RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
A. Identitas Program
Pendidikan
Nama Sekolah : SMK ADVENT TOMPASO
Mata Pelajaran : ILMU PENYAKIT & PENUNJANG DIAGNOSTIK
Kompetensi Keahlian:
Asisten Keperawatan
Kelas/Semester : XI/Genap
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu :
B. Kompetensi Dasar
1. Kompetensi Dasar
pada KI pengetahuan
3.9 Menerapkan
pemeriksaan penyakit sistem endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
2. Kompetensi Dasar
pada KI Ketrampilan
4.9
Melakukan pemeriksaan penyakit sistem endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.9.1 Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit dalam sistem
endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
3.9.2 Menentukan Jenis pemeriksaan Diagnostik yang
sesuai dengan penyakit dalam sistem endokrin
4.9.1 Melalui latihan siswa dapat mengklasfikasikan
jenis-jenis penyakit sistem endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
4.9.2 Melalui latihan siswa dapat memilah pemeriksaan
diagnostik yang sesuai dengan penyakit dalam sistem endokrin
D. Tujuan
Pembelajaran
·
Mengidentifikasi jenis-jenis penyakit dalam sistem endokrin
berdasarkan manifestasi klinisnya
·
Menentukan Jenis pemeriksaan Diagnostik yang sesuai dengan
penyakit dalam sistem endokrin
·
Melalui latihan siswa dapat mengklasifikasikan jenis-jenis penyakit sistem endokrin berdasarkan
manifestasi klinisnya
·
Melalui latihan siswa dapat memilah pemeriksaan diagnostik yang
sesuai dengan penyakit dalam sistem endokrin
E. Materi Pembelajaran
1. Fakta:
-
Pentingnya Penerapan Pemeriksaan diagnostik berdasarkan manifestasi klinisnya
2. Konsep:
- Anatomi Fisiologi
Sistem endokrin
- Jenis-Jenis
Penyakit Sistem endokrin
- Pemeriksaan
Diagnostik Sistem endokrin
3. Prosedur:
- Mempresentasikan
Anatomi Fisiologi Sistem endokrin
- Mempresentasikan
Jenis-Jenis Penyakit Sistem endokrin
- Mempresentasikan
Pemeriksaan Diagnostik Sistem endokrin
F. Pendekatan, Strategi & Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran: Discovery Learning
Metode Pembelajaran: Scientific Learning
G. Kegiatan Pembelajaran
Sintak Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
|
Pendahuluan
/ Orientasi
Mengorganisasikan
peserta didik
Membimbing
penyelidikan individu dan kelompok
Mengembangkan
dan menyajikan
Menganalisa
&
Mengevaluasi proses pemecahan masalh
|
1.
Mengawali pembelajaran dengan memberikan salam dan berdoa, salam PPK, menyanyikan
satu lagu nasional, selanjutnya guru mengkondisikan kelas dalam suasana
kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran.
2.
Mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa
untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.
3.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai dan materi prasyarat.
4.
Guru memberikan motivasi tentang
pentingnya memahami konsep pemeriksaan penyakit sistem endokrin
(gastrointestinal) berdasarkan manifestasi klinisnya dan mengaitkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Mengamati
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik.
• Mengamati sistem anatomi fisiologi normal sistem endokrin melalui pemutaran video pembelajaran. Menanya • Apakah penyakit – penyakit yang sering muncul pada sistem endokrin ? • Bagaimanakah cara menentukan dan melakukan pemeriksaan diagnosa pada gangguan sistem endokrin?
Membaca
(Dilakukan
di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung) materi dan buku-buku
penunjang lain atapun dari internet menyangkut materi tentang anatomi
fisiolofi sistem endokrin dan penyakit yang berkaitan.
Mendengar
Pemberian
Materi oleh guru, berkaitan dengan pemeriksaan penyakit sistem endokrin
berdasarkan manifestasi klinisnya
Menyimak
Penjelasan
mengenai:
- Anatomi
Fisiologi Sistem endokrin
-
Jenis-Jenis Penyakit Sistem endokrin
-
Pemeriksaan Diagnostik Sistem endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
Untuk
melatih kesungguhan, ketelitian dan mencari informasi.
Menanya
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan video yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar. Mengajukan pertanyaan tentang:
- Anatomi
Fisiologi Sistem endokrin
-
Jenis-Jenis Penyakit Sistem endokrin
-
Pemeriksaan Diagnostik Sistem endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
Mengumpulkan Data/Informasi (Eksperimen/Eksplorasi) • Melakukan pengamatan pada kerja fisiologi normal sistem endokrin dan hubungannya dengan terjadinya penyakit secara mandiri? • Melakukan studi literatur tentang penyakit-penyakit pada sistem endokrin secara umum berdasarkan manifestasi klinisnya • Mendiskusikan dengan teman tentang penerapan pemeriksaan diagnostik yang diperlukan dalam sistem endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya. Mengasosiasikan • Mendiskusikan secara berkelompok hasil-hasil pengamatan mengenai sistem kerja jantung & pembuluh darah secara normal, perubahan patofisiologinya dan cara pemeriksaan penyakit sistem endokrin tubuh secara umum. Mengkomunikasikan
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan:
·
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk
mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan sistematis,
mengungkapkan pendapat dengan sopan.
·
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara
klasikan tentang:
- Anatomi
Fisiologi Sistem endokrin
-
Jenis-Jenis Penyakit Sistem endokrin
-
Pemeriksaan Diagnostik Sistem endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
·
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncuk
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang:
- Anatomi
Fisiologi Sistem endokrin
-
Jenis-Jenis Penyakit Sistem endokrin
- Pemeriksaan Diagnostik Sistem
endokrin berdasarkan manifestasi klinisnya
·
Menjawab pertanyaan melalui lembar kerja yang telah
disediakan
Bertanya tentang hal yang belum
dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menyelesaikan uji kompetensi yang
terdapat pada lembar kerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan,
tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
- Anatomi
Fisiologi Sistem endokrin
-
Jenis-Jenis Penyakit Sistem endokrin
- Pemeriksaan
Diagnostik Sistem endokrin berdasarkan manifestasi
Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan-bantuan pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal
mengenai:
- Anatomi Fisiologi Sistem endokrin
-
Jenis-Jenis Penyakit Sistem endokrin
-
Pemeriksaan Diagnostik Sistem endokrin berdasarkan manifestasi
Kegiatan
Penutup
Peserta didik:
- Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
Guru:
- Memeriksa pekerjaan
siswa yang sudah selesai
- Melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
- Memberikan penghargaan
kepada kelompok yang memiliki kinerja yang baik
- Merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/perseorangan (jika diperlukan)
- Mengagendakan
pekerjaan rumah
- Menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya
|
|
H. Media, Alat/Bahan sumber belajar
- Media dan Alat Belajar
·
Lembar Kerja Siswa
·
Lembar Penilaian
·
Video Pembelajaran
·
Penggaris, Spidol,
Papan Tulis
·
Laptop &
Projektor
·
Slide Presentasi
(ppt)
I. Sumber belajar
·
Lippincott Manual of Nursing Practice, 8th
edition (E-Book)
·
Buku teks yang
relevan
J. Penilaian Pembelajaran, Remedial
dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Kompetensi
Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a) Pilihan
ganda
b)
Uraian/esai
2) Tes Lisan
b. Penilaian Kompetensi
Keterampilan
1) Proyek,
pengamatan, wawancara'
- Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
- Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
-
Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2) Portofolio /
unjuk kerja
- Laporan
tertulis individu/kelompok
3) Produk,
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama
(Terlampir)
b. Pertemuan Kedua
(Terlampir)
c. Pertemuan Ketiga
(Terlampir)
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan
a. Remedial
- Remedial dapat diberikan
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah
melampui KKM. Remidial terdiri atas dua
bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
- Guru memberi semangat
kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru
akan memberikan tugas bagi peserta didik yang
belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut: Metode Ilmiah.
b. Pengayaan
-
Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi
pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas
mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
-
Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta
didik.
-
Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan
pengembangan
lebih luas misalnya; Keterkaitan Biologi Dengan ilmu yang Lain.
Tompaso,
Januari 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Advent Tompaso Guru Mata Pelajaran
Pierson
Mulumbot, S.Pd, M.Pd Lesly Malonda,S.Kep
No comments:
Post a Comment