Ads Google

Wednesday, February 28, 2018

Sejarah Gereja Bagian XXVI

THE METHODISTS

– Samuel Wesley, Pdt. Gereja England di Ep worth.  Istrinya Susanna Annesley bertabiat luar biasa.  Mereka diberkati 19 anak.  8 mati ketika kecil.  Anak ke-15 adalah John, yang ke-18 Charles.  1709  – Ep worth terbakar hebat.  John & Charles diselamatkan dari lidah-lidah api dengan kesulitan.  John ketika ini baru tahun & Peristiwa ini sungguh berkesan.  Ia anggap dirinya sebagai puntung direbut dari api.
– 1725 John diurapi diakon & 3 tahun kemudian Priest di Episcopal Church of England.
– Mereka bentuk klub di perguruan tinggi di Oxford dengan tujuan tujuan untuk kegiatan rohani.  Club ini disebut “Holy Club”.
– Ketika ini students hidup tidak rohani tap anggota klub ini hidup berbeda.  Beberapa     student memanggil anggota klub ini “Methodists” karena mereka hidup dengan methode     tertentu yaitu beda dengan mahasiswa lain
– 2 bersaudara terima panggilan ke Georgia, USA sebagai Missionaris.
– Oktober 1735 mereka berangkat.
– Mereka kerja keras di Geogia, John berkhotbah dalam bahasa German, Italy, Prancis.  Tapi kurang bijak dalam memaksakan peraturan ketat sehingga tidak berhasil di Georgia.
– Charles pulang ke Inggris pada 1 - 2 1738, John juga kemudian pulang.
– 21-5-1738 Charles alami pengalaman pertobatan yang hebat.
- 3 hari kemudian John alami yang sama (serious Illness)
- Bertobatnya John karena dengan pembacaan buku Luther “Commentary on Romans”
– Inggris pada abad 18:
– Bersaing dengan Prancis dalam merebut supremacy
– Meluaskan wilayah ke India, USA, Australia, Afrika Selatan.
– Revolusi Industri (cara hidup orang-orang beribadah)
– Kerohanian yang merosot / kegelapan rohani.
– Tapi ada juga keistimewaan rohani yang terjadi antara lain
– Bishop berkeliling dengan semangat missionaris
– William Law menulis “panggilan untuk penyerahan kehidupan suci” yaitu mempengaruhi        John Wesley
– Adakan perubahan dalam lagu-lagu gereja - 1707 lagu-lagu Issac Watts diterbitkan.
– Pada situasi inilah yaitu England berkembang dalam kekayaan, kuasa tapi corrupt moral, hanya     sedikit terang rohani, John Wesley hidup dan melakukan pekerjaan besar.
– Semua gereja tutup pintu bagi Wesley tapi ia kemudian berkhotbah di mana saja.
– George Whitefield mulai khotbah dialam, kepada pekerja-pekerja tambang– ia diundang     Wesley– tadinya Wesley kurang setuju karena anggap rendah berkhotbah bukan di gereja. Tapi      ia dapati pekerja tambang ini tidak pernah ke gereja.
*  2 April 1734 ia berkhotbah untuk pertama kali di alam, Inilah peristiwa permulaan wesley      menjadi great preacher ia kemudian berkeliling dengan kuda dan berkhotbah dimana-mana.
–  Dalma pekerjaan ini, ia mendapat perlawanan. Khotbahnya sering menjadikan massa      berdemonstrasi melawan dia
– Ia juga great organiser, ia dirikan kumpulan Methodists yang mula-mula di Bristol pada 1739
– Ia tidak mau pisah dari Episcopal church of England. Jadi ia hanya bentuk kelompok     Methodists tapi tidak pisah nanti pada akhir-akhir hidupnya baru ia mendirikan gereja     denominasinya
– Untuk jadi anggota kelompoknya, syaratnya yaitu harus orang-orang yang sudah bertobat.
* Tercipta hutang karena dirikan chapel di Bristol.  Tapi, musibah ini menjadi batu loncatan untuk     satu metode dari organisasi Methodist: Dengan musibah ini maka anggota dibagi kelompok &     dipilih pemimpin kelompok.  Tugasnya adalah mengumpul dari anggota kelompoknya,     persembahan khusus.  Tiap kelompok terdiri + 12 orang.  Kelompok ini juga saling menguatkan     kerohanian.
 * Ia juga gunakan pengkhotbah-pengkhotbah awam a.l. Thomas Maxfield pada 1742
* Ia kemudian gunakan Steward untuk tangani harta milik gereja, guru untuk sekolah & visitor     untuk orang-orang sakit.
* Mulanya perkembangannya hanya di Bristol & London.
– 1744 pertemuan/konferensi yang pertama-tama diadakan di London yang merupakan permulaan     dari konfrensi tahunan.
– 1746 ladangnya dibagi wilayah-wilayah.  Tiap wilayah ditugaskan pengkhotbah 2 jalan yang     bergilir untuk tiap wilayah.  Pembantu-pembantu Weslay ini k4emudian disebut     superintendants.
– Wesley rasa pengkhotbah awam ini penting sekali sehingga ia tentukan mereka tidak boleh     lebih dari 8 mingg di satu wilayah.
- Wesley sendiri berkhotbah keliling.  Istrinya yang kaya selalu iktu, dia pimpin song service,       Wesley khotbah.
– Charles Wesley yang jadi pencipta lagu-lagu bagi Methodist
- Ribuan lagu yang ia cipta.  Ia juga berkhotbah tapi tidak seperti John.
– John Wesley ajak lay preachersnya belajar keras.  Untuk itu ia sediakan bahan bacaan yang     kemudian menjadi alat ampuh dalam perkembangan lay preachers.
– Ia minta agar bishop-bishoplah yang berhak mengurapi gereja Inggris urapi lay preachernya menjadi pendeta tapi usahanya sia-sia.  Ia sendiri adaah ketua (presbyterian) gereja England.  Ia yakin bahwa presbyter & bishop di New Test. Adalah sama.  Maka 1 Sept. 1784 di Bristol ia urapi 2 orang.  Dengan ini ia berpisah dari gereja England walau ia sendiri tidak sadari.  Gereja Methodist muncullah.
– 2 Maret 1791 ia meninggal tapi masih kuat walau sudah 87 tahun.
– Metodenya bukan hanya baru tapi sangat revolusionis
1. Berkhotbah di alam terbuka, setelah ia dilarang berkhotbah di gereja-gereja ini tak biasa pada      zamannya.  Dengan ini ia menjangkau yang unchurch.
2.  Berkhotbah dimana saja yang ia rasa perlu – waktu ini pendeta hanya berkhotbah di       wilayahnya.
Ketika dikritik karena menyerobot wilayah orang lain, ia jawab “The world is my parish”.          Dengan ini ia juga menjangkau yang uncurch.
3.  Menggunakan orang yang tidak diurapi untuk berkhotbah ...
- Ini berlawanan dengan praktek waktu itu.
– Doktrinnya : Orthodox protistantism yang percaya diety of Christ, miracle, supernatural character of religion, baptisan bayi ia percaya, percaya paham arminianism & melawan Calvinisme = melawan pemabuk, judi, menganggap election halangi pertobatan.
– Pengaruh Wesley pada gereja Methodist besar sekali.


37 Gereja Roma & Gereja Timur

Gereja Orthodox
– Gereja Eastern Greek orthodox adalah cabang gereja yang paling tua.  Ini terdapat di Turki,         Syria, Grika, negara Balkan & Rusia.
– Theologinya adalah yang dari konsili Nicaea, Constatinopel Kalbedon & Ephesus
– Gereja ini yang membendung Islam sehingga tidak masuk Eropa Barat.  Ribuan anggota mati         karena ini.
– Gereja ini juga langsung berhadapan dengan agama non Kristen.  Sehingga doktrin trinity      benar-benar dijiwai lebih daripada kredo saja.
– Gereja ini menjadi gereja negara Rusia s/d 1917 ( revolusi).  Yang menganggap agama adalah      candu & penghalang kemajuan.
– Pada 1961 konsili gereja-gereja sedunia di New Delhi, gereja Timur Ortodox ikut serta.

Gereja Roma.
 – Sejak konsili Trent, RK menjadi bertekad maju untuk 400 tahun.  Telah terjadi anggota RK     pindah Protestant dan sebaliknya.
* Di Italy, Spanyol, Prancis banyak yang tinggalkan RK tapi tidak jadi Prot. Melainkan pisah       dari gereja & agama adalah segalanya... Mereka inilah yang menjadi musuh utama agama.        Mereka adalah komunis.
– Abad 17, Cornelius Jansen bishop Ypres (Belgia), pemimpin grika yang memisahkan diri dari     gereja.  Pandangannya menarik orang-orang katolik yang setia di Prancis & mereka jadikan     Paris sebagai pusat & mereka dilawan oleh Jesuit.
– Louis XIV aniaya Jansenitz karena pengaruh Jesuit.
– Jansenistz hanya gelombang menimpa RK yang kemudian berlalu.
– 1773 Paus Clement XIV hapus ordo Jesuit
   1814 Paus Pius VII bangkitkan kembali ordo Jesuit.
Sejak ini Jesuit jadi alat kepausan sampai sekarang.
– Pengaruh Jesuit, konsili vatikan 1870 nyatakan infallibility of the pope...(Tidak dapat salah     dalam keputusan & pernyataan resmi).
-  Dengan ini pernyataan abad 15 bahwa konsili umum mengatasi Paus ditolak untuk        selamanya.
– Nov 1950 Paus Pius XII berbicara Ex Cathedral & menyatakan “The assumption of Mary”     menjadi doktrin katolik yaitu ia, tubuh dan jiwa telah diangkat ke surga.
– Reformasi juga mempengaruhi katolik yaitu katolik menjadi lebih baik daripada sebelumnya.      a.l. dulu katolik larang anggota baca alkitab tapi sekarang boleh tapi alkitab variasi Katolik.
– Paus John XXIII adalah orang berpengaruh bukan saja pada politik tapi dalam kebebasan     dengan Protestan & Greek Ortodoks
– Usaha oikumenenya ditolak oleh kardinal Curia (Vatikan) tapi diterima oleh kardinal-kardinal     di USA.
– 1962 ia adakan konsili untuk maksud-maksud damai dengan Protestant.
-  Ini konsili I sejak 1870 tapi ia mati sebelum ada hasil.



38 Kehidupan Beragama di German & Inggris.

Perbedaan doktrin di gereja Luther.
– Melanchton adalah sahabat Luther.  Tapi ia berkenalan juga dengan Zwingly, Calvin.  Beberapa     doktrin yang tidak ia sependapat dengan Luther tapi ia bungkam selama Luther masih hidup.
– Sesudah mati, ia nyatakan doktrinnya & menimbulkan pertentangan
– Sesudah melanchton mati, disusunlah Formula of Concord (1577) yaitu pernyataan persetujuan     tentang doktrin penting Lutheranisme.
– Pertentangan lain timbul yaitu George Calixtus (1586-1656) – Seorang Theologian Lutheran.  Ia     mempengaruhi ahli-ahli pikir Reformed, Anglican & Katolik.
-  Ia tidak setuju permusuhan agama-agama hanya karena beda doktrin.  Ia utamakan kehidupan        suci lebih daripada doktrin.  Ia berpendapat bahwa gereja harus puas dengan kredo Apostolik       & Alkitab & itu saja.
- Ia dapat banyak pengikut tapi pada 1645 pendapatnya (tentang tidak setuju permusuhan       agama-agama hanya karena beda doktrin) mulai dilawan & hal ini berlangsung lama.
– Saat ini German sedang perang 30 tahun - Tentara-tentara kepung kota-kota dan kebun hancur     banyak yang dibunuh, rakyat jadi miskin.
– Pietism bertumbuh subur.  Membuka jalan untuk modernism yang mempengaruhi gereja     Lutheran & Universitas di German.
– Di Inggris ada isme yang mempengaruhi kehidupan beragama pada abad 18 yaitu Deism
 -  Presbyterian ingin pada abad 17 agar imannya menjadi agama negara tapi ini hanya mimpi.            Abad 18 socianius yang anti trinity menguasai presbyterian.  Yang tidak setuju terpaksa                  keluar di Presbyterian & bentuk unitarianisme tapi mereka tetap peluk ajaran Socianisme.
   Deisme mulai di Inggris tapi pengaruh besar di Prancis.  Belanda & German.  Mereka percaya       Allah, Allah pencipta dunia, tapi pendapat mereka tentang hubungan Allah dengan dunia =       pembuat lonceng dengan lonceng.  Pembuat, mencipita lonceng lalu lonceng jalan sendiri.        Allah demikian juga dan setelah selesai ciptakan maka ia tidak ada hubungan lagi dengan       ciptaaan.  Ciptaan jalan sendiri sesuai hukum alam.
Deisme 1.  Sangkal Mujizat,  
2.  Pekabaran pengantaraan Yesus,  
3   Pekabaran membaharui dari Roh Suci,
4.  Mendiskredit Alkitab dan merampas agama dari kuasa alkitab.  Moral (rasa                                  benar atau salah) adalah a low order.  Beny Franklin & Thomas Jefferson                                         adalah deists.
Contoh idea ini dari Franklin : “Honesty is the best policy” yaitu harus jujur karena kejujuran ada pahalanya dalam hidup bukan hukum itu adalah benar & adalah perintah Allah.
– Inggris sedang dilanda Arminianisme, Socianianisme & Deisme lalu Methodis timbul.  Sangat       rohani & revival yang mempengaruhi gereja negara (anglican) & beberapa sekte lain
-  Dengan revival ini es deisme cair & juga es hidup beragam Inggris cair.
– Gerakan Methodist mempunyai 2 pembangun kuat.  Yaitu John Wesly & george Whitefield
– John & George Whitefield banyak persamaan tapi ada juga perbedaan.  Sama-sama dari Oxford,     Pdt. Di gereja anglikan (ketua) bersemangat dalam menyelamatkan jiwa, tidak ada parish               tertentu, menjangkau yang unchurch, berkhotbah dialam
-  Wesley adalah arminian, Whitefield adalah Calvinists
    Wesley Organisator, Whitefield tidak berbakat tentang ini.
- Hasilnya : John hasilkan gereja Methodist & Whitefield pengaruhi banyak orang tapi                                        tidak bentuk organisasi.
Mereka tetap pada gereja anglican & membentuk kelompok Evangelistic menurut mereka, Evangelical (low church) people adalah Calvinist yang dibaharui (moderat)
– Mereka dilawan dalam hal pelayanan di gereja / ibadah-ibadah tapi mereka mempunyai               semangat rohani & hidup suci
– Gereja anglican menjadi sangat memprihatinkan.
– Revival dari Mehodist membuat banyak yang keluar dari anglican
– Kelompok low church dipimpin oleh Whitefield membuat umat-umat menjauh dari tradisi-    tradisi anglican church
– Gereja anglican terancam oleh trend yang terjadi pada gereja negara ini lalu pemimpin-    pemimpinnya adakan usaha untuk hentikan trend yang sedang terjadi dalam gereja ini.      Pemimpin-pemimpin & suporter untuk ini dikenal dengan nama High Church Party.
* Selama abad 19, dissenting bodies mendekati persamaan status dengan gereja anglican.
   Keanggotaanya juga bertambah.  Dikalangan middle class, mereka punya banyak scholar         preacher.
* Yang terkenal adalah
1.  Movement dipimpin oleh Edward Irving (Pendeta Presbyterian) yang mengajar tentang gifts            of the apostolic age.
- Ia menunjuk 12 anggotanya jadi “rasul”
- Nama movement ini: Catholic apostolic church
- Harap second coming.
2.  Movement yang beraksi terhadap kedinginan rohani anglican church
- Group of Brethren
- Gerakan ini berhasil ketika dipimpin oleh John Nelson Darby.  Makanya the Brethren                      disebut juga darbyites atau Plymouth Brethren karena ia di paymonth.  Gereja ini meluas                 ke Swiss Prancis, German, Canada, USA.
 - Tidak percaya pendeta diurapi karena semua adalah priest menurut mereka (alkitab)
- Tidak ada kredo
- Roh Suci pembimbing umat untuk jadi= mode apostolik
- Group ini pecah jadi 6 group sekarang.
- Salah satu anggota Brethren ini adalah George Muller di Bristol yang dikenal dengan doa               & rumah yatim
3.  Salvation army adalah William Booth ( pendeta Methodist dulu)
- 1878 muncul organisasi bentuk militer yaitu Salvation Army. Yang terdapat pada 81                        negara sekarang.
- Bergerak dibidang: khotbah & mercy
- Dikota-kota mereka dirikan pusat pelayanan bagi yang perlu pertolongan
- Mereka bukan gereja.

No comments:

Post a Comment