REFORMASI DI SWISS
1. Ulrich Zwingli
1 Januari 1484 lahir di Wildhaus (bagian Swiss) seorang pria Ulrich Zwingli. Ia berubah pengalaman dengan Luther.
– Tidak pernah jadi monk. Tidak ada pergumulan dalam tentang dosa apalagi tentang usaha untuk selamat.
– Luther dipengaruhi oleh scholastic theology, Zwingly oleh renaissance.
– Ia belajar di Basel, Bern, Vienna. 1506 MA
1519 pastor gereja Zurich & Chaplain di Army.
– Mulanya ia dipengaruhi Erasmus.
– Ia kemudian belajar NT & Church Fatkus - tidak bermaksud menyerang RK - Seperti Erasmus, mau adakan perobahan melalui pendidikan.
– Kemudian dipengaruhi idea Luther.
2. Ia baharui gereja di Swiss.
1518 menyerang indulgensia. Pendirian Luther di Leipzig dan pembakaran bula oleh Luther mengilhami dia menyerang RK.
– Patung-patung dikeluarkan dari gereja Zurich. Misa dihapus, Altar, relifnya juga. Sekolah dibaharui, usaha sosial.
– Reformasi tesebar di Swiss tapi beberapa wilayah tetap RK.
3. Zwingly beda dengan Luther
– Tentang perjamuan — Tubuh Kristus hanya di surga jadi ucapan “this is my body” hanya lambang.
–Roti anggur hanya lambang & perjamuan hanya upacara peringatan
– Okt. 1529 Luther & Swingly bertemu dalam rapat di Marburg tapi tidak sepakat tentang perjamuan.
– Tadinya pengaruh Zwingly kuat di Swiss & Jerman Selatan tapi kemudian Calvinisme yang kuat sesudah Zwingly mati 1531.
4. John Calvin
– Lahir 10 July 1509 di Noyon utara Prancis dekat Paris
– Ayahnya sekretaris bishop Noyon
– Umur 11 atau pengasuh ayahnya John sudah chaplain.
– Biasa ketika ini seorang anak diangkat pada pekerjaan gereja.
– Kumpul persembahan, bayar imam-imam
– Karena ibu mati cepat, John tinggal di Kel. Bangsawan , keluarga tetangga sehingga ia kejangkitan di_____
– Umur 13 ke paris untuk study Prancis.
5. Masa muda Calvin di Prancis
_1521 Luther belum di kenal, Prof. Jacques Lefaure dari Sarbonne di Paris menulis komentar tulisan paulus, buku laku termasuk: “ It is God who save by grace alone”
* Muridnya Guillaume Farel mengerti ajaran ini
* Banyak lagi yang menemukan kebenaran
_Tulisan Lefeure dan buku kecil Margaret dianggap bidat
_ Saat itu John Calvin datang di Paris pada tahun 1523
_ Calvin menguasai bahasa-bahasa, Logic, tulisan bapa-bapa, dan hukum
_ Ia berteman dengan * Nicolas Cop di Paris
* Wolmar di Arleans
* Theodore Beza di Bourgez
_ Kerinduan ayahnya ialah Calvin belajar hukum
_ akhir 1533 Nicolas Cop, rektor universitas Paris berbicara pada hari orang saleh, pembicaraannya adalah ide Erasmus dan Luther. Gosipnya ia dipengaruhi Calvin, maka keduanya selamatkan diri- Calvin lewat jendela belakang.
6. Calvin menjadi pemimpin dan penulis
_Saat tepat pertobatan Calvin tidak diketahui, Ia menulis “God by a sudder convertion subdued.....my heart”.
_ Ia dengan keberanian dari saudara sepupunya Wolmar ( guru Greeka ) dll.
_ Calvin di kejar-kejar dari kota ke kota, ia sering menggunakan nama samaran:
Charles d’ Esperville, Martianus Lucanius.
_ Saat itu cara bakar bidat yang baru— Pakai pengngkit.
– Di Prancis, orang-orang protestan tidak aman.
– 1535 Ketika Calvin aman di Basel Swiss– Ia mulai menulis lagi
– 1536 Terbit “Institute of the Christian Religion
– Buku eksposisi kebenaran yang paling penting adalah Reformasi
– Ketika ia menulis, ia berumur 26 tahun
Maksud buku ini oleh Calvin:
1. Sebagai katekismus– keterangan tentang ajaran-ajaran dasar pergerakan protestan
2. Sebagai bahan bukti kepada raja Prancis yaitu Francis I bahwa orang-orang protestan yang dianiaya bukan radikal tetapi adalah pemengang teguh ajaran-ajaran Alkitab.
– Buku ini di tulis dalam bahasa latin kumudian diterjemakan ke bahasa Prancis
7. Farel membawa reformasi ke Geneva
Pertama-tama pada October 1532 ia datang Geneva, Ia adalah Promotor reformasi yang bersemangat. Ia mengunjungi lembah alpen dan banyak orang Waldensi yang menerima prinsip reformasi
– Kedatangannya pertama-tama ke Geneva tidak berhasil baik tetapi ia tidak menyerah. Pada Desember 1533 ia kembali lagi ke Geneva dan lebih berhasil.
– Katolik adalah mayoritas di Geneva
– Musim panas 1535 Farel memenangkan gereja La madeleine dan katedal st. Petea
* Diadakan penghancuran patung (Iconoclastic) di kota
* Di semua Gereja patung-patung dimusnakan, misa di hapus, monks dan nuns di paksa keluar.
– 21 mei 1536 rapat umum kota memungut suara memihak reformasi dan menjadikan aliran protestan oleh agama-agama resmi kota Geneva.
– situasi dan kondisi politik dan ajaran di Geneva menjadi kacau
* Geneva berontak melawan bishop dan lord yang duke of savoy– Farel tidak merasa cocok untuk tugas mengamankan kota
Ia dengan Calvin sedang datang ke Geneva dan ia rasa inilah orangnya, Ia menemui Calvin di penginapan malam itu juga
– Calvin merasa asing di kota itu dan tidak ada yang ia kenal dan tidak tahu situasi Geneva
– Makanya ia kaget ketika Farel menemuinya
– Tapi “ Institutez” dari Calvin lah yang menbuat ia dikenal. Farel sampaikan maksudnya ----Calvin geleng kepala ketika mendengar dan memohon agar di ceritakan keadaan Geneva, Ia merasa sulit baginya karena ia ssebenarnya may ke Strossburg untuk belajar disana dan menulis. Ia tidak butuh pekerjaan di Geneva, ia hanya singgah di Geneva untuk tidur/bermalam, ia ucapakan penolakannya yang terakhir dan anggap pembicaraan selasai. Orang tua Farel bangun dari duduknya sementara janggut panjang menyapu dada, ia arahkan tatapan tajam kepada anak mudah ini dan dengan suara gemuruh berkata: “Kiranya Allah mengutuk usaha belajarmu karena pada saat yang dibutuhkan engkau menolak menolong Gereja Nya”.
– Mendengar ini Calvin tekejut dan takut, karena seakan-akan ia mendengar suara Allah. Ia akhirnya menyerah dan tinggal di Geneva.
.# Wittenburg dianggap kota Luther, Zwich kota Zwingly dan Geneva kota Calvin.
# Segera sesudah reformasi mulai, sekolompol orang yang dikenal “Ana Baptist” menyebarkan ajaran-ajaran mereka di berbagai negeri di eropa
8. Calvin bekerja dengan Farel di Geneva
– Hidup Calvin sejak datang ke Geneva sampi dengan kematiannya dapat dibagi 3 bagian:
1. Agustus 1536 s/d April 1538 Tinggal di Geneva
2. Mei 1538 s/d September 1541Tinggal di Strossbutg
3. September1564 s/d Mei 1564 Tinggal di Geneva
– Di Geneva, Calvin sebagai pembatu Farel---- tahun berikutnya ia ditunjuk sebagai salah satu pengkhotbah.
– Kemudian Calvin dan Farel menyampaikan kepada dewan kota 3 usul yang dirumuskan oleh Calvin:
1. Perjamuan dilaksankan bulanan, orang kristen yang tidak baik didisiplin kalau perlu di pecat.
2. Katekitesmus yang disususn Calvin harus diterimah untuk dijalankan
3. Setiap warga kota harus menganut kredo yang disusun
– Usulan ini mendapat perlawanan muncul Calvin menang suara dan membawa persoalan ini lebih tajam
– Pemerintah membawa hitungan Gereja di Beza ke Geneva ---- Calvin dan Farel tidak setuju karena tidak dirundingkan dangan officer gereja mereka kemudian di usir April 1538
– Farel ke Neuchatel dan menjasi pastor di gereja ini sampai meninggal.
– Materi Bucer di menangkan Luther dalam debat Leipzig mengundang Calvin ke Strassburg Calvin dengan senang terimah undangan ini.
– Sesudah 18 bulan bergumul di Geneva, kini 3 tahun ia hidup tenang di Strassburg. Disini ia kawin dengan Idellette van Buren (dari Nederland selatan).
– Disini ia berkenalan dengan pengikut Luther dan Zwingly ia menjadi pastor gereja orang Prancis yang menyingkir dan dianiaya ke Strassburg, ia juga memberi kuliah theologia
– 3 tahun di straaburg Calvin belajar dan manulis
– Ia menyiapkan edisi institutes yang diperluas dan juga menulis komentar buku roma.
– Saat ini Karel V sedang berusaha menyatukan protestan dan RK ia mengadakan conferensi ini tidak banyak hasil tapi telah membuat calvin berkenalan dengan pemimpin-pemimpin Lutheran
– Calvin dan Luther tidak pernah bertemu tapi dengan Melanctonucht menjadi sahabat karib.
– Genova sejak di tinggal Calvin berasa dalam keadaan kacau
* Kardinal Sadoleto pikir inilah kesempatan baginya
* Ia terbitkan tulisan latin indah untuk membujuk orang-orang Jenewa kembali ke gere-
Ja lama.
* Calvin menulis dalam latin”Reply to Sadoleto”yang kemudian membuat orang-orang
Genewa tetap memihak reformasi.
* Namun dalam sikon bertambah buruk.
* Pemilihan tahun 1540 kelompok pro Calvin menang dalam pemilihan dan Genewa
Memanggil Calvin kembali.
_ Calvin sebenarnya tidak mau tinggal kediaman di Strassburg.
* Dengan kesulitan besar akhirnya ia dimenangkan untuk pergi.
* Ditengah kegenbiraan dan semangat, Calvin masuk genewa 2x pada 13 Sept. 1541
_ Tuhan menuntunnuya kesana karena Genewa menjadi tempat paling cocok untuk
Johanes Calvin bekerja atas nama reformasi.
9. Pekerjaannya yang besar di Genewa.
_ Calvin membuat” peraturan gereja”. Ini didasarkan atas ajaran Alkitab bahwa Yesus
Menunjuk 4 tugas di gereja yaitu: Pendeta, guru, ketua, diakon..
_ Luther : negara turut campur urusan gereja
_Calvin : Gereja bebas dari campur tangan negara
Calvin: -orang yang di pecat dari consistory(Pdt+ketua-ketua)tidak boleh ikut perjamuan
-Satu kali ada orang-orang yang dipecat mengancam bunuh calvin kalau tidak di
Ikutsertakan perjamuan. Calvin tumpangkan tangan atas perjamuan lalu berka-
Ta “ liwati mayatku baru boleh makan roti dan minum anggur perjamuan.
-Ketua-ketua bertugas mengawasi kesucian gereja dan hidup umat-umat, yang
Melanggar consistory diputuskan pecat/disiplin
-Ketat disiplin gereja ini menimbulkan perlawanan bagi calvin. Beberapa kali
Ia hampir di usir Lgi. Yang menyelamatkandia adalah arus pengungsi dari
Negeri lain dan soal SERVETUS.
SERVETUS: Dokter Spanyol yang mencetak bujku melawan Trinity. Ia datang ke Genewa lalu
Di tangkap, diadili&dihukum bakar atau bidat pada 27 Oktober 1553.
Pemimpin protestan termasuk Melanchton menyetujui kematiannya. Musuh-musuh
Calvin berusaha delamatkan Servetus lalu masyarakat mendiskredit mereka dan
Merka kehilangan kuasa.
_ Arus pengungsi dari negeri lain(prot) datang ke Genewa, menjadi warga Genewa dan
Menjadi penyokong calvin.
* Sejak 1555 Calvin menguasai Genewa.
* Condiditory menjalankan tugas mengontrol hidup warga Genewa&menjadikan
Kota itu kota kreisten “ a City of God”
_ Calvin mendirikan Genewa academy-Universitas protestan yang pertama
Pendapatnya yaitu pemerintah, dokter-dokter, hakin-hakin,dll harus selalu mengenal
Dan menghormati Allah.
_ Universitas ini disokong hanya oleh pengorbanan rakyat semua. Pada mulanya tahun
1559, universitas ini sudah mempunyai reputasi yang baik. Segera 900 pemuda ter-
Daftar . Mereka dari seluruh eropa.
_ Rektor yang I adalah Theodore Beza. Ia menjadi tangan kanan dari Calvin dan
Menjadi pastor gerja pembaharuan geneva selama 40 tahun sesudah Calvin meninggal
– Universitas ini memproduksi pengkhotbah- pengkhotbah
– 1559 edisi ke- III / terakhir institutes 5 kali lebih besar dari edisi I 1536
– Pengaruh Calvin meluas ke Italy-Honyoris-Polandia-German barat- dikarenakan:
1. Tamatan-tamatan dari universitasnya
2. Cara pemerintahan gerejanya
3. Institutesnya
4. Komentar-komentar Alkitabnya
5. Surat-menyuratnya di pemimpin di Eropa dan dengan cara ini ia mendapat pengikut
– Sumbangan-sumbangan Calvin terlalu besar di banding dengan keadaan tubuh dan kesehatannya, tetapi kemauannya mengatasi segala kesulitan dan rintangan.
– Terkuras habis karna kerja keras Calvin meninggal pada Mei 27, 1564–55 tahun
– Motto hidupnya adalah:
“or Meum Tabi affore thee Lord, Promptly and sincerely”
PERBEDAAN DAN PERSAMAAN CALVIN DAN LUTHER
* Mereka tentang predestination mereka dapat ide ini dare augustine yang mendapatnya dari paul
* Berbeda tentang bentuk Worship
– Luther—pertahankan sebanyak mungkin cara Roma yang tidak di larang oleh Alkitab
– Calvin— menjauh sebanyak mungkin dari cara gereja Roma ia ikuti hanya dari perintah dari Alkitab
* Mereka sama-sama menentangkan khotbah dalam kebaktian
* Mereka sama-sama menyiapkan lagu-lagu untuk umat tapi Luther menekankan hymns– Calvin menekankan psalm
*Calvin beda dengan Luther soal pemerintahan gereja
– Luther izinkkan gereja di bawah pimpinan negara
– Calvin tidak izinkan gereja dicampuri oleh negara bahkan gereja yang harus kuasai negara
* Calvin menekannkan disiplin gereja lebih daripada Luther
* Sama-sama mereka care the poor bagi diakon-diakon
* Sama-sama percaya bahwa semua orng wajib belajar Alkitab oleh pribadi
.– Luther terjemakan alkitab ke bahasa Jerman
– Calvin terjemakan alkitab ke bahasa Prancis
* Sama-sama menguasai bahasa dan sama-sama terdidik/scholar
– Luther —Prof. Di universitas wittenburg dan pengkhotbah
– Calvin — Pdt, pengkhotbah di Geneva dan kemudian menjadi Prof. Di universitas Geneva
* Sama-sama yakin bahwa anggota gereja harus mahir doctrine, makanya mereka menulis katekismus
* Calvin beda dengan Luther dan Zwingly tentang perjamuan
– Dengan Zwingly ia tolak kehadiran kristus di roti dan anggur sebagaimana ajaran Luther tapi bagi Calvin perjamuan adalah lebihdari pada ucapan pernyataan semata-mata sebagaimana di ajarkan Zwingly
– Calvin berpendapat bahwa Kristus hadir di roti dan anggur secara rohani
* Sama-sama percaya salvation by faith alone
– Luther----- Salvation by faith adalah doktrine untuk mana gereja berdiri atau jatuh
– Calvin-----Predestination adalah doktrine yang merupalan jantung gereja
* Luther menekankan keselamatan manusia– — Calvin menekankan kemuliaan Allah.
1. Ulrich Zwingli
1 Januari 1484 lahir di Wildhaus (bagian Swiss) seorang pria Ulrich Zwingli. Ia berubah pengalaman dengan Luther.
– Tidak pernah jadi monk. Tidak ada pergumulan dalam tentang dosa apalagi tentang usaha untuk selamat.
– Luther dipengaruhi oleh scholastic theology, Zwingly oleh renaissance.
– Ia belajar di Basel, Bern, Vienna. 1506 MA
1519 pastor gereja Zurich & Chaplain di Army.
– Mulanya ia dipengaruhi Erasmus.
– Ia kemudian belajar NT & Church Fatkus - tidak bermaksud menyerang RK - Seperti Erasmus, mau adakan perobahan melalui pendidikan.
– Kemudian dipengaruhi idea Luther.
2. Ia baharui gereja di Swiss.
1518 menyerang indulgensia. Pendirian Luther di Leipzig dan pembakaran bula oleh Luther mengilhami dia menyerang RK.
– Patung-patung dikeluarkan dari gereja Zurich. Misa dihapus, Altar, relifnya juga. Sekolah dibaharui, usaha sosial.
– Reformasi tesebar di Swiss tapi beberapa wilayah tetap RK.
3. Zwingly beda dengan Luther
– Tentang perjamuan — Tubuh Kristus hanya di surga jadi ucapan “this is my body” hanya lambang.
–Roti anggur hanya lambang & perjamuan hanya upacara peringatan
– Okt. 1529 Luther & Swingly bertemu dalam rapat di Marburg tapi tidak sepakat tentang perjamuan.
– Tadinya pengaruh Zwingly kuat di Swiss & Jerman Selatan tapi kemudian Calvinisme yang kuat sesudah Zwingly mati 1531.
4. John Calvin
– Lahir 10 July 1509 di Noyon utara Prancis dekat Paris
– Ayahnya sekretaris bishop Noyon
– Umur 11 atau pengasuh ayahnya John sudah chaplain.
– Biasa ketika ini seorang anak diangkat pada pekerjaan gereja.
– Kumpul persembahan, bayar imam-imam
– Karena ibu mati cepat, John tinggal di Kel. Bangsawan , keluarga tetangga sehingga ia kejangkitan di_____
– Umur 13 ke paris untuk study Prancis.
5. Masa muda Calvin di Prancis
_1521 Luther belum di kenal, Prof. Jacques Lefaure dari Sarbonne di Paris menulis komentar tulisan paulus, buku laku termasuk: “ It is God who save by grace alone”
* Muridnya Guillaume Farel mengerti ajaran ini
* Banyak lagi yang menemukan kebenaran
_Tulisan Lefeure dan buku kecil Margaret dianggap bidat
_ Saat itu John Calvin datang di Paris pada tahun 1523
_ Calvin menguasai bahasa-bahasa, Logic, tulisan bapa-bapa, dan hukum
_ Ia berteman dengan * Nicolas Cop di Paris
* Wolmar di Arleans
* Theodore Beza di Bourgez
_ Kerinduan ayahnya ialah Calvin belajar hukum
_ akhir 1533 Nicolas Cop, rektor universitas Paris berbicara pada hari orang saleh, pembicaraannya adalah ide Erasmus dan Luther. Gosipnya ia dipengaruhi Calvin, maka keduanya selamatkan diri- Calvin lewat jendela belakang.
6. Calvin menjadi pemimpin dan penulis
_Saat tepat pertobatan Calvin tidak diketahui, Ia menulis “God by a sudder convertion subdued.....my heart”.
_ Ia dengan keberanian dari saudara sepupunya Wolmar ( guru Greeka ) dll.
_ Calvin di kejar-kejar dari kota ke kota, ia sering menggunakan nama samaran:
Charles d’ Esperville, Martianus Lucanius.
_ Saat itu cara bakar bidat yang baru— Pakai pengngkit.
– Di Prancis, orang-orang protestan tidak aman.
– 1535 Ketika Calvin aman di Basel Swiss– Ia mulai menulis lagi
– 1536 Terbit “Institute of the Christian Religion
– Buku eksposisi kebenaran yang paling penting adalah Reformasi
– Ketika ia menulis, ia berumur 26 tahun
Maksud buku ini oleh Calvin:
1. Sebagai katekismus– keterangan tentang ajaran-ajaran dasar pergerakan protestan
2. Sebagai bahan bukti kepada raja Prancis yaitu Francis I bahwa orang-orang protestan yang dianiaya bukan radikal tetapi adalah pemengang teguh ajaran-ajaran Alkitab.
– Buku ini di tulis dalam bahasa latin kumudian diterjemakan ke bahasa Prancis
7. Farel membawa reformasi ke Geneva
Pertama-tama pada October 1532 ia datang Geneva, Ia adalah Promotor reformasi yang bersemangat. Ia mengunjungi lembah alpen dan banyak orang Waldensi yang menerima prinsip reformasi
– Kedatangannya pertama-tama ke Geneva tidak berhasil baik tetapi ia tidak menyerah. Pada Desember 1533 ia kembali lagi ke Geneva dan lebih berhasil.
– Katolik adalah mayoritas di Geneva
– Musim panas 1535 Farel memenangkan gereja La madeleine dan katedal st. Petea
* Diadakan penghancuran patung (Iconoclastic) di kota
* Di semua Gereja patung-patung dimusnakan, misa di hapus, monks dan nuns di paksa keluar.
– 21 mei 1536 rapat umum kota memungut suara memihak reformasi dan menjadikan aliran protestan oleh agama-agama resmi kota Geneva.
– situasi dan kondisi politik dan ajaran di Geneva menjadi kacau
* Geneva berontak melawan bishop dan lord yang duke of savoy– Farel tidak merasa cocok untuk tugas mengamankan kota
Ia dengan Calvin sedang datang ke Geneva dan ia rasa inilah orangnya, Ia menemui Calvin di penginapan malam itu juga
– Calvin merasa asing di kota itu dan tidak ada yang ia kenal dan tidak tahu situasi Geneva
– Makanya ia kaget ketika Farel menemuinya
– Tapi “ Institutez” dari Calvin lah yang menbuat ia dikenal. Farel sampaikan maksudnya ----Calvin geleng kepala ketika mendengar dan memohon agar di ceritakan keadaan Geneva, Ia merasa sulit baginya karena ia ssebenarnya may ke Strossburg untuk belajar disana dan menulis. Ia tidak butuh pekerjaan di Geneva, ia hanya singgah di Geneva untuk tidur/bermalam, ia ucapakan penolakannya yang terakhir dan anggap pembicaraan selasai. Orang tua Farel bangun dari duduknya sementara janggut panjang menyapu dada, ia arahkan tatapan tajam kepada anak mudah ini dan dengan suara gemuruh berkata: “Kiranya Allah mengutuk usaha belajarmu karena pada saat yang dibutuhkan engkau menolak menolong Gereja Nya”.
– Mendengar ini Calvin tekejut dan takut, karena seakan-akan ia mendengar suara Allah. Ia akhirnya menyerah dan tinggal di Geneva.
.# Wittenburg dianggap kota Luther, Zwich kota Zwingly dan Geneva kota Calvin.
# Segera sesudah reformasi mulai, sekolompol orang yang dikenal “Ana Baptist” menyebarkan ajaran-ajaran mereka di berbagai negeri di eropa
8. Calvin bekerja dengan Farel di Geneva
– Hidup Calvin sejak datang ke Geneva sampi dengan kematiannya dapat dibagi 3 bagian:
1. Agustus 1536 s/d April 1538 Tinggal di Geneva
2. Mei 1538 s/d September 1541Tinggal di Strossbutg
3. September1564 s/d Mei 1564 Tinggal di Geneva
– Di Geneva, Calvin sebagai pembatu Farel---- tahun berikutnya ia ditunjuk sebagai salah satu pengkhotbah.
– Kemudian Calvin dan Farel menyampaikan kepada dewan kota 3 usul yang dirumuskan oleh Calvin:
1. Perjamuan dilaksankan bulanan, orang kristen yang tidak baik didisiplin kalau perlu di pecat.
2. Katekitesmus yang disususn Calvin harus diterimah untuk dijalankan
3. Setiap warga kota harus menganut kredo yang disusun
– Usulan ini mendapat perlawanan muncul Calvin menang suara dan membawa persoalan ini lebih tajam
– Pemerintah membawa hitungan Gereja di Beza ke Geneva ---- Calvin dan Farel tidak setuju karena tidak dirundingkan dangan officer gereja mereka kemudian di usir April 1538
– Farel ke Neuchatel dan menjasi pastor di gereja ini sampai meninggal.
– Materi Bucer di menangkan Luther dalam debat Leipzig mengundang Calvin ke Strassburg Calvin dengan senang terimah undangan ini.
– Sesudah 18 bulan bergumul di Geneva, kini 3 tahun ia hidup tenang di Strassburg. Disini ia kawin dengan Idellette van Buren (dari Nederland selatan).
– Disini ia berkenalan dengan pengikut Luther dan Zwingly ia menjadi pastor gereja orang Prancis yang menyingkir dan dianiaya ke Strassburg, ia juga memberi kuliah theologia
– 3 tahun di straaburg Calvin belajar dan manulis
– Ia menyiapkan edisi institutes yang diperluas dan juga menulis komentar buku roma.
– Saat ini Karel V sedang berusaha menyatukan protestan dan RK ia mengadakan conferensi ini tidak banyak hasil tapi telah membuat calvin berkenalan dengan pemimpin-pemimpin Lutheran
– Calvin dan Luther tidak pernah bertemu tapi dengan Melanctonucht menjadi sahabat karib.
– Genova sejak di tinggal Calvin berasa dalam keadaan kacau
* Kardinal Sadoleto pikir inilah kesempatan baginya
* Ia terbitkan tulisan latin indah untuk membujuk orang-orang Jenewa kembali ke gere-
Ja lama.
* Calvin menulis dalam latin”Reply to Sadoleto”yang kemudian membuat orang-orang
Genewa tetap memihak reformasi.
* Namun dalam sikon bertambah buruk.
* Pemilihan tahun 1540 kelompok pro Calvin menang dalam pemilihan dan Genewa
Memanggil Calvin kembali.
_ Calvin sebenarnya tidak mau tinggal kediaman di Strassburg.
* Dengan kesulitan besar akhirnya ia dimenangkan untuk pergi.
* Ditengah kegenbiraan dan semangat, Calvin masuk genewa 2x pada 13 Sept. 1541
_ Tuhan menuntunnuya kesana karena Genewa menjadi tempat paling cocok untuk
Johanes Calvin bekerja atas nama reformasi.
9. Pekerjaannya yang besar di Genewa.
_ Calvin membuat” peraturan gereja”. Ini didasarkan atas ajaran Alkitab bahwa Yesus
Menunjuk 4 tugas di gereja yaitu: Pendeta, guru, ketua, diakon..
_ Luther : negara turut campur urusan gereja
_Calvin : Gereja bebas dari campur tangan negara
Calvin: -orang yang di pecat dari consistory(Pdt+ketua-ketua)tidak boleh ikut perjamuan
-Satu kali ada orang-orang yang dipecat mengancam bunuh calvin kalau tidak di
Ikutsertakan perjamuan. Calvin tumpangkan tangan atas perjamuan lalu berka-
Ta “ liwati mayatku baru boleh makan roti dan minum anggur perjamuan.
-Ketua-ketua bertugas mengawasi kesucian gereja dan hidup umat-umat, yang
Melanggar consistory diputuskan pecat/disiplin
-Ketat disiplin gereja ini menimbulkan perlawanan bagi calvin. Beberapa kali
Ia hampir di usir Lgi. Yang menyelamatkandia adalah arus pengungsi dari
Negeri lain dan soal SERVETUS.
SERVETUS: Dokter Spanyol yang mencetak bujku melawan Trinity. Ia datang ke Genewa lalu
Di tangkap, diadili&dihukum bakar atau bidat pada 27 Oktober 1553.
Pemimpin protestan termasuk Melanchton menyetujui kematiannya. Musuh-musuh
Calvin berusaha delamatkan Servetus lalu masyarakat mendiskredit mereka dan
Merka kehilangan kuasa.
_ Arus pengungsi dari negeri lain(prot) datang ke Genewa, menjadi warga Genewa dan
Menjadi penyokong calvin.
* Sejak 1555 Calvin menguasai Genewa.
* Condiditory menjalankan tugas mengontrol hidup warga Genewa&menjadikan
Kota itu kota kreisten “ a City of God”
_ Calvin mendirikan Genewa academy-Universitas protestan yang pertama
Pendapatnya yaitu pemerintah, dokter-dokter, hakin-hakin,dll harus selalu mengenal
Dan menghormati Allah.
_ Universitas ini disokong hanya oleh pengorbanan rakyat semua. Pada mulanya tahun
1559, universitas ini sudah mempunyai reputasi yang baik. Segera 900 pemuda ter-
Daftar . Mereka dari seluruh eropa.
_ Rektor yang I adalah Theodore Beza. Ia menjadi tangan kanan dari Calvin dan
Menjadi pastor gerja pembaharuan geneva selama 40 tahun sesudah Calvin meninggal
– Universitas ini memproduksi pengkhotbah- pengkhotbah
– 1559 edisi ke- III / terakhir institutes 5 kali lebih besar dari edisi I 1536
– Pengaruh Calvin meluas ke Italy-Honyoris-Polandia-German barat- dikarenakan:
1. Tamatan-tamatan dari universitasnya
2. Cara pemerintahan gerejanya
3. Institutesnya
4. Komentar-komentar Alkitabnya
5. Surat-menyuratnya di pemimpin di Eropa dan dengan cara ini ia mendapat pengikut
– Sumbangan-sumbangan Calvin terlalu besar di banding dengan keadaan tubuh dan kesehatannya, tetapi kemauannya mengatasi segala kesulitan dan rintangan.
– Terkuras habis karna kerja keras Calvin meninggal pada Mei 27, 1564–55 tahun
– Motto hidupnya adalah:
“or Meum Tabi affore thee Lord, Promptly and sincerely”
PERBEDAAN DAN PERSAMAAN CALVIN DAN LUTHER
* Mereka tentang predestination mereka dapat ide ini dare augustine yang mendapatnya dari paul
* Berbeda tentang bentuk Worship
– Luther—pertahankan sebanyak mungkin cara Roma yang tidak di larang oleh Alkitab
– Calvin— menjauh sebanyak mungkin dari cara gereja Roma ia ikuti hanya dari perintah dari Alkitab
* Mereka sama-sama menentangkan khotbah dalam kebaktian
* Mereka sama-sama menyiapkan lagu-lagu untuk umat tapi Luther menekankan hymns– Calvin menekankan psalm
*Calvin beda dengan Luther soal pemerintahan gereja
– Luther izinkkan gereja di bawah pimpinan negara
– Calvin tidak izinkan gereja dicampuri oleh negara bahkan gereja yang harus kuasai negara
* Calvin menekannkan disiplin gereja lebih daripada Luther
* Sama-sama mereka care the poor bagi diakon-diakon
* Sama-sama percaya bahwa semua orng wajib belajar Alkitab oleh pribadi
.– Luther terjemakan alkitab ke bahasa Jerman
– Calvin terjemakan alkitab ke bahasa Prancis
* Sama-sama menguasai bahasa dan sama-sama terdidik/scholar
– Luther —Prof. Di universitas wittenburg dan pengkhotbah
– Calvin — Pdt, pengkhotbah di Geneva dan kemudian menjadi Prof. Di universitas Geneva
* Sama-sama yakin bahwa anggota gereja harus mahir doctrine, makanya mereka menulis katekismus
* Calvin beda dengan Luther dan Zwingly tentang perjamuan
– Dengan Zwingly ia tolak kehadiran kristus di roti dan anggur sebagaimana ajaran Luther tapi bagi Calvin perjamuan adalah lebihdari pada ucapan pernyataan semata-mata sebagaimana di ajarkan Zwingly
– Calvin berpendapat bahwa Kristus hadir di roti dan anggur secara rohani
* Sama-sama percaya salvation by faith alone
– Luther----- Salvation by faith adalah doktrine untuk mana gereja berdiri atau jatuh
– Calvin-----Predestination adalah doktrine yang merupalan jantung gereja
* Luther menekankan keselamatan manusia– — Calvin menekankan kemuliaan Allah.
No comments:
Post a Comment