Ads Google

Monday, April 2, 2018

LATIHAN SOAL TES PPG BAGIAN 2




41.   Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (teknologi informasi & komunikasi). Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah ….
a. program mencari informasi
b. program desktop publishing
c. program untuk menjelajahi laman
d. program penciptaan laman
42.   saat kita akan mencari informasi tentang suatu topic atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah ….
a. www.yahoo.com
b. www.gmail.com
c. www.hotmail.com
d. www.cari-data.com
43.   seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, table, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapatt digunakan untuk memfasilitasi kegitan guru tersebut adalah ….
a. Microsoft database
b. Microsoft powerpoint
c. Microsoft desktop publishing
d. Microsoft word
44.   Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah ….
a. Microsoft database
b. Microsoft spread sheet
c. Microsoft power point
d. Microsoft desktop publishing
45.   Pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran ….
a. Portofolio
b. Saintifik
c. Penemuan
d. Autentik
46.   Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengatahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilaksanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ….
a. Project based learning
b. Discovery learning
c. Problem based learning
d. Inquiry learning
47.   Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap scenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternative pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ….
a. Project based learning
b. Discovery learning
c. Problem based learning
d. Inquiry learning
48.   Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembejaran project based learning :
1)      Penentuan Pertanyaan Mendasar
2)      Mendesain Perencanaan Proyek
3)      menyusun Jadwal (Create a Schedule)
4)      Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
5)      Menguji Hasil (Assess the Outcome)
6)      Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)
Urutan yang benar adalah …..
a.       1-2-3-4-5-6
b.      1-3-2-4-5-6
c.       1-3-2-5-6-4
d.      1-2-3-5-4-6
49.   Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)      Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)      Orientasi siswa pada masalah
3)      Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4)      Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah …..
a.       1-2-3-4
b.      2-3-1-4
c.       3-2-1-4
d.      2-3-1-4

50.   Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan factor-faktor…….
a.       Kompleksitas idikator, daya dukung, dan kemampuan guru
b.      Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
c.       Kompleksitas indicator, daya dukung, dan intake siswa
d.      Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar dan intake siswa
51.   Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali…..
a.       sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
b.      merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c.       dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalm melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanaan di sekolah
d.      sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52.   Fungsi indicator dijadikan sebagai penanda dalam …..
a.       Pencapaian standar kompetensi
b.      Pencapaian kompetensi dasar
c.       Pencapaiain tujuan pembelajaran
d.      Pencapaian standar kelulusan
53.   Untuk memnentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah:…
a.       Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
b.      Menambah bahan pelajaran baru
c.       Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
d.      Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54.   Instrumen yang digunakan untuk meniali perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:….
a.       Pedoman observasi
b.      Kuesioner
c.       Pedoman wawancara
d.      Tes hasil belajar
55.   Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
a.       Buku sumber yang digunakan
b.      Kurikulum dan silabus
c.       Indikator pencapaian kompetensi
d.      Kemampuan awal  siswa
56.   Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
a.       Penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
b.      Penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
c.       Penilaian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompentensi yang harus dicapai
d.      Penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57.   Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persyaratan berikut, kecuali:
a.       Konstruksi butir soal memenuhi persyaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
b.      Substansi yang diukur mempresentasikan kompetensi yang dinilai
c.       Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
d.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58.   Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai:
a.       Mean
b.      Modus
c.       Median
d.      Simpangan baku
59.   Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
a.       Penilaian hasil belajar peserta didik
b.      Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
c.       Penilaian silabus dan RPP
d.      Penilaian standar kompetensi lulusan
60.   Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai perbedaan latar belakang agama, social-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian…
a.       Objectivitas
b.      Transparan
c.       Bermakna
d.      Menyeluruh
61.   Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
a. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
b. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
c.  Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
d. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
62.   Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
a. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
b. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostic
c. sasaran terpenting pengajaran remedial adalah peningkatan kecerdasan siswa
d. strategi yang dipilihnya berbentuk test ulang
63.   Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru …
a. membuat rancangan pembelajaran khusus untuk perserta siswa peserta remedial
b. menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
c. menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
d. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64.   Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
a. nilai batas ambang kompetensi
b. nilai minimal yang dicapai perseta didik
c. nilai maksimal yang dicapai peserta didik
d. nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
65.   Penilaian portofolio dilaksanakan dengan cara ….
a. memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
b. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
c. mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
d. mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran test remedial
66.   Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ….
a. konstruktivisme
b. authentic assessment
c. efektif
d. kondusif
67.   Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relative berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relative ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok. Pendekatan tes yang dimaksud adalah ….
a. penilaian berkelanjutan
b. penilaian menyeluruh
c. penilaian acuan patokan
d. penilaian acuan norma

Artikel Lainnya:

>>> Latihan Soal Test PPG Bagian 1 

>>> KISI - KISI SOAL PRETEST PPG 2017-2018