41.
Seorang guru sedang ber-googling atau membuka
situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK
(teknologi informasi & komunikasi). Pengertian googling dalam istilah
internet tersebut adalah ….
a. program mencari informasi
b. program desktop publishing
c. program untuk menjelajahi laman
d. program penciptaan laman
42.
saat kita akan mencari informasi tentang suatu
topic atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan
istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai
mesin pencari selain google adalah ….
a. www.yahoo.com
b. www.gmail.com
c. www.hotmail.com
d. www.cari-data.com
43.
seorang guru akan membuat media untuk
menampilkan contoh surat, table, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapatt digunakan untuk memfasilitasi kegitan
guru tersebut adalah ….
a. Microsoft database
b. Microsoft powerpoint
c. Microsoft desktop publishing
d. Microsoft word
44.
Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang
menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini
difasilitasi oleh Microsoft. aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat
digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah ….
a. Microsoft database
b. Microsoft spread sheet
c. Microsoft power point
d. Microsoft desktop publishing
45.
Pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan
berbagai teknik, mengasosiasi/menganalisis/mengolah data (informasi) dan
menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan
untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model
pembelajaran ….
a. Portofolio
b. Saintifik
c. Penemuan
d. Autentik
46.
Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan
menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan
mengintegrasikan pengatahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan
memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta
didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam
kurikulum.
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model
pembelajaran ….
a. Project based learning
b. Discovery learning
c. Problem based learning
d. Inquiry learning
47.
Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang
mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan
terhadap scenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam
alternative pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model
pembelajaran ….
a. Project based learning
b. Discovery learning
c. Problem based learning
d. Inquiry learning
48.
Berikut ini merupakan langkah-langkah
pembelajaran dengan model pembejaran project based learning :
1)
Penentuan Pertanyaan Mendasar
2)
Mendesain Perencanaan Proyek
3)
menyusun Jadwal (Create a Schedule)
4)
Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek
(Monitor the Students and the Progress of the Project)
5)
Menguji Hasil (Assess the Outcome)
6)
Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the
Experience)
Urutan yang benar adalah …..
a.
1-2-3-4-5-6
b.
1-3-2-4-5-6
c.
1-3-2-5-6-4
d.
1-2-3-5-4-6
49.
Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran
yang masih acak berikut ini!
1)
Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)
Orientasi siswa pada masalah
3)
Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri
atau kelompok
4)
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran
Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah …..
a.
1-2-3-4
b.
2-3-1-4
c.
3-2-1-4
d.
2-3-1-4
50.
Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan
dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata
setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
factor-faktor…….
a.
Kompleksitas idikator, daya dukung, dan
kemampuan guru
b.
Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake
siswa
c.
Kompleksitas indicator, daya dukung, dan intake
siswa
d.
Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi
dasar dan intake siswa
51.
Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali…..
a.
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan
diri mengikuti penilaian mata pelajaran
b.
merupakan target satuan pendidikan dalam
pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c.
dapat digunakan sebagai bagian dari komponen
dalm melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanaan di sekolah
d.
sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang
dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52.
Fungsi indicator dijadikan sebagai penanda dalam
…..
a.
Pencapaian standar kompetensi
b.
Pencapaian kompetensi dasar
c.
Pencapaiain tujuan pembelajaran
d.
Pencapaian standar kelulusan
53.
Untuk memnentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah:…
a.
Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
b.
Menambah bahan pelajaran baru
c.
Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan
mengikuti program tindak lanjut
d.
Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan
program tindak lanjut
54.
Instrumen yang digunakan untuk meniali perilaku
siswa dalam proses pembelajaran adalah:….
a.
Pedoman observasi
b.
Kuesioner
c.
Pedoman wawancara
d.
Tes hasil belajar
55.
Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai
hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
a.
Buku sumber yang digunakan
b.
Kurikulum dan silabus
c.
Indikator pencapaian kompetensi
d.
Kemampuan awal
siswa
56.
Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar
peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
a.
Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan
kemampuan yang harus diukur
b.
Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan
dari kegiatan pembelajaran
c.
Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas
tentang kompentensi yang harus dicapai
d.
Penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik
untuk semua aspek kompetensi
57.
Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan
pendidik harus memenuhi persyaratan berikut, kecuali:
a.
Konstruksi butir soal memenuhi persyaratan yang
sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
b.
Substansi yang diukur mempresentasikan kompetensi
yang dinilai
c.
Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan
taraf perkembangan peserta didik
d.
Digunakan untuk ulangan tengah semester dan
ulangan akhir semester
58.
Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai
oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan
menghitung nilai:
a.
Mean
b.
Modus
c.
Median
d.
Simpangan baku
59.
Standar penilaian pendidikan merupakan acuan
bagi guru dalam melaksanakan
a.
Penilaian hasil belajar peserta didik
b.
Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan
guru
c.
Penilaian silabus dan RPP
d.
Penilaian standar kompetensi lulusan
60.
Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar
peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai perbedaan latar
belakang agama, social-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional.
cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian…
a.
Objectivitas
b.
Transparan
c.
Bermakna
d.
Menyeluruh
61.
Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik
yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai
berikut:
a. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang
berbeda
b. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c. Memberikan tambahan sumber
bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument
testnya yang sesuai
d. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan
mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
62.
Dasar rancangan program remidi bagi peserta
didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
a. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar
mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostic
c. sasaran terpenting pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan
siswa
d. strategi yang dipilihnya berbentuk test ulang
63.
Salah satu prinsip merancang program remedial
bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru …
a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk perserta siswa peserta
remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan
memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali
dengan rancangan yang ada
d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan
kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya
merupakan:
a. nilai batas ambang kompetensi
b. nilai minimal yang dicapai perseta didik
c. nilai maksimal yang dicapai peserta didik
d. nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
65.
Penilaian portofolio dilaksanakan dengan cara ….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif
tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan
masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil
belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk
melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian
diberikan pengajaran test remedial
66.
Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada
karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post
test disebut ….
a. konstruktivisme
b. authentic assessment
c. efektif
d. kondusif
67.
Pendekatan tes ini menggunakan norma yang
disusun secara relative berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para
pengikut dalam suatu tes. dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh
seseorang yang didasarkan atas norma relative ini (PAN) mencerminkan status
individu di dalam kelompok. Pendekatan tes yang dimaksud adalah ….
a. penilaian berkelanjutan
b. penilaian menyeluruh
c. penilaian acuan patokan
d. penilaian acuan norma
Artikel Lainnya:
No comments:
Post a Comment