, Camp meeting diadakan dengan ciri-ciri: api unggun,tenda-tenda         bertaburan, lampu-lampu dimalam hari bergantungan, pembicara-pembicara dengan     semangat menasihati dan berdoa, musik-musik oleh ribuan .
 - Satu tendensi gereja-gereja di Amerika pada 50 tahun pertama abad 19 ini , yaitu terbentuknya agama-agama baru.  Ada 3 group yang tinggalkan Presbyterian:
1. The Cumberland Presbyterian Church, di organisir oleh penyokong-       penyokongCamp meeting,sistim circuit
2. The Christian Church, terbentuk karena tidak setuju predistinasi.
3. The Church of Disciples, Karena protes terhadap perpecahan-perpecahan       dalam gereja dan ingin kembali ke kesederhanaan gereja protestan baru.
Ada yang tinggalkan Methodist
1.  The Methodist Protestant Church, karena ingin lebih demokrasi
2.  The Church of the united Brethren in Christ
3.  The Evangelical Church

– Sementara yang lain membentuk gereja baru untuk maksud kesucian dll maka di New England banyak yang tinggalkan Congregational (pdt) menolak doktrin Trinity & membentuk Gereje Unitarian.  Akibat timbulnya unitarianisme, timbullah orthodox congregational
– Semangat agama saat ini juga menghasilkan persekutuan-persekutuan missionari, pencetakan majalah-majalah missionari dan pendiri-pendiri Christian College & seminary-seminary
– Pelopro-pelopor pada mulanya tidak ada Alkitab & literatur lain maka karenanya pada 1816 didirikanlah America Bible Society & 1852 America Tract Societty
– Banyak sekte yang juga mendirikan percetakan-percetakannya & menghasilkan bacaan rohani yang luar biasa banyaknya.
– Zaman kolonial tidak ada Sunday School.  Gereja Methodist yang membawa cara ini dari Eropa & mereka mulai di USA tahun 1786 & begitu sukses sehingga 30 tahun kemudian setiap negara sudah ada Sunday School
– 1824 persekutuan Sunday School Amerika diorganiser
– Terbukanya wilayah barat & kebangunan ke-2 mendesak kebutuhan ppendeta-pendeta maka hampir tiap agama mendirikan seminary untuk maksud ini
- Congregationalist — Anoxer Seminary pada 1808
    - Ini setelah seorang Unitarian ditunjuk profesor Theology di Harvard.  Tadinya pedeta-pendeta Congregational dari Harvard ini
- Dutch Reformed — 1810 – dirikan seminari di New Brunswick, New Jersey tadinya pendeta-pendeta mereka harus belajar di Utrecht University di Belanda.
- Presbyterian — Seminary di Priceston New Jersey
– Juga untuk kebutuhan pemimpin-pemimpin, didirikan College-college



45 Gereja pada saat-saat kerusuhan

Munculnya Sekte-sekte
– Terjadi revival & metode camp meeting pada awal abad 19 ini dan juga munculnya sekte-sekte baru
– New York merupakan wilayah munculnya Millerite, Spiritualistic & Mormon
– Juga wilayah ini muncul penggerak kebangunan Rohani yang besar yaitu Charles G. Finney

Mormons
Joseph Smith dari Palmyra New York mengaku dapat vision.  Katanya malaikat Moroni nampak lalu katakan bahwa semua gereja-gereja sudah & Alkitab Dunia Barat terkubur di bukit yang tidak jauh.
– 22 Sept. 1827 ia bilang bahwa ia menggali katak batu yang didalamnya terdapat buku yang terbuat dari lempengan-lempengan tipis keemasan
 – 3 tahun Smith menerjemah lempengan-lempengan itu & diterbitkan pada 1830 dengan nama Buku Mormon.
– Ini buku sejarah Amerika sejak pendudukan I sejak perpisahan dari menara Babel
– Moroni anak marmon adalah yang terakhri hidup dari bangsa Nephites, umat pilihan Allah.  Ia mengubur lempengan-lempengan ini pada abad 4 AD

– Pengikut Joseph Smith nabi itu, membentuk gereja pada April 4830 di Kirtland., Okio
- Birgham Young bergabung dengan gerakan ini & menjadi 1 dari 12 rasul.
- Juli 1843 Joseph Smith dapat vision tentang dirikan polygami
  Dengan ini perlawanan terhadap Mormon memuncak.
Massa masuk ke penjara & menembak Joseph Smith & saudaranya
– 2 tahun kemudian Birghan Young dengan pengikut-pengikut Mormon pindah ke Great Saltlake
– Gereja ini bergerak pada menolong orang-orang sakit, miskin, memberi pendidikan rekreasi, & pekerjaan.  Orang-orang muda Mormon pergi berdua-dua tanpa gaji & bekerja 1,2 tahun untuk Mormon/gereja.
– Buku mormon dianggap menopang Alkitab, bukan mengganti
– Ada lagi 2 buku lain dari Smith yang dianggap dasar doktrin
– Doktrin Mormon yang aneh adalah Baptisan orang mati & perkawinan di angkasa/ sorga.  Praktek poligami kemudian ditinggalkan.

Adventist
Semua evangelist diwilayah New York (barat) mengkhotbahkan second Advent
William Miller - petani, pendeta Baptist New England menentukan tanggal tahun second advent.
– 1846 Advent pisah dari tubuh yang besar second coming pada soal sabat yahudi dalam kaitan dengan kaabah dalam Dan. 8
– E.G.White pemimpin I SDA sangat conservative dalam doktrin pemberi murah hati, tidak merokok dan alkohol menjangkau dalam lebih 900 bahasa.

Spiritualism
Andrew Jackson Davis dianggap pendiri tabafah spiritualism – ia mengorganiser Children’s progressive Lyceum (the Spiritualist Sunday School) beberapa tahun sebelum Fox Sisters dengar suara-suara di rumah mereka Hydisville New York.  Margaret & Kate anggap suara ini di dunia Roh
– 1855 2 juta pengikut.  Organisasi ini diresmikan tahun 1893.

Christian Science
– Puluhan tahunsesudah Mormon, Advent & Spiritualist muncullah Christian Science.  Pada 1866 Mary Baker Eddy sembuh tiba-tiba dari sakit.  Ia adalah student dari hubungan-hubungan mental & Spiritual & mengembangkan ideanya sebagai Scientific system of divine healing
– Ia menulis science & Health dengan kuncinya adalah Alkitab.  Buku ini menjadi textbook Christian Service.
– Nyatanya gereja ini tidak alktabiah & juga tidak scientist
– Pemimpin-pemimpin:  - the readers — membacakan khotbah-khotbah yang disediakan oleh percetakan
        Practitioners— kerja menyembuhkan full time
        Teachers   — mengajar di kelas-kelas yang ingin belajar
– Satu dari majalah yang terbai adalah The Christian Science Monitor.
– Mereka melarang pengedaran statistic keanggotaan

Saksi-saksi Yehovah
Mereka tidak dikenal saksi-saksi Yehovah s/d 1931.  Sebelum ini mereka disebut Millenial Dawnists, International Bible Students, Russellitez
Charles Taze Russell berkhotbah tentang second Advent
 Organisasi resmi dari pengikut-pengikutnya adalah di Pittsburgh pada 1827 pusat mereka pindah ke Brooklyn pada 1909 & 1939 nama dirobah ke Watchtower Bible Tract Society Inc.
– Russel meninggal 1916 diganti oleh hakim Rutherford & kemudian lagi diganti oleh Nathan Knorr.
– Semua anggota adalah pendeta walau tidak gunakan title itu.
– Mereka tidak mau hormati bendera atau memanggul senjata dengan pendapat bahwa kekejaman pemerintah adalahs atu dari 3 roh setan.  2 yang lain adalah ajaran palsu gereja & tekanan terhadap business
– Tidak percaya Trinity, Keilahian Yesus, kebangkitan Yesus & kedatangan Yesus sebagai physical ke 2x

Munculnya anti perbudakan
– Perbudakan adalah umum di Amerika pada masa kolonial
– Pendeta-pendeta juga mempunyai budak. a.l Jonathan Edward
– 1769 Samuel Hopkins (pdt) khotbahkan anti perbudakan tapi hanya Quaker yang anti perbudakan
– Akhir masa kolonial, perbudakan mulai dikurangi & gereja-gereja menganut pendirian anti slavery

Perpecahan Gereja masalah budak
Penemuan Whitney akar mesin pemisah biji kapas pada 1792 dan mesim pemintal- membawa perobahan terhadap slavery
– Kapas menjadi produksi yang paling penting di Amerika & pemimpin -di selatan yakin bahwa kebahagiaan bangsa tergantung dari kapas dan juga di yakini bahwa kapas tidak dapat di olah tanpa budak - budak Negro.
– Di utara, sikap terhadap slaveri menjadi tidak setuju.
– Permusuhan utara &selatan menjadi- jadi dan gereja juga terlibat.
– Mei 1845 persatuan babtisan misionari tidak mau kerja sama lagi dengan baptis di utara.  Tahun yang sama methodisth berpisah dengan utara dan menyebut diri episcopal church.
Demikian juga presbiterian
– 1816 Episcopal pisah engan utara tapi akhir perang yaitu pada 1865 bersatu kembali
– Akhirnya gereja-gereja merasa berhutang pada Negro & dibukalah sekolah-sekolah untuk Negro dan Negro bukan gereja sendiri

Dwinght L. Moody
– Ia yang bawa pekabaran kepada tentara-tentara perang saudara
– lahir di East Northfield Mass.  Pendidikan kurang karena ayah mati ketika ia umur 4 tahun & ibu kerja keras hidupi keluarga
– Umur 18 mengakui Yesus.  Pergi ke chicago untuk business.  Di gereja Plymouth mengundang orang-orang muda ke kebaktian, ia buka Sunday school
– Ia tinggalkan bussiness & full time pengerja
– 1865-1869 President YMCA di Chicago
– Sejak 1871 memimpin K.R di beberapa tempat, ke England & Skoland
– Ira D. Sankey menemani dia dalam penginjilan dalam vidang musik
– Khotbahnya menekankan injil keselamatan Yesus Kristus
– Kesedderhanaan bahasanya & kehangatannya menarik banyak orang.
– Meninggal 1899 di Northfield
– Ia membuktikan diri juga sebagai organisator dengan sekolah-sekolah Kristennya & Moody bible Institutes


46 Gereja mengahadapi problema

 Sesudah perang saudara imigran bertambah lebih besar daripada sebelum.  1865-1884- lebih 7 juta imigran masuk Amerika
- lebih separoh di Ireland & Germany
- Di Irish adalah RK
- Di german Katolik, Lutheran, Rationalist
– Sampai saat ini pemeliharaan hari minggu menjadi aturan di Amerika yaitu toko-toko ditutup, kereta api hanya sedikit yaitu jalan tempat-tempat rekreasi ditutup, piknik & tamasya tidak ada pada hari itu.
– Amerika dapat warisan pemeliharaan hari minggu yang ketat dari Calvinist - Puritan yang datang ke New England.
– Lutheran & Katolik dari German membawa Serta “Continental Sabbath”
– Pada mingggu di Cichago imigrant ini digambarkan sebagai berlian pada pagi hari, paris pada malam hari artinya: Ke gereja pagi & sisanya rekreasi
– Mereka anggap cara pemeliharaan hari minggu orang amerika adalah Puritan Sabbath

kemakmuran mempengaruhi Gereja
Sejak 1880 kekayaan bagi orang Amerika bertambah & mengakibatkan cara kebangunan rohani meningkat.
- Masih ada camp meeting tapi sudah ada perobahan yaitu dibangun bangsal-bangsal besar ganti tenda-tenda
- Gereja mulai menekankan pentingnya uang untuk kebutuhan gereja sehingga masukkan orang-orang business jadi anggota majelis.
- Akibatnya dibangunlah sekolah-sekolah gereja yang mendapat bantuan dari orang-orang kaya.
- oarang-orang semakin membanjiri kota-kota & gereja merasa berat yang melayani rakyat adalah masalah sosial - pendidikan - kesehatan dll
- Gereja yang sangat utamakan sosial, mulai lupa injil keselamatan melalui iman.  Mulai lalai khotbah injil, sakramen-sakramen dll

Kemakmuran mempengaruhi gereja
Sejak 1880 kekayaan bagi orang amerika bertambah & mengakibatkan cara kebanungan rohani meningkat.
- Masih ada camp meeting tapi sudah ada perobahan yaitu dibangun bangsal-bangsal besar ganti tenda-tenda
- Gereja mulai menekankan pentingnya muang untuk kebutuhan gereja sehinga memasukkan orang-orang business yadi anggota majelis.
- Akibatnya dibangunlah sekolah-sekolah gerja yang mendapat bantuan dari orang-orang kaya
- orang-orang semakin membanjiri kota-kota & gerja merasa berat melayani rakyat dalam masalah sosial - pendidikan - kesehatan dll.
- Gereja yang sangat utamakan sosial, mulai lupa injil keselamatan melalui iman.  Mulai lalai khotbah injil, sakramen-sakrament dll

Pendidikan Agama
Masalah pendidikan agama timbulkarena kurangnya hal itu di sekolah-sekolah umum
– Katolik, Lutheran & Adventist dirikan sekolah sendiri untuk menekankan lebih banyak pendidikan agama kepada murid-murid.
– Sejak perang dunia I, Amerika limpah uang, pemberian-pemberian mengalir ke gereja dibangun gereja-gereja mewah seperti:
Riverside Drive Baptis Church dan Episcopal Cathedral of St John the Divine di New York City
- Ibadah dijadikan lebih formal a.l. pedt pakai jubah, anggota koor juga, musik yang agung, dll

– Tapi pengunjung gereja justru berkurang karena khotbah firman Allah mengihlang.
 – Theology liberal & Injil social telah mengganti tempatnya
– Liberalism/Modernisem memimpin ribuan orang pada hal-hal yang sia-sia
– Modernism anggap Yesus sebagai orang yang genius dalam soal agama.  Alkitab adalah bahan bacaan yang ajaib.  Tapi menolak keilahian Yesus, menolak manusia sebagai orang berdosa, kematian Yesus untuk tebus dosa
- mereka menjadi manusia sebagai pusat & bukan Allah
- Mereka percaya manusia akan secara evolusi tiba pada taraf kebaikan & kebahagiaan yang sempurna
– Muncul problem Financial 1929 lalu PD II.  Terbukti bahwa nasib manusia tidak bertamban lebih baik tapi sebaliknya.

Kegiatan Missionary
– Sejak 1886, gerakan pelajar sukarela menyokong kegiatan missi.  John. R. Mott menjadi pemimpin
- 1906 diorganiser gerakan missionary anggota
- Kegiatan missionary menjadi hangat.  Tapi Modernisem menjadi penghalang besar
- Karena Modernism, pemberian-pemberian untuk missionary berkurang.
- Cita-cita John R. Mott jaitu menginjili dunia pada generasi kini menjadi tidak berarti
- 1930 usaha-usaha missionary berada pada taraf krisis hebat
- ditambah lagi dengan munculnya sifat nasional pada negara-negara yang akan merdeka sehingga Kristen dianggap musuh.  Sekolah-sekolah Kristen diambil oleh pemerintah a.l. Sri Lanka

No comments:

Post a Comment